1
Kesehatan Motivasi News Parenting Tips

Panduan Tanpa Panik untuk Demam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sulit untuk tetap tenang saat anak Anda demam. Kami bertanya kepada dokter apa yang harus Anda lakukan dan tidak lakukan pada saat itu terjadi.

Sebelum Anda Panik

Ingat: Demam bukan penyakit. Ini biasanya hanya pertanda bahwa sistem kekebalan anak Anda melawan infeksi bakteri atau virus, kata Michael Devon, MD, seorang dokter anak dalam praktik pribadi di dekat Philadelphia. Sebagian besar serangga yang menyebabkan demam – seperti flu, flu, virus perut – tidak berbahaya dan dapat diobati di rumah.

Periksa gejala lain anak Anda. Bagaimana dia bertindak dan merasakan biasanya merupakan indikator yang lebih baik tentang seberapa sakitnya dia. (Faktanya, jika anak Anda menderita demam tinggi, itu tidak berarti ia lebih sakit daripada jika ia menderita demam ringan.) “Jika anak Anda lesu, mudah tersinggung, sakit tenggorokan, sakit telinga atau perut, atau sakit ketika dia buang air kecil, hubungi dokter Anda, “kata Dr Devon. (Tidak dapat menemukan sumber infeksi yang jelas?) Dan selalu dapatkan bantuan segera jika Anda memiliki bayi yang demam di bawah 3 bulan, apa pun gejalanya. Bayi yang masih muda lebih rentan terhadap infeksi jenis tertentu, sehingga dokter anak Anda perlu segera menyingkirkan penyakit serius.

Sebelum Anda Ambil Suhu Anak Anda

Singkirkan thermometer kaca Anda. Termometer jadul itu mengandung merkuri, racun kuat yang mempengaruhi otak, sumsum tulang belakang, hati, dan ginjal, dan dapat menyebabkan ketidakmampuan belajar. Jika rusak, Anda berisiko memaparkan keluarga Anda ke uap air raksa yang berbahaya. Masih ada satu yang bersembunyi di lemari obat Anda? Jangan hanya membuangnya ke tempat sampah. Bawa ke dokter anak (dia bisa membuangnya dengan aman), atau kirim ke tempat pengumpulan limbah berbahaya di tempat Anda.

Pilih metode yang tepat. Untuk bayi, Anda akan mendapatkan hasil pembacaan yang paling tepat menggunakan termometer rektal digital. Termometer telinga, meskipun cepat dan nyaman, sebenarnya bisa menipu untuk digunakan: Anda harus meletakkannya dengan benar di saluran telinga untuk hasil yang akurat. (Terlalu banyak kotoran telinga dapat menghalangi pembacaan juga.) Varietas ketiak dan dot juga kurang dapat diandalkan dibandingkan termometer rektal.

Sebelum Anda Berikan Obat Penurun Demam

Sadarilah bahwa itu bukan obat. Alasan utama memberi anak Anda acetaminophen atau ibuprofen adalah untuk membuatnya lebih nyaman – bukan untuk “menghilangkan” demam. Demam sebenarnya adalah hal yang baik, karena membantu tubuh melawan infeksi. Sebagian besar kuman penyebab penyakit berkembang pada suhu tubuh inti seseorang (98,6 F.), jadi ketika sistem kekebalan mendeteksi infeksi, ia merespons dengan mengangkat termostat tubuh untuk membantu membunuh kuman. Tapi jangan berharap pemulihan segera. “Paling-paling, obat-obatan akan menurunkan demam satu atau dua derajat – cukup untuk membuat anak Anda merasa lebih baik,” kata Ari Brown, MD, penasihat Orangtua dan penulis Baby 411.

Pilih penghilang demam yang tepat. Berikan asetaminofen kepada bayi di bawah 6 bulan; ibuprofen tidak disetujui untuk anak-anak semuda itu karena keamanannya belum ditetapkan. Untuk anak-anak yang lebih besar, ibuprofen tampaknya menurunkan demam lebih cepat, menurut sebuah tinjauan penelitian di Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine. Tetapi karena acetaminophen lebih kecil kemungkinannya menyebabkan perut bengkak, itu mungkin lebih baik untuk anak-anak dengan perut sensitif.

 

webinar umroh.com

Setelah Anda memilih obat, tetap menggunakannya. Meskipun studi Arsip baru-baru ini menemukan bahwa dosis acetaminophen dan ibuprofen yang berganti-ganti lebih efektif daripada hanya menggunakan satu, beberapa ahli memperingatkan bahwa mencampur obat-obatan dapat membingungkan dan meningkatkan risiko bahwa Anda akan terlalu banyak menggunakan obat pada anak Anda.

Baca semua label obat dengan hati-hati. Jika Anda memberi anak Anda obat flu bebas, pastikan obat itu tidak mengandung asetaminofen atau ibuprofen jika ia sudah minum obat untuk demam. Jika tidak, Anda bisa memberi anak Anda dosis ganda, kata Dr. Devon. Ikuti instruksi pada botol. “Pilih jumlah yang sesuai dengan berat badan anak Anda saat ini, dan gunakan pipet yang disertakan dalam paket,” kata Dr. Brown. Karena obat demam dijual dalam kekuatan yang berbeda, penetes untuk satu botol mungkin tidak tepat untuk yang lain.