1
Motivasi Muslim Lifestyle

Jemput Berkah dengan 7 Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Menjalani kehidupan di dunia tentunya tidak lepas dari kebutuhan akan rezeki. Sebagai umat muslim, kita harus memohon dan mengusahakan rezeki yang halal dan berkah. Menurut Imam Al-Ghazali, berkah atau barokah berarti bertambahnya kebaikan. Jadi ketika Allah memberikan sebuah kebaikan kepada kita, kebaikan tersebut akan memberikan kebaikan lain. Misalnya, harta yang berkah akan disertai dengan rasa bahagia dalam hati, kesehatan, dan kebaikan-kebaikan lain.

Ada banyak jalan untuk mencapai keberkahan. Di bawah ini adalah 9 cara agar hidup kita selalu dilimpahi keberkahan oleh Allah SWT.

  1. Senantiasa Mengingat Allah

Allah adalah satu-satunya Dzat yang berhak disembah. Kekuasaan Allah ada di bumi dan langit. Mengingat Allah dengan segala kebesaranNya tentu akan membuat kita merasa dekat denganNya. Di dalam Al Qur’an, Allah sendiri telah menjelaskan bahwa Ia akan mengingat orang yang mengingatNya. Ketika Allah mengingat kita, maka tidak ada yang akan kita dapatkan selain kebaikan.

  1. Selalu Bergantung kepada Allah

Tidak ada daya dan upaya melainkan karena Allah SWT. Keyakinan dalam hati, bahwa segala yang terjadi di dunia ini adalah karena kehendak Allah, akan membuat kita senantiasa bergantung kepadaNya. Ketika kita menginginkan sesuatu, hal pertama yang harus kita ingat adalah Allah. Bukan uang atau orang lain. Allah sangat senang jika hambaNya percaya kepada kekuatan dan kekuasaanNya. Meminta tolong hanya kepada Allah akan membuat kita mendapatkan berkah yang tidak terduga-duga.

  1. Bersyukur atas Semua Pemberian Allah

Rasa syukur akan membuat hati kita bahagia. Kebahagiaan itulah yang akhirnya mempertemukan kita kepada hal-hal baik lainnya. Sebagaimana yang telah disampaikan Allah dalam Al Quran, bahwa Allah akan menambah nikmat kepada hamba yang bersyukur. Syukurilah semua hal yang telah Allah berikan kepada kita. Dengan begitu, rezeki yang barokah akan senantiasa mendatangi kita.

  1. Mengupayakan Harta yang Halal

Harta yang didapatkan dengan cara haram tidak akan ada artinya. Harta tersebut akan mempersulit kehidupan kita. Akan ada saja hal-hal kurang menyenangkan yang akan terjadi ketika harta yang haram masih ada dalam diri kita. Allah dengan segala kebesaranNya akan memberikan cobaan untuk mengingatkan dan menghapus dosa dari harta haram yang kita nikmati.

  1. Selalu Bertobat dan Istighfar

Salah satu penghalang rezeki dalam hidup adalah karena dosa dan maksiat. Agar rezeki yang barokah senantiasa datang, kita harus selalu menghapus dosa-dosa tersebut dengan cara taubat dan istighfar. Di dalam Surat Nuh, ayat 10 sampai 12, Allah telah menjanjikan banyak keberkahan kepada orang yang memohon ampun kepadaNya.

  1. Gemar Bersedekah

Bersedekah adalah kunci bertambahnya rezeki. Janji tentang sedekah ini ada dalam Al Quran. Rasulullah sendiri telah menjelaskan bahwa tidak akan berkurang harta karena sedekah. Saat kita memberikan harta kepada orang lain, Allah akan membalasnya berlipat ganda. Jumlah balasan dari Allah nilainya akan lebih besar dibandingkan harta yang telah kita berikan.

webinar umroh.com
  1. Menjaga Kebaikan Hati

Allah melihat segala perbuatan makhlukNya dari niat yang ada di dalam hatinya. Allah mengetahui segala isi hati manusia. Karena itu kita harus menjaga agar hati kita senantiasa bersih dan memiliki niat yang baik. Ketika hati kita baik, Allah akan lebih mudah mengamanahkan rizki yang berkah kepada kita.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.