1
Motivasi Muslim Lifestyle Sejarah Islam Tips

Bagaimana Sikap Nabi Muhammad Terhadap Pemuda (Bagian 1)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sepanjang kehidupan mulianya, Nabi Muhammad SAW telah menekankan pentingnya generasi muda. Dia memberdayakan para remaja putra dan putri pada masanya dan meninggalkan warisan luar biasa yang terus menginspirasi kaum muda hingga saat ini.

Nabi sangat jenius dalam berurusan dengan para pemuda. Cinta adalah faktor yang menggarisbawahi di balik hubungannya dengan pemuda. Kharisma dan kepribadiannya menarik anak-anak, remaja, dan dewasa muda.

Ketika mempelajari sejarah, terbukti bahwa sejumlah besar pengikutnya sebenarnya adalah kaum muda. Penulis terkenal Adil Salahi, menulis dalam biografinya tentang Nabi,

“Pesan baru yang menganjurkan perubahan total dalam tatanan sosial sering menarik kaum muda yang visinya tentang kehidupan yang lebih baik memberi mereka motif kuat untuk bekerja keras demi keyakinan mereka.” 

Empati dan Pemberdayaan
Pesan Nabi adalah pesan pemberdayaan yang mengubah pemuda menjadi yang terbaik yang mereka bisa. Salahi menjelaskan,

“Islam memiliki pesan sederhana yang menarik langsung ke pikiran manusia dan sangat menarik bagi sifat manusia. Banyak dari anak-anak muda ini memiliki karakter yang hebat. ”

Pendekatan Nabi dalam berinteraksi dengan pemuda adalah melalui cinta dan empati, Nabi memelihara anak muda; dia mengajar mereka, menasihati mereka, memberdayakan mereka, dan mengembangkan mereka.

Nabi Muhammad SAW mengembangkannya secara emosional dan spiritual. Dia menunjukkan kepada dunia ketinggian yang luar biasa yang bisa dicapai dengan orang-orang muda berbaris di garis depan.

Ini tidak berlebihan dalam hal apa pun, tetapi pada kenyataannya, kenyataan yang telah memanifestasikan dirinya di Arab pada abad ketujuh di bawah kepemimpinan dan bimbingan Nabi.

Nabi tahu betul kebesaran dan potensi kaum muda. Karena alasan ini, dia sangat tertarik untuk melibatkan mereka. Selain itu, para pemuda memiliki cinta yang mendalam kepada Nabi. Ikatan itu sedemikian rupa sehingga mereka siap untuk mengorbankan hidup mereka sendiri untuknya.

Bagaimana Nabi mengembangkan hubungan yang begitu kuat dengan kaum muda? Mengapa dia begitu berhasil menarik generasi muda untuk menggapai tujuannya?

Dalam seri artikel berikut, saya akan membahas pokok-pokok ini dan menyajikan adegan-adegan dari sejarah yang menggambarkan bagaimana Nabi berinteraksi dengan kaum muda dan bagaimana dia menjalin hubungan yang sehat dengan mereka.

webinar umroh.com

Pemuda Gua
Surah berjudul Al-Kahfi atau “Gua,” menyajikan narasi sekelompok pemuda yang mundur ke sebuah gua untuk melindungi iman dan kehidupan mereka. Ini memberikan inspirasi bagi kaum muda yang berjuang untuk mempertahankan identitas dan agama mereka di antara berbagai godaan dan kesulitan.

Terlepas dari semua tantangan ekstrem, para pemuda dalam Surah ini menunjukkan iman yang teguh, dan sebagai hasilnya, Allah meningkatkan mereka dalam bimbingan mereka: {Mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambahkan petunjuk kepada meraka.} (Al- Kahf 18:13).

Surat al-Kahf menanggapi mereka yang menanyai Nabi tentang kisah aneh dan menakjubkan dari sekelompok pemuda di zaman kuno, yang juga dikenal sebagai ” orang yang tidur di gua “.

Imam Ibn Kathir berkomentar bahwa mereka adalah kaum muda yang lebih menerima kebenaran dan lebih dibimbing daripada para tetua yang dengan keras kepala mengatur jalan mereka dan berpegang teguh pada agama kepalsuan. Dia menulis,

“Untuk alasan yang sama, sebagian besar dari mereka yang menanggapi Allah dan Rasul-Nya adalah kaum muda.

Adapun para tetua Quraisy, kebanyakan dari mereka tetap pada agama mereka dan hanya sedikit dari mereka yang menjadi Muslim. Jadi Allah memberi tahu kita bahwa orang-orang di gua itu adalah para pemuda. ”

Surat al Kahf berfungsi sebagai permata abadi bagi semua orang beriman sampai akhir zaman — terutama bagi kaum muda. Tuhan menyukai tindakan para pemuda ini dan mencatat kisah mereka dalam panduan abadi bagi umat manusia, Al-Qur’an. Ini menjelaskan kehormatan yang Allah berikan kepada orang-orang muda yang percaya kepada-Nya.

Surah ini memberi Nabi dan para pengikutnya hiburan. Itu terungkap selama periode Makkah ketika orang-orang percaya menghadapi oposisi besar dan kemungkinan dibunuh — mirip dengan “orang-orang yang tidur di gua.” Itu memperkuat Nabi secara moral dan spiritual serta memotivasi dia untuk memiliki kepercayaan pada pemuda, setelah memiliki kepercayaan penuh pada Allah tentu saja.

Hubungan yang hangat
Nabi memiliki tempat yang sangat istimewa bagi para pemuda di hatinya. Dari anak-anak di keluarganya hingga orang-orang muda di komunitas, setiap orang harus mengalami kehadiran kehangatan dan cintanya.

Dilaporkan bahwa Nabi biasa mencium dan bermain dengan cucu-cucunya. Imam Al-Bukhari mengutip insiden berikut dalam kompilasi yang luar biasa dari tradisi Nabi:

Utusan Allah mencium Al-Ḥasan bin `Ali sementara Al-Aqra` bin Ḥabis At-Tamimi duduk di sampingnya.
Al-Aqra` berkata, “Saya memiliki sepuluh anak dan saya tidak pernah mencium siapa pun dari mereka.”
Utusan Allah memandangnya dan berkata, “Siapa pun yang tidak berbelas kasih kepada orang lain, tidak akan diperlakukan dengan belas kasih.” 

Itu adalah bagian dari sifatnya untuk menunjukkan belas kasihan dengan cara merangkul, mencium, memeluk, tersenyum, dll. Di dunia kontemporer, dokter menyarankan kita untuk memberikan bentuk perhatian kepada anak-anak karena hal ini berdampak positif pada pertumbuhan mereka.

Praktik ini secara intrinsik merupakan bagian dari perilaku Nabi. Setiap anak atau orang muda yang akan bertemu dengan Nabi akan sangat terpengaruh oleh kelakuannya yang murah hati. Usama bin Zaid meriwayatkan:

“Utusan Allah dulu menempatkan saya di (salah satu) pahanya dan meletakkan Al-Ḥasan bin‘ Ali di pahanya yang lain, dan kemudian merangkul kami dan berkata, “Ya Allah! Kasihanilah mereka karena saya berbelas kasihan kepada mereka. ”

Lebih jauh lagi terlihat dari literatur sejarah dan hadis bahwa Nabi memiliki ikatan yang sangat intim dan emosional dengan anak-anaknya sendiri. Setelah kematian putra kesayangannya, Ibrahim, Nabi menangis dan mengungkapkan kesedihannya.

Cendekiawan India yang terkenal Sayyed Abul Hasan Ali Nadwi menyebutkan reaksi Nabi terhadap meninggalnya putra kesayangannya: Dia berkata dengan sedih,

“Mata menangis dan hati sedih, tetapi kami tidak mengatakan apa pun untuk menimbulkan kemarahan Allah. Kami sedih, hai Ibrahim. ”