1
Kuliner Tips

Jangan Lakukan 8 Hal Ini Setelah Makan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Makan adalah aktivitas yang sangat penting bagi tubuh. Dengan makanan yang dikonsumsi, kita menerima asupan nutrisi untuk menjaga kelangsungan fungsi tubuh. Pentingnya proses makan dan mencerna membuat kita tidak disarankan melakukan beberapa hal. Melakukan 8 hal di bawah setelah makan ini bisa membuat kesehatanmu terganggu, lho.

Merokok

Merokok sebatang rokok setelah makan sama efeknya dengan merokok sepuluh batang rokok. Kebiasaan ini bisa meningkatkan resiko kanker usus dan kanker paru-paru. Para ahli kesehatan menyarankan untuk mengurangi kebiasaan merokok sama sekali

Tidur

Tidur adalah aktivitas yang sangat penting bagi kehidupan kita. Akan tetapi, terbiasa tidur setelah makan akan membuatmu tampak bengkak. Kamu juga akan merasa tidak nyaman sepanjang hari. Pola tidurmu juga akan terganggu dengan kebiasaan ini. Setelah mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat, tubuh juga akan merasa lebih berat. Kita akan tergoda untuk tidur agar menghilangkan kantu. Untuk menghindari kebiasaan ini, lakukan aktivitas yang melibatkan fisik agar kamu tidak tergoda untuk tidur.

Minum Kopi atau Teh

Kopi dan Teh adalah minuman yang akan memberikan manfaat jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Terlalu banyak mengkonsumsi teh atau kopi juga akan berakibat buruk pada kesehatan. Jika kamu terbiasa minum teh atau kopi langsung setelah makan, kurangi kebiasaan ini. Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi teh satu jam setelah makan.

Mandi

Mandi setelah makan bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh, kecuali perut. Kondisi ini bisa memicu maslaah pencernaan jika terlalu sering dilakukan. Sebaiknya, tunggu 30 menit setelah makan jika kamu ingin mandi.

Makan Buah

Buah memerlukan enzim tertentu agar bisa dicerna. Selain itu, buah juga memerlukan waktu yang lebih lama agar bisa dicerna dibandingkan dengan makanan lain. Memakan buah setelah makan akan memicu timbulnya gas di dalam perut. Akibatnya, kamu jadi lebih sering buang angin dan mengalami mulas atau sakit perut. Terbiasa makan buah setelah makan juga membuat kamu beresiko mengalami sensasi perih pada dada (heartburn). Pencernaanmu juga akan terganggu dengan kebiasaan ini.

Minum Air Dingin

Hindari minum air dingin setelah makan. Asupan air dingin setelah makan bisa membuat makanan yang telah kamu makan jadi lebih sulit dicerna. Saat terkena air dingin, makanan yang masuk ke dalam perut akan menggumpal sehingga kamu beresiko mengalami konstipasi (susah buang air besar).

Berjalan Kaki

Berjalan kaki dalam waktu lama setelah makan sangat tidak disarankan. Tunggulah 30 menit setelah makan sebelum kamu berjalan kaki. Berjalan dalam waktu lama setelah makan bis amembuat pencernaanmu terhambat dan memicu naiknya asam lambung.

webinar umroh.com

Berolahraga

Badan yang sehat bisa diusahakan dengan olahraga. Namun berolahraga setelah makan adalah kebiasaan yang sangat tidak disarankan. Tubuhmu memerlukan waktu untuk beristirahat guna mencerna makanan yang telah dimakan. Tunggulah sekitar minimal satu jam hingga dua jam setelah makan jika kamu ingin berolahraga berat.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.