1
Muslim Lifestyle

Morning Routine Ala Muslim yang Membuat Harimu Berkah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pakar gaya hidup di Barat menyarankan setiap orang memiliki morning routine khusus agar lebih mudah mencapai kesuksesan. Jika kebanyakan orang Barat memulai hari di atas jam 8 pagi, para ahli menyarankan untuk bangun pagi, sekitar jam lima atau enam pagi. Setelah itu, kegiatan yang disarankan untuk dilakukan umumnya adalah meditasi, membuat to-do-list dan minum teh atau kopi.

Tentunya rutinitas pagi tersebut bukanlah hal yang salah untuk diikuti. Ada efek positif jika kita mengikuti apa yang mereka sarankan. Akan tetapi, sebagai umat muslim, kita memiliki morning routine  sendiri yang telah diajarkan Rasulullah SAW lewat sunnah-sunnah beliau. Di bawah ini adalah rutinitas pagi umat muslim yang bisa memberi keberkahan sepanjang hari.

  1. Tahajud di Sepertiga Malam Terakhir

Tahajud adalah ibadah shalat yang dilaksanakan setelah tidur. Jumlah rakaatnya paling sedikit adalah dua rakaat. Rasulullah SAW selalu melaksanakan tahajud hingga kakinya bengkak. Saat sholat Tahajud, kita bisa memohon agar dosa kita diampuni, doa kita dikabulkan, dan derajat kita ditinggikan. Ini karena Allah SWT “turun” ke langit dunia untuk mengabulkan doa hambaNya serta mengampuni dosa-dosa kita.

Suasana hening saat Tahajud membuat kita bisa merasakan ibadah yang lebih khusyuk. Rasanya, kita bisa berkomunikasi dengan Allah SWT lewat doa-doa dengan lebih dekat. Ini membuat pikiran kita jadi lebih tenang karena telah “curhat” dengan Allah SWT yang Maha Kuasa.

  1. Shalat Sunnah sebelum Subuh

Dua rakaat sebelum Subuh lebih berarti dari dunia dan seisinya. Menyempatkan shalat dua rakaat sebelum Subuh bisa membuat kita mendapatkan “harta” yang lebih berharga dibanding seisi dunia. Ada pahala berlimpah yang bisa menjadi amal sholeh yang akan memudahkan kita di dunia dan akhirat, Insya Allah.

  1. Sholat Subuh Berjamaah

Usai melaksanakan Tahajud dan Shalat Fajar, langkahkan kaki menuju masjid untuk sholat berjamaah. Rasulullah SAW berpesan bahwa barangsiapa yang melaksanakan shalat Subuh berjamaah, maka ia berada dalam jaminan Allah SWT. Segala kebutuhannya di dunia kan Allah penuhi, dan jika ia wafat di hari itu, Allah SWT menjanjikan surga untuknya. Shalat Subuh berjamaah juga sama nilainya dengan beribadah sepanjang malam.

Usai melaksanakan shalat di ‘rumah’ Allah, utarakan segala agenda dan rencana yang akan kita lakukan di hari itu. Mintalah bimbingan dan petunjuk dari Allah SWT agar segala kegiatan kita ada dalam ridhoNya dan mendapat hasil yang baik.

  1. Sedekah Subuh

Bersedekah di waktu Subuh memiliki banyak keutamaan. Rasulullah SAW bersabda, bahwa saat kita mengeluarkan harta untuk bersedekah di Subuh hari, Malaikat akan berdoa agar kita mendapat ganti yang lebih baik dari harta yang kita keluarkan. Sisihkan sebagian uang di pagi hari untuk memperoleh berkah di waktu Subuh. Agar tidak terlewat, kita bisa menyediakan kotak khusus yang akan kita isi dengan uang, berapapun jumlahnya, setiap Subuh.

webinar umroh.com
  1. Membaca Al Quran

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Al Qadhi di Amerika menunjukkan bahwa mereka yang rutin membaca Al Quran dapat merasakan perubahan positif pada kesehatan tubuh, penurunan depresi, dan peningkatan ketenangan jiwa. Karena itu, membaca Al Quran jelas dapat memberikan manfaat bagi kita. Apalagi jika dibaca setelah Subuh, ketika pikiran masih sangat bersih, belum terisi dengan hiruk pikuk dunia. Kita jadi lebih mudah meresapi bacaan dan maknanya. Dengan begitu, kita jadi lebih tenang untuk memulai hari.

  1. Shalat Dhuha

Shalat Dhuha adalah shalat sunnah yang bisa membuka rezeki. Dalam hadisnya, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa barangsiapa yang ingin kebutuhannya dicukupi sepanjang hari, maka dirikanlah sholat empat rakaat di awal hari. Jika kita ingin mendapatkan keuntungan yang lebih cepat, lakukanlah Shalat Dhuha dengan tekun agar Allah senantiasa membukakan jalan untukmu.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.