1
Kesehatan Muslim Lifestyle Tips

Mau Awet Muda? Rutinkan Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Para wanita seringkali melawan proses penuaan dengan krim anti-aging. Produsen produk perawatan kecantikan berlomba mengeluarkan produk yang diklaim dapat memberikan efek kulit lebih muda. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada cara lain yang lebih efektif melawan penuaan. Cara  tersebut adalah olahraga.

Penelitian para ahli dari Universitas Brigham Young mengungkapkan bahwa olahraga dapat memperlambat proses penuaan sel-sel tubuh. Bahkan efeknya bisa membuat seseorang tampak lebih muda sembilan tahun, lho.

Kok bisa?

Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa olahraga dapat memperpanjang Telomere. Telomere adalah ujung nukleotida dari kromosom. Panjang Telomere ini sangat berhubungan dengan usia. Ketika setiap sel berreplikasi, kita kehilangan secuil ujung kromosom. Karenanya, semakin kita tua, telomere kita semakin pendek.

Di sanalah peran latihan fisik atau olahraga. Panjang telomere berhubungan dengan seberapa sering seseorang melakukan aktivitas fisik. Ada empat kategori yang diamati, yaitu orang yang tidak melakukan olahraga sama sekali, intensitas ringan, sedang, dan tinggi. Menariknya, orang dengan tiga kategori pertama memiliki telomere dengan panjang hampir serupa.

Sedangkan orang di kategori terakhir, yang sering melakukan olahraga dengan intensitas tinggi memiliki 140 pasang DNA ekstra di ujung telomere-nya. Inilah yang membuat olahraga memiliki efek perlambatan penuaan hingga sembilan tahun. Wow. Hasil penelitian ini kemudian memberikan kesimpulan bahwa rutin melakukan latihan fisik dengan intensitas tinggi dapat membuat sel tubuh dan tampilan Anda lebih muda.

webinar umroh.com

Lalu, harus sekeras apa kita berlatih? Olahraga seperti apa yang termasuk olahraga dengan intensitas tinggi? Peneliti yang terlibat dalam penelitian tersebut menyarankan untuk jogging selama 30 menit untuk wanita, dan 40 menit bagi pria. Lakukan olahraga tersebut selama lima hari dalam seminggu.

Walaupun penelitian tersebut hanya menjelaskan hubungan antara panjang telomere dengan intensitas latihan fisik, dan bukan bagaimana pengaruhnya, namun hasil penelitian ini sedikit memberi angin segar. Penuaan memang proses yang tidak bisa dihindari. Akan tetapi, kita bisa memegang sedikit kontrol terhadapnya. Semakin kita aktif melakukan latihan fisik, maka semakin lambat proses penuaan biologis kita. Jadi, sudah siap untuk berkomitmen olahraga setiap pagi?

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.