1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Inilah Panduan Islam Kala Memasuki Usia 40 Tahun

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Panduan Islam Hadapi Usia 40

Life begin at forty!

Itu adalah salah satu frase yang banyak diungkap saat usia Anda memasuki 40 tahun. Katanya, hidup seseorang justru baru dimulai saat masuk usia 40 tahun. Istilah “hidup dimulai saat usia 40” dipopulerkan oleh seorang penulis Amerika, Walter B. Pitkin dalam bukunya Life Begin at Forty.

Dalam buku itu, Pitkin menuliskan bahwa tingkat harapan hidup orang Amerika Serikat pada tahun 1880-an yang hanya mencapai usia 40 tahun telah berkembang lebih jauh lagi. Fakta peristiwa Perang Dunia I dan Depresi besar-besaran di AS pada tahun 1929, telah berlalu, kini menurutnya usia 40 tahun bukan lagi dikategorikan ‘usia lanjut’, tapi momentum menuju kehidupan baru.

Secara fisik, mereka yang memiliki usia 40 tahun dirasa sudah mencapai sebuah puncak kesempurnaan, untuk kemudian mengalami penurunan. Penurunan-penurunan yang terjadi juga dapat terlihat dalam beberapa hal. Misalkan saja tulang rawan yang menjadi semakin sempurna dan akan terus menyempurnakan struktur tengkorak kepala, sehingga memengaruhi inti akal yang terletak di otak. Namun kemudian perlahan fisik kita akan mengalami penurunan kemampuan.

Namun ada pula fenomena-fenomena yang justru kontradiktif dengan hal itu. Faktanya sebagian orang justru merasa cemas bahkan depresi saat mulai menginjak usia 40 tahun. Hal itu akan mengakibatkan hal-hal buruk seperti hilangnya percaya diri akan bentuk tubuh, rasa takut kehilangan pasangan (karena dikhawatirkan suami melirik perempuan yang lebih muda lalu berpoligami!), dan takut juga menghadapi masa depan karena peluang untuk dapat berkarir di usia 40 lebih sulit, apalagi bersaing dengan angkatan muda, sementara biaya hidup semakin tinggi.

Ala kulli hal, semua wajib kita kembalikan pada tuntunan Allah SWT. dien Al-Islam. Jauh sebelum dunia psikologi berkembang, Islam sudah memberikan panduan hidup kita sejak dalam kandungan sampai usia tua kelak. Dalam al-Qur’an, usia 40 diberikan penekanan khusus oleh Allah SWT.

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang tua yaitu ibu bapaknya, ibunya yang telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula).

webinar umroh.com

Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai 40 tahun ia berdoa:

“Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri” (TQS. Al-Ahqaf: 15)

Jadi, tak usah bingung dan cemas, kembalikan saja semua pada ketentuan Allah SWT. Justru di satu sisi jika ada seseorang yang umurnya 40 tahun, mereka harus bersyukur karena dapat melihatnya dari aspek positif. Karena masih banyak juga orang yang usianya tidak sampai menginjak 40 tahun namun sudah dipanggil oleh Allah. Karena itulah jadikan itu sebagai bentuk rasa syukur akan amanat umur yang telah Allah berikan, sehingga manfaat juga untuk dapat bisa semakin memperbaiki diri.