1
Kuliner

Yuk, Bikin Shakshouka, Menu Brunch Ala Timur Tengah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kamu penyuka pedas? Coba kuliner khas Timur Tengah, Shaksouka. Shakshouka adalah hidangan telur (poach egg) yang dimasak bersama saus tomat pedas, dan disajikan dalam pan.

Digemari di Timur Tengah

Hidangan ini banyak digemari di Timur Tengah karena rasanya yang enak. Hidangan ini memiliki cita rasa yang pedas dan dibumbui dengan bawang bombay yang ditumis, paprika, tomat, dan telur. Shakshouka di Timur Tengah mirip dengan hidangan Hungaria yang bernama Sataras, dan hidangan di turki yang bernama Djuvec.

Praktis dan Mudah

Langkah pembuatannya yang mudah dan cepat juga membuat Shakshouka menjadi dengan pilihan hidangan dalam keluarga. Beberapa butir telur dimasak perlahan dalam saus tomat yang beraroma kunyit, hingga menghasilkan cita rasa yang manis, pedas, dan gurih.

Hidangan Sehat yang Cocok untuk Memulai Hari

Shakshouka biasa disajikan pada saat brunch, waktu antara sarapan (breakfast) dan makan siang (lunch). Shakshouka biasa dinikmati bersama salad dan roti. Hidangan ini termasuk hidangan yang sehat karena hanya terbuat dari telur yang kaya protein dan saus tomat yang kaya vitamin. Kandungan protein dari telur dalam Shakshouka membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai menu untuk mengawali hari.

Bisa Menambahkan Bahan-Bahan Favorit Sesukamu

Bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat Shakshouka adalah bawang bombay, bawang putih, basil, cabai, tomat yang dihaluskan atau pasta tomat, dan telur. Kamu juga bisa menambahkan sayur-sayuran seperti kale, bayam, paprika, tomat segar, kembang kol, dan sayur-sayuran lain yang jadi favoritmu. Kamu bahkan bisa menambahkan keju sebagai penambah rasa dalam Shakshouka. Bebas, pokoknya.

Hidangkan Shakshouka di Meja Makanmu

Shakshouka cocok digunakan sebagai variasi menu di rumahmu. Bahannya yang sederhana namun kaya rasa pasti bisa membuat seluruh anggota senang. Hidangkan Shakshouka saat sarapan atau jamuan keluarga juga merupakan ide yang bagus. Jika ingin memasak untuk keluarga kecil, masak Shakshouka di pan kecil dengan dua atau tiga telur. Jika ingin dihidangkan untuk orang banyak, pakai pan yang lebih besar dan masukkan telur lebih banyak.

Yuk, Bikin Shakshouka

Langkah membuatnya adalah yang pertama, panaskan minyak di pan, lalu masukkan bawang bombay dan cabai. Tumis hingga kecoklatan lalu tambahkan bawang putih, dan bumbu-bumbu rempah, seperti bubuk kunyit, bubuk paprika, garam, dan merica. Masak hingga aromanya keluar. Setelah itu, masukkan pasta tomat dan madu. Masak selama 3 hingga 4 menit.

Masukkan sayuran yang kamu suka, lalu masak perlahan dengan api rendah selama 20 menit. Jika kamu ingin menambahkan keju, tambahkan saat cairan sudah berkurang sedikit, lalu aduk hingga kuah mengental.

webinar umroh.com

Terakhir, masukkan telur yang telah dipecahkan dari cangkang. Jika kamu memecahkan di atas kuah yang dimasak, berhati-hatilah agar kuning telur tidap pecah saat masuk ke dalam kuah. Masukkan beberapa telur, lalu tutup pan. Masak hingga telur matang.

Hidangkan Shakshouka dengan taburan seledri atau keju jika suka. Mudah, bukan, membuatnya?

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.