1
Motivasi

Jangan Sampai Ini Ada Padamu, 7 Tanda Hati yang Mati

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Hati adalah bagian tubuh yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hati yang sehat selalu menyukai hal-hal yang bermanfaat dan dapat memberikan kesembuhan. Lain dengan hati yang sehat, hati yang mati tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Hati yang mati cenderung lemah sehingga mudah terbawa untuk berbuat maksiat. Di bawah ini adalah beberapa tanda hati yang mati.

  1. Berani Meninggalkan Sholat

Sholat adalah sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Orang yang hatinya telah mati tidak bisa merasakan kenikmatan dalam melaksanakan sholat. Di dalam hatinya sudah tidak ada lagi iman, sehingga ia tidak merasa butuh dan takut pada Allah SWT. Karena itu, ia dengan mudah meninggalkan sholat.

  1. Tetap Tenang Walaupun Telah Berbuat Dosa

Orang yang hatinya sehat tidak akan menyukai perbuatan maksiat. Iman di dalam hatinya selalu menjaganya dan melindunginya dari perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT. Jika seseorang mulai merasa tenang saat melakukan dosa, itu bisa menjadi salah satu tanda hatinya telah mati.

  1. Tidak Tersentuh dengan Ayat Al Quran

Al Quran adalah kitab yang berisi kalam Allah SWT. Sebagaimana seseorang yang mendengarkan perkataan seorang kekasih, orang yang hatinya hidup akan merasa tersentuh mendengar bacaan Al Quran. Jika sudah tidak ada iman, maka salah satu tanda matinya hati adalah tidak lagi merasakan getaran saat mendengar ayat suci Al Quran.

  1. Tidak Segan Mengumpat, Fitnah, dan Buruk Sangka

Lisan adalah cerminan dari hati seseorang. Seseorang yang hatinya sehat dan baik, tidak akan mungkin tega menyakiti saudaranya sesama manusia. Ia akan selalu menjaga perkataannya agar senantiasa lembut dan tidak menyakiti hati orang lain. Berbeda dengan orang yang hatinya sehat, mereka yang hatinya mati sangat ringan menyakiti orang lain dengan lisannya. Ia tidak segan mengumpat, memfitnah, dan berprasangka buruk.

  1. Tidak Menyukai Nasihat

Nasihat adalah cahaya yang bisa menunjukkan kita kepada jalan yang terang. Nasihat biasa kita dengar dari orang-orang terdekat atau dari para ulama. Jika hati masih hidup dan sehat, ia akan menyukai nasihat karena ia sangat ingin menjadi hamba yang diridhoi Allah SWT. Lain halnya jika hati telah mati. Ia cenderung akan membenci nasihat dan orang-orang yang berusaha mengingatkannya pada kebaikan.

  1. Tergila-gila pada Dunia

Mereka yang hatinya mati sangat tergila-gila pada dunia. Itu karena di hatinya tidak ada lagi iman yang bisa membuatnya yakin akan adanya akhirat. Tidak heran mereka akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan kesenangan dunia.

  1. Senang Melihat Orang Lain Menderita

Mereka yang hatinya hidup akan lebih mudah berempati dengan kesusahan saudaranya. Mereka tidak segan mengulurkan tangan karena tidak tega melihat orang lain menderita. Berbeda dengan orang yang hatinya telah mati, mereka tidak akan merasakan sentuhan apapun saat melihat orang lain yang kesusahan. Bahkan ia cenderung senang saat ia berada pada posisi yang lebih baik dari orang lain.

webinar umroh.com

Semoga tidak ada salah satu dari tujuh tanda tersebut padamu, ya. Hidayah adalah milik Allah SWT. Berdoalah agar Allah SWT senantiasa menjaga hati kita tetap hidup dan selalu mendapat hidayah dariNya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.