1
Kuliner Tips

7 Pedoman Dasar untuk Menikmati Kopi ala Cafe

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kamu yang doyan ngopi tentunya pernah merasakan kopi buatan coffee shop favoritmu. Kopi buatan cafe memang biasanya lebih nikmat. Aroma dan cita rasanya berbeda dengan kopi yang biasa kita bikin di rumah. Eits, ternyata kamu juga bisa menikmati kopi ala cafe, lho. Dengan tujuh cara dasar ini, ngopi di rumah terasa seperti di coffee shop.

Belilah Biji Kopi yang Berkualitas

Kamu yang gemar ngopi tentu tahu bedanya kopi yang berkualitas dengan kopi biasa. Agar rutinitas ngopi pagi hari lebih maksimal, pilihlah kopi yang berkaualitas. Harganya memang lebih mahal, namun tentu sebanding dengan rasanya. Jika kamu belum paham, kamu bisa meminta saran kepada penjual kopi.

Gunakan Penggiling Kopi

Kopi bubuk memang praktis dan mudah ditemui. Akan tetapi, saat disimpan lama dalam keadaan bubuk, aroma dan kualitas kopi jadi menurun. Karena itu, pilihlah untuk menyimpan kopi dalam bentuk biji. Giling dengan alat penggiling kopi (grinder) saat kamu membuatnya. Aroma kopi yang segar ini akan lebih harum dan nikmat.

Pilih Biji Kopi Favoritmu

Secara umum, ada dua jenis kopi yang banyak ditemui, yaitu Robusta dan Arabica. Robusta memiliki rasa yang pahit yang lebih tajam dan mengandung lebih banyak kafein. Sedangkan Arabica memiliki cita rasa yang lebih lembut. Arabica juga lebih mahal. Harganya sekitar dua kali lebih mahal dari Robusta. Biji kopi Arabica bentuknya lebih lonjong, sedangkan Robusta lebih cenderung bulat. Mengetahui biji kopi favoritmu bisa membuat pengalaman ngopi lebih nyaman dan menyenangkan buatmu.

Simpan Kopi dengan Benar

webinar umroh.com

Kopi sangat rentan terhadap udara, cahaya, dan panas. Jangan menyimpan kopi di kemasan plastik karena bisa membuat kualitas kopi menurun. Pastikan juga tidak ada karat jika kopi disimpan di dalam kaleng. Simpan kopi dalam toples yang kedap udara dan kedap cahaya.

Terapkan Kombinasi 1 : 10

Para ahli menyarankan untuk menggunakan pedoman 1 : 10 dalam membuat kopi. Campurkan 1 gram kopi bubuk dengan 10 ml air untuk mendapatkan rasa dan aroma yang pas.

Perhatikan Cangkir

Cangkir penyajian ternyata mempengaruhi rasa kopi yang kita nikmati. Cangkir terbaik untuk menikmati kopi adalah cangkir 200 ml dengan pinggiran yang tebal. Lebih bagus lagi jika bentuk cangkir mengecil ke arah dalam. Bentuk cangkir ini bisa membuat kopi panas lebih lama.

Menambahkan Terlalu Banyak Tambahan

Bahan tambahan seperti susu atau krimer bisa merusak citarasa asli kopi. Mulanya, ide menambahkan susu pada kopi muncul pertama kali di Perancis. Bahan tambahan ini memang memberikan cita rasa baru sekaligus menurunkan suhu kopi. Kalau kamu ingin menikmati rasa asli kopi, cobalah minum tanpa menambahkan bahan lain.

Ternyata tidak terlalu rumit, ya, untuk menikmati kopi ala coffee shop. Kamu juga bisa mempraktekannya di rumah. Selamat ngopi.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.