1
Kesehatan Muslim Lifestyle News

Perhatikan Kehalalan dan Kebersihan Bahan Masak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ada sebuah tulisan bagus untuk bahan kehati-hatian ketika kita terpaksa harus membeli makanan diluar.

Kita semua harus bisa menjadi pembeli yang kritis dan mencari suatu info kepada penjual lebih tepatnya wawancarain si penjual tiap kali membeli makanan apapun, bahkan bila perluberdiri dekat penjual sambil lihat langsung proses masaknya

Pernah suatu ketika pas saya mau beli di warteg si penjualnya mau goreng ayam, lagi aduk-aduk adonan tepung buat goreng eh tiba-tiba pegang sendal jepit, bersihin kotoran dibawah sendal abis itu dg rileks tanpa rasa bersalah sedikitpun langsung aduk-aduk tapung lagi tanpa cuci tangan

Welahdalaaaahh..gak jadi Beli ayam goreng deh

“Mas itu barusan pegang sendal kok langsung pegang tapung lagi”

“Gak papa mba, Aman Aman”

“Wes gak jadi mas, ganti telor ceplok aja deh”

Itu padahal posisiku didepan’nya persis cuma sejarak 1 Meter, lha aku memang lagi nyatpamin mau liat proses masaknya.

webinar umroh.com

Gimana ceritanya klo gak dilihat orang

Kapok deh abis itu gak pernah Beli lagi disitu🤦🏻‍♀️

Pernah juga saat Beli bubur ayam, sedang khusyuk ngantri depan penjual yang asyik nyiapin bubur, masuk-masukin kacang, daun bawang+seledri dengan tangan kosong tanpa sehelai benangpun

Tiba-tiba tuh penjual ngupil amat gemulai dengan tempo yang sesingkat-singkatnya, beres ngupil ngelap dikit ke baju cuuuss pegang bahan-bahan lagi, iyeeks..auto kabur lah mendadak kenyang

============

Apa yang masuk ke perut kita memang harus diperhatikan benar. Pertama kehalalannya, kedua tentu saja kebaikannya (thoyib).

Waktu baru awal2 menikah, kami berlangganan majalah bulanan Hidayatullah. Dalam satu edisi pernah dikupas ttg bahan2 haram yg mungkin ada dalam industri kuliner. Sejak itu saya berhati2.

Kalau babi, anjing atau hewan2 yg sudah jelas haram utk dimakan, kayaknya gampang kita deteksi ya. Makanan itu juga kecuali di beberapa daerah di Indonesia, tidak banyak yang menjual, apalagi secara terang2an. Tapi halal haram itu nggak cuma urusan babi dan anjing lho. Bahan2 masaknya juga harus kita perhatikan.

Ada 2 bahan masak yang jadi awareness saya sejak baca artikel di majalah langganan kami itu, yaitu angchiu yg biasa ada pada masakan China, dan mirin yang biasa ada pada masakan Jepang. Apapun namanya, dua2nya adalah arak masak. Arak ya khamr dalam bahasa Al-Qur’an, seberapapun kadar alkoholnya.

Kami pernah punya langganan chinese food di sebuah rumah makan kecil sekitar perumahan tempat kami tinggal. Resto kecil itu ramai karena memang rasanya enak, harganya lebih murah dari resto di mall. Suatu hari saya pergi ke sana untuk beli mie goreng.

“Mas, mie goreng 1 ya.”

Si koki cuma mengangguk.

“Mas, di sini masakannya pake angchiu nggak?”

Si koki diam sebentar lalu menjawab, “Bisa kok bu kalau nggak mau pake angchiu.”

Gubrak. Kaget saya, karena ini bukan pertama kali saya order di sana. Tentu saja saya langsung order tanpa angchiu. Ada penyesalan sangat dalam karena baru tau info tentang angchiu setelah lebih dari 20 tahun usia saya di dunia.

“Duh, udah berapa mili angchiu yg jadi darah daging saya?” Itu sesal saya dalam hati. Saya banyakin istighfar dan tobat, sungguh saya berharap Allah nggak akan menghisab ketidaktahuan saya. Sesudah kejadian itu, saya benar2 berhati2 kalau mau beli Chinese food.

Bertahun2 kemudian, ketika menu sushi makin marak dan banyak penggemarnya di Indonesia, saya yang sebenarnya tidak tertarik makan sushi karena merasa nggak bakalan doyan, diajak makan oleh seorang teman ke resto yang tiap saya lewat depannya selalu ramai, Ic*b*n sushi.

“Mau pesen apa May?” Teman saya menyodorkan buku menu.

Karena penasaran apa rasa sushi, saya nanya2 sama pelayannya.

“Mbak, ini telur ya?” Sengaja saya milih yg telur karena dalam bayangan saya makan ikan mentah tuh apalah rasanya 😣.

“Iya bu…”

Tiba2 saya inget kan kalau ini resto dengan menu Jepang, dan saya liat nggak ada logo halal MUI-nya juga. Maka nanyalah saya, ” Di sini menunya pake mirin nggak mbak?

Dengan mantap si mbak bilang, ” cuma sushi aja kok bu. Diaduk sama nasinya.”

Saya langsung natap tajam ke arah teman. Dalam telepati saya nanya, “Lo udah berapa kali makan beginian di sini?” Secara ini salah satu resto favoritnya. Beberapa meja di resto itu juga ada hijaber2 yang lagi asik menyantap sushi.

Tapi dasar temen saya nggak ngerti atau apa, dia tetep nekat mesen sushi. Saya bilang sama si mbak, bisa nggak nasinya nggak usah dicampur mirin. Si mbak bilang bisa, maka saya pesen dengan tegas, “jangan pake mirin!”

“Tapi rasanya agak lain ya bu…”

“Nggak apa!” Buru2 saya jawab sebelum temen saya protes. Saya yakin kalau ternyata dia nggak tau apa itu mirin. Habis itu langsung saya jelasin.

Di suatu kejadian lain juga di bulan Ramadhan, saya terpaksa buka puasa di sebuah mall di Bogor. Saya baru sekali ke mall itu dan belum tau ada menu apa saja di food courtnya. Saya liat ada gerai japanese food rame banget orang2 pada antri beli makanan buat berbuka, maka saya ikutan antri.

Begitu giliran saya, saya liat2 menunya. Lagi2 saya tanya ini pakai mirin atau nggak, lalu si kasir menunjuk ke beberapa gambar menu, “nah yang ini semua pake mirin. Selainnya nggak.”

Ya Allah, itu tadi yang udah pesen duluan dari saya, apa semua pada nanya kayak saya? Mereka Muslim, beli makanan buat buka puasa. Dan mall ini di Bogor yang mayoritas warganya Islam, ini bukan Bali apalagi Jepang yang kita pasti hati2 kalo mau makan. Sedih hati saya. Maka selera makan saya menguap, saya cuma pesen minum sama salad buah aja.

Asli, saya makan sambil merenung. Kalo nafkah kita halal tapi makanan dari segala penjuru remang2 kehalalannya, lantas gmn nasib kita di akhirat? Emang amannya masak di rumah, itu pun tetep harus yakin bahan masak kita halal semua, tapi kan ada saatnya kita bener2 dlm kondisi harus makan di luar.

Untungnya Allah masih kasih saya awareness, tapi kalau Muslim yang taunya halal haram cuma soal babi gimana?

Jadi Sob, please hati2 ya kalo beli makan di luar. Klo nyari resto, pastiin restonya udah ada sertifikat halal MUI. Kalau makan di kaki lima atau resto kecil, jangan ragu2 bertanya sama pelayan dan kokinya. Pastikan nggak ada satu bahan pun yang haram dalam masakan yang kita pesan.

Dan kalau udah tau bener2 ada yang haram, segera pergi, cari resto lain. Daripada ada bagian tubuh kita yang jadi umpan api neraka. Na’udzubillah.

Posted by: Maya Harun