1
Muslim Lifestyle Tips

Ingin Istiqomah Berhijrah Untuk Lebih Baik? Lakukan 4 Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kata hijrah saat ini telah menjadi kata yang populer. Bahkan sedang menjadi trend. Masih ingat dengan hajatan Hijrah Fest? Acara ini berhasil menyedot banyak peserta. Tiketnya terjual habis tak tersisa. Alhamdulillah, hari demi hari kencintaan Umat Islam terhadap agamanya semakin bertambah.

Hijrah dimaknai sebagai perpindahan dari kondisi jahiliyah ke kondisi yang islami. Bisa juga dikatakan berpindah dari kegelapan menuju cahaya Islam. Berubah menjadi baik mungkin suatu hal yang mudah. Tetapi istiqamah dalam berhijrah itu sulit, karena istiqamah membutuhkan kekosistenan dalam ketaatan, dan itu akan banyak menghadapi godaan dan ujian.

Agar senantiasa istiqamah dalan berhijrah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya;

1. Berkumpul Dengan Orang Shalih

Terkadang kesulitan terbesar dalam hijrah adalah lingkungan dan teman-teman yang buruk. Niat berhijrah seringkali kandas karena tidak ada dukungan dari lingkungannya. Oleh karena itu agar tetap istiqomah carilah komunitas dan teman-teman yang mendukung hijrah. Hal ini bukan berarti eksklusive, tetapi hanya menjadikan orang yang shalih sebagai sehabat dekat. Sebagai orang yang bisa dijadikan rujukan dan tempat bertanya berbagai masalah. Dan tetap baik terhadap teman dan saudara yang belum hijrah

2. Rutin Mengikuti Kajian Islam

Untuk bisa taat kepada Allah subhanahu wa ta’ala, perlu untuk mengetahui caranya. Maka mengkaji ilmu Islam menjadi sesuatu yang harus dilakukan bagi orang yang hendak berhijrah. Hadirilah kajian Islam dengan rutin. Karena mengikuti kajian dengan rutin akan membentuk kepribadian Islami.

Mempelajari ilmu Islam harus dengan guru atau orang yang paham terhadap agama. Tidak diperkenankan belajar sendiri dari buku atau sosial media tanpa ada panduan. Buku, majalah serta sosmed hanyalah tambahan saja, bukan yang utama.

Ikutilah kajian-kajian intensif dengan frekuensi satu minggu sekali. Jangan bulanan atau bahkan setahun sekali. Agar ilmu akan senantiasa update dengan persoalan yang dihadapi.

3. Senantiasa Muhasabah Diri

Muhasabah diri adalah mengoreksi diri sendiri. Apa yang sudah dilakukan hari ini, dari mulai bangun tidur sampai menjelang tidur lagi. Apakah perbuatan yang dilakukan sudah sesuai hukum syara? Apakah melakukan kemaksiatan hari ini? Jika belum sesuai dengan hukum syara maka berjanjilah dalam hati bahwa esok akan mencoba sesuai dengan hukum syara. Jika melakukan kemaksiatan maka beristighfarlah dan bertaubat dengan taubatan nasuha. Dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Lakukan muhasabah ini setiap hari agar hijrah tetap terjaga.

webinar umroh.com

4. Berdakwah

Berdakwah adalah aktifitas menyeru kepada kebaikan yaitu Islam. Berdakwah adalah aktifitas yang mulia. Dengan berdakwah, ilmu-ilmu Islam akan tersebar kepada yang lain. Akan semakin banyak orang yang ikut hijrah. Hal ini tentu saja akan menambah kekuatan karena memiliki banyak teman seperjuangan.

[Silakan dishare, semoga menjadi amal sholih]