1
Kesehatan Motivasi News Parenting Tips

Masalah Mata yang Sering Mempengaruhi Anak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Rabun jauh (miopia)

Apa yang harus Anda perhatikan:

Anak Anda menyipitkan matanya ketika dia melihat benda yang jauh. Dia mungkin juga mengatakan bahwa sulit baginya untuk membaca kata-kata di dinding atau di papan tulis di sekolah. Jika dia memicingkan mata ke TV, dia bisa mengalami kesulitan melihat, tetapi duduk dekat layar tidak berarti apa-apa, kata Susan Day, M.D., seorang pensiunan dokter spesialis mata anak di Chicago.

Penyebabnya :

Mata yang lebih panjang dari biasanya. Ini menyebabkan cahaya salah fokus pada retina, membuat anak Anda sulit melihat benda dari kejauhan. Meskipun kebanyakan rabun jauh diwariskan, melakukan banyak pekerjaan dekat, seperti melihat komputer, dapat meningkatkan laju perkembangannya, kata Dr. Day. Menghabiskan waktu di luar rumah dapat membantu menjaga miopia. Beberapa ahli percaya bahwa memaparkan diri pada sinar matahari dan sering melihat hal-hal yang jauh – seperti yang dilakukan anak-anak di ruang terbuka yang luas – dapat mengurangi kemungkinan mengembangkan rabun jauh.

Ketika muncul biasanya pada saat anak Anda berada di kelas empat atau lima. Tetapi kadang-kadang berkembang pada anak-anak muda, terutama mereka yang lahir prematur. Biasanya menjadi lebih buruk selama masa remaja, tetapi stabil antara usia 20 tahun dan 30 tahun.

Jika penglihatan anak Anda mulai memengaruhi pekerjaannya di sekolah atau keikutsertaan dalam olahraga, ia akan membutuhkan kacamata. Untuk beberapa anak, duduk di depan kelas sudah cukup. Anak-anak yang rabun jauh kurang dari 4 mungkin tidak membutuhkan spesifikasi selama kedua matanya sama.

Rabun jauh (hyperopia)

Apa yang harus Anda perhatikan:

Anak Anda sering menggosok matanya atau menyipitkan mata saat melihat dari dekat. Matanya mungkin juga menjadi merah atau berlinang air mata, dan dia mungkin mengeluh sakit kepala atau kesulitan fokus pada tugas-tugas seperti membaca atau bermain di komputer untuk waktu yang lama, kata Dr. Silva. Bayi dan balita sering tidak menunjukkan tanda-tanda peringatan sama sekali.

webinar umroh.com

Penyebabnya :

Mata yang memiliki diameter lebih pendek dari rata-rata, atau permukaan depan yang terlalu datar untuk menekuk cahaya secukupnya. Perbedaan-perbedaan ini menjaga sinar cahaya dari membuat gambar yang jelas pada retina, sehingga objek terdekat tampak buram.

Sebagian besar bayi dilahirkan sedikit rabun jauh, tetapi mata mereka beradaptasi dengan kondisi tersebut. Jika bayi Anda lebih rabun daripada biasanya dan kondisinya tidak diobati, ia bisa mengalami mata juling atau mata malas.

Perawatannya bisa dengan mengenakan kacamata sepanjang waktu, mungkin seumur hidup.

Mata malas (ambliopia)

Apa yang harus Anda perhatikan:

Sering kali tidak ada tanda-tanda yang jelas, tetapi dalam beberapa kasus, Anda mungkin melihat satu mata berputar atau mundur.

Penyebabnya :

Mata yang tidak bekerja serempak karena masalah penglihatan seperti astigmatisme, anisometropia, atau mata juling. Otak mulai menyukai mata yang memiliki penglihatan lebih jelas atau mata yang diarahkan ke arah yang ditargetkan.

Mata malas dapat mulai pada masa bayi dan biasanya muncul pada usia 5 atau 6 tahun.

Perawatan:

Banyak anak pertama-tama perlu mendapatkan kacamata untuk memperbaiki masalah penglihatan seperti rabun dekat atau astigmatisme, kata Marjean Taylor Kulp, O.D, profesor terkemuka di College of Optometry Universitas Negeri Ohio, di Columbus. Anak Anda mungkin juga perlu memakai penutup mata di atas mata yang disukai selama dua jam atau lebih sehari selama beberapa bulan atau menggunakan obat tetes mata untuk sementara membuat penglihatan kabur di mata itu sehingga ia akan menggunakan mata dengan penglihatan berkurang dan membantunya memperbaiki. Yang terbaik untuk menangkap mata malas lebih awal ketika pengobatan paling efektif, tetapi beberapa penelitian telah menemukan bahwa anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa juga mengalami peningkatan dengan jenis perawatan ini. Perawatan binokular baru juga sedang dipelajari.

Astigmatisme

Apa yang harus Anda perhatikan:

Anak Anda menoleh ke kiri atau ke kanan saat dia menonton televisi.

Penyebabnya:

Kornea yang bentuknya lebih seperti oval daripada bola. Anak-anak kesulitan membuat detail dari jauh, membuat penglihatan mereka terlihat seperti cermin rumah. Itu cenderung berjalan dalam keluarga.

Paling sering saat lahir. Miopia dan hiperopia dapat dikombinasikan dengan astigmatisme, atau astigmatisme dapat terjadi dengan sendirinya. Jika tidak diobati, itu dapat menyebabkan mata malas.

Perawatan:

Anak Anda akan memerlukan kacamata jika astigmatisme parah atau disertai dengan masalah bias lain, kata Charles Allen, O.D., di Princeton, New Jersey. Namun, jika astigmatisme ringan, ia mungkin bisa pergi tanpa kacamata. Astigmatisme pada bayi hilang dalam banyak kasus tetapi dapat bertahan hingga dewasa.

Suatu Jenis Strabismus

Yang harus Anda perhatikan:

Mata yang tidak selaras. Ketika anak Anda melihat Anda, misalnya, satu mata mungkin menunjuk lurus ke arah Anda sementara yang lain naik, turun, masuk, atau keluar. Penampilan miring ini bisa konstan atau halus, atau mungkin terjadi hanya secara sporadis, yang dapat membuatnya sulit dikenali.

Penyebabnya:

“Strabismus mungkin disebabkan oleh masalah kabel di area otak yang mengontrol gerakan mata,” kata Michael Repka, M.D., profesor oftalmologi dan wakil ketua untuk praktik klinis di Wilmer Eye Institute Johns Hopkins Medicine, di Baltimore. Mata yang berputar ke dalam dikenal sebagai mata juling; bentuk umum dari strabismus atau mata yang tidak selaras disebut walleye (exotropia). Ini bisa diwarisi, dan juga bisa berasal dari masalah penglihatan yang tidak diobati atau masalah struktural di mata atau otak.

Dalam kasus yang jarang terjadi, itu disebabkan oleh katarak atau tumor.

Biasanya masalah ini muncul pada usia 5, tetapi dapat berkembang pada bayi dan balita. Meskipun normal bagi bayi baru lahir untuk sesekali berkeliaran, beri tahu dokter anak jika Anda melihat mata anak Anda menyilang atau mengembara setelah 3 bulan.

Perawatan:

Kacamata akan sering memperbaiki masalah, terutama jika strabismus terkait dengan rabun jauh. Dalam kasus lain, anak akan memerlukan operasi pada otot-otot di sekitar mata. Beberapa anak memakai kacamata hanya untuk beberapa tahun, sementara yang lain membutuhkannya lebih lama.