1
Kesehatan News

Cegah Kebanyakan Makan dengan Emoticon. Kok Bisa?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bridget Benelam, seorang ahli nutrisi, menemukan cara mengukur porsi makan yang pas menggunakan jenis isyarat dalam emoticon. Kepada BBC News, wanita berhijab ini menjelaskan cara menentukan posisi makanan dengan emoticon. Tentunya cara ini akan lebih mudah diingat agar kita tidak mengalami kelebihan makan.

Tangan Menggenggam                     

Gunakan genggaman tangan untuk menentukan porsi makanan. Untuk satu porsi pasta, ambil segenggam pasta yang memiliki ukiran kecil. Nasi juga sebaiknya diambil tidak lebih dari sebesar kepalan tangan.

Nasi dan pasta adalah jenis karbohidrat yang banyak dikonsumsi. Karbohidrat memberikan tenaga agar kita kuat menjalani kegiatan sehari-hari. Sayangnya, banyak orang mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah berlebih. Karbohidrat berlebih akhirnya disimpan dalam bentuk lemak di tubuh. Untuk memastikan kamu mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah pas, gunakan genggaman tangan untuk mengukurnya. Porsi yang tepat untuk karbohidrat adalah sebanyak 2 genggam dalam sekali makan.

Selain untuk mengukur porsi nasi dan pasta, genggaman tangan juga bisa digunakan untuk mengukur porsi buah dan sayur. Porsi buah dan sayur sekali makan adalah satu genggam Pastikan kamu mengkonsumsi buah atau sayur yang ukurannya segenggam saat sekali makan.

Berbeda dengan karbohidrat dari nasi dan pasta, mengukur sereal membutuhkan ukuran berbeda.  Saat mengukur sereal, pastikan banyaknya tidak lebih dari satu genggam.

Oke Tiga Jari

Kamu tahu emoticon untuk mengatakan ok? Isyarat “ok” dilakukan dengan membentuk lubang dari telunjuk dan ibu jari, dan menyisakan tiga jari yang terbuka. Gerakan tangan ini bisa digunakan untuk mengukur pasta spaghetti. Pastikan banyaknya spaghetti tidak lebih dari besarnya lubang yang dibentuk jari dan telunjuk saat memberi emoticon isyarat oke.

Jempol

Ibu jari juga memiliki peran untuk mengatur porsi makanan yang pas. Gunakan ibu jari untuk mengukur keju-keju yang kamu konsumsi. Dalam satu porsi, keju yang dikonsumsi sebaiknya tidak lebih dari dua ibu jari.

Kepalan Tangan

Gunakan kepalan tanganmu untuk mengukur besarnya kentang untuk satu porsi ukuran. Kentang untuk satu kali makan sebaiknya tidak lebih dari ukuran satu kepalan tangan.

webinar umroh.com

Tangan Terbuka

Gunakan telapak tangan yang terbuka untuk mengukur bahan yang mengandung protein. Kamu bisa menggunakannya untuk menentukan besarnya ikan, daging ayam, atau daging sapi. Untuk satu porsi, pastikan ukurannya tidak lebih dari setengah telapak tanganmu saat terbuka.

Ukuran yang dijelaskan oleh Benelam adalah ukuran yang disarankan untuk orang dewasa. Ia juga menjelaskan bahwa porsi makan tiap orang bisa berbeda-beda. Karena itu, kita perlu bijak dalam menentukan banyaknya makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.