1
Travel

Mengapa Pantai Bisa Menenangkan?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pantai menyajikan pemandangan yang memanjakan mata. Langit yang biru, pantai yang berkilat ditimpa cahaya matahari, dan barisan ombak yang bergulung ke pantai. Pantai juga bisa seketika takjub melihat keindahan yang Allah SWT sajikan. Rasanya tenang dan segala penat hilang seketika.

Dibalik efeknya yang magis, ternyata ada penjelasan ilmiah mengapa pantai bisa membuat kita merasa tenang.

Aroma Laut Mengandung Ion Negatif yang Menenangkan Otak

Ketika menghirup udara pantai, kita merasakan udara yang lembab dan asin. Akan tetapi, ada manfaat langsung yang dirasakan otak. Aroma laut itu mengandung ion negatif, yaitu ion-ion oksigen yang bercampur dengan elektron dari molekul air, yang mampu menenangkan otak.

Sebuah studi di Amerika menunjukkan bahwa ion negatif memiliki efek anti-depresan, serta mengurangi gejala gangguan perasaan musiman.

Menapaki Pasir Pantai Seperti Me-recharge Tubuh dan Memperlancar Peredaran Darah

Bumi  memiliki ion negatif yang lebih besar dari tubuh manusia. Jumlah ion elektron yang berlimpah itu akan masuk ke tubuh ketika berjalan tanpa alas kaki. Manfaat positifnya, elektron tersebut akan mengurangi pengentalan darah.

webinar umroh.com

Titik-titik akupuntur rkaki juga akan terstimulasi ketika kita menapaki pasir pantai. Efeknya akan menimbulkan sensasi geli yang membuat tubuh jadi lebih segar.

Memanjakan Mata dan Otak dengan Birunya Laut

Warna biru dapat mengurangi stress secara ilmiah. Ketika melihat warna biru, gelombang otak kita bergeser menjadi lebih tenang. Otak kita akan berada seperti di fase meditasi. Tidak heran kalau kita menjadi lebih tenang ketika melihat birunya laut lepas.

Deburan Ombak yang Menuntun Otak untuk Bermeditasi

Suara ombak yang lembut dan berulang memiliki efek menenangkan. Orfeu Buxton, seorang professor di bidang kesehatan biobehavioral di Universitas Pennsylvania, menjelaskan bahwa otak akan mencapai kondisi meditasi ketika mendengarkan suara ombak.

Pantai memiliki pengaruh positif bagi kognitif dan emosional manusia. Tidak heran jika ada penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang tinggal di dekat pantai memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik. Jadi, sudah punya rencana ke pantai akhir pekan ini?

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.