1
Kesehatan

Duh.. Benda di Rumah Ternyata Menyimpan Banyak Kuman

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ada banyak benda di dalam rumah namun beberapa diantaranya dapat membahayakan kesehatan kita. Walaupun tidak tampak kotor namun benda-benda ini adalah benda-benda yang sangat beresiko menjadi tempat bertukarnya kuman, virus, dan bakteri.

  1. Spons Cuci Piring

Spons yang hangat dan lembab adalah tempat yang sangat disukai bakteri dan jamur untuk berkembang. Mikrobiologis menyarankan anda untuk mengganti spons cuci piring seminggu sekali.

  1. Tempat Cuci Piring

Tempat cuci piring yang selalu basah dan terpercik sisa-sisa makanan bukan tidak mungkin menjadi tempat strategis bagi tumbuhnya kuman. Sempatkan waktu untuk menggosok tempat cuci piring seminggu sekali. Bila perlu diamkan dengan Bleach selama 5 menit sebelum disikat.

  1. Smartphone

Hampir setiap hari kita tak lepas dari smartphone. Smartphone tidak jarang terjatuh atau kita bawa ke kamar mandi. Bukan tidak mungkin ada bakteri e-colli atau streptococus yang hinggap di smartphone. Bahkan menurut para ilmuwan, smartphone bisa lebih kotor dari dudukan toilet. Pakar mikrobiologi menyarankan untuk membersihkan smartphone dengan tisu basah setiap hari. Agar lebih bersih kita bisa menggunakan campuran air dan cuka dengan perbandingan 1:1.

  1. Keyboard Komputer

Sama seperti smartphone, keyboard komputer bisa menjadi benda yang lebih kotor dari dudukan toilet. Sebuah studi di Australia mengungkapkan bahwa rata-rata meja kerja seseorang memiliki 400 kali bakteri lebih banyak daripada dudukan toilet. Para ahli menyarankan untuk mencuci tangan sebelum dan setelah menggunakan komputer. Untuk membersihkan keyboard, Anda bisa menggunakan kain yang telah dibasahi dengan desinfektan.

  1. Gagang Pintu

Gagang pintu sering menjadi tempat pertama yang disentuh oleh seseorang setelah seharian berada di luar rumah. Hal tersebut menjadikan gagang pintu menjadi tempat paling strategis bagi bersarangnya kuman bakteri dan virus dari luar rumah. Bersihkan gagang pintu sesering mungkin. Cuci tangan setelah memegang gagang pintu saat masuk rumah sangat disarankan.

  1. Lantai Rumah

Semakin banyak aktivitas di dalam rumah, maka semakin banyak debu-debu dan kuman yang akan bertebaran di lantai. Sapu rumah setiap hari, terutama di tempat-tempat yang banyak sisa makanan bertebaran seperti dapur atau ruang makan.

webinar umroh.com
  1. Selimut dan Sprei

Tempat tidur kita berpotensi terkotori oleh sel-sel kulit mati, serta sisa lotion dan minyak pada kulit kita. Bahkan pada sebagian orang, tempat tidur biasa digunakan untuk memakan cemilan. Bukan tidak mungkin ada remahan snack yang jatuh di tempat tidur kita. Walaupun kotoran-kotoran tersebut tidak tampak jelas pada mata, keberadaannya membuat kita tidur dalam kubangan kuman setiap malam. Ganti selimut seminggu sekali agar kebersihan tetap terjaga.

Benda-benda tersebut ternyata sangat dekat dengan kehidupan kita, bukan? Kontak langsung benda-benda tersebut dengan tangan dapat menjadi jalan masuk kuman, virus, dan bakteri ke dalam tubuh kita. Selain menjaga kebersihan benda-benda tersebut, rutinkan mencuci tangan dengan sabun agar tangan kita tidak menjadi sarang kuman, virus, dan bakteri.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.