1
Kecantikan Kesehatan

Kesehatan Mata Perlu Dijaga. Ini 5 Caranya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Mata adalah salah satu organ yang penting pada tubuh manusia. Sebagai indera penglihatan, mata sangat penting untuk membantu kita menjalani aktivitas sehari-hari. Dengan mata yang sehat, kita jadi lebih leluasa untuk bergerak dan melihat.

Bersyukurlah jika kita masih dikaruniai mata yang mampu melihat. Karena fungsinya yang sangat penting, maka sebaiknya kita memperhatikan kesehatannya. Jangan sampai kita lalai dan kemudian melakukan hal-hal yang bisa merusak fungsi dan kesehatannya. Salah satu cara bersyukur kepada Allah SWT adalah dengan menjaganya, bukan?

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata.

Menggunakan Kacamata dengan UV Protector

Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, sebaiknya perhatikan kesehatan matamu. Sinar matahari memang mengandung UltraViolet yang bisa mengganggu kesehatan mata. Jika kamu sering terpapar sinar matahari, tidak ada salahnya memiliki kacamata hitam dengan UV protector. Memiliki kacamata ini sama artinya dengan berinvestasi untuk menjaga kesehatan matamu, kok.

Selain menjaga mata dari pancaran sinar UltraViolet, terbiasa menyipitkan mata saat terkena sinar matahari membuat area sekitar mata jadi lebih mudah berkeriput. Pakailah selalu kacamata hitam dengan lensa UV protector agar kesehatan matamu senantiasa terjaga.

Memperhatikan Asupan Makanan

Perhatikan menu makanan yang kamu santap setiap hari. Pastikan kamu banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran memiliki vitamin dan mineral yang membantu menjaga kesehatan mata.

Pilih buah dan sayuran yang berwarna kekuningan. Dalam buah dan sayuran yang warnanya kuning – jingga itu, terdapat senyawa yang bernama beta karoten. Beta karoten akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A inilah yang berfungsi menjaga kesehatan mata.

Istirahatkan Mata Secara Berkala

Terlalu lama menatap layar komputer atau layar smartphone membuat matamu jadi mudah lelah. Karena itu, ketika matamu mulai terasa tidak nyaman atau pedas, alihkan pandanganmu dari layar komputer atau smartphone.

webinar umroh.com

Untuk mengistirahatkan mata, hentikan aktivitas di hadapan layar dan cobalah untuk menatap daerah yang jauh. Menatap tempat yang jauh bisa memberi variasi kerja dari otot mata. Mata yang lelah disebabkan karena kita terlalu lama menggunakannya untuk menatap dari jarak sangat dekat.

Rajin Berkedip

Saat menatap layar gadget atau komputer terlalu lama, mata akan terasa kering. Kondisi mata yang kering juga semakin memperburuk kondisi mata yang lelah. Normalnya, kita berkedip 15 hingga 20 kali per menit. Namun saat menggunakan gadget, mata jadi terpaku dan kita jadi lupa berkedip. Karena itu, usahakan saat menatap ke layar komputer atau gadget, seringlah berkedip agar mata bisa mengeluarkan air.

Air mata yang dikeluarkan saat berkedip bisa menjaga kelembaban mata. Jika mata terlalu lama dibiarkan kering, bisa mengakibatkan masalah yang serius, lho.

Rajin Berolahraga

Olahraga membantu menjaga kesehatan tubuh sekaligus kesehatan mata. Rajin berolahraga bisa menurunkan resiko penyakit glukoma. Hal tersebut sesuai dengan hasil penelitian di Inggris yang menyatakan bahwa, olahraga secara teratur, lebih dari 1 jam sehari, mampu menurunkan resiko penyakit glukoma hingga 25%.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.