1
Muslim Lifestyle

Harus Diperhatikan, Ini 8 Adab Berada di Masjid

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Masjid adalah tempat bagi umat Islam beribadah. Tidak seperti di tempat lain, ada adab dan aturan saat berada di dalam masjid. Walaupun aturan tersebut tidak tertulis di dinding masjid, kita hendaknya selalu mematuhinya. Mematuhi adab di dalam masjid bukan hanya untuk menghormatinya. Memperhatikan adab di masjid juga bagian dari mengikuti sunnah Rasulullah.

Di bawah ini, adalah 8 adab di dalam masjid yang harus kamu perhatikan.

  1. Menjaga Kebersihan

Masjid adalah tempat ibadah bagi umat Islam. Karena itu, menjaga kebersihan di dalam masjid adalah keharusan bagi siapa saja yang memasukinya. Bukan hanya kebersihan di dalam masjid, namun juga kebersihan diri. Kita disarankan membersihkan diri dengan berwudlu. Bahkan Rasulullah menganjurkan agar kita membersihkan gigi sebelum memasuki masjid. Mulut yang bersih akan membuat kita (dan jamaah lain) lebih khusyuk beribadah.

  1. Tidak Terburu-Buru

Jalan terburu-buru tidak dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Justru kita dianjurkan untuk berjalan dengan tenang dan tidak terburu-buru. Ketika kita bisa mengikuti jamaah, maka ikutilah. Namun jika kita tertinggal jumlah rakaat,  lengkapi sholat dengan jadi jamaah masbuk Terburu-buru berjalan ke masjid hanya akan membuat nafas kita tersengal-sengal, sehingga kita tidak khusyuk saat menghadap Allah dalam shalat.

  1. Mendahulukan Kaki Kanan Saat Masuk dan Berdoa

Masjud adalah tempat suci yang penuh kebaikan. Karena itu, disunnahkan bagi kita untuk memasukinya dengan kaki kanan. Sambil melangkahkan kaki, kita disunnahkan untuk berdoa memohon kebaikan dari Allah.

  1. Shalat Tahiyatul Masjid

Begitu memasuki tempat sholat, jangan langsung duduk. Kita disunnahkan melakukan dua rakaat shalat sunnah. Shalat tersebut disebut dengan Shalat Tahiyatul Masjid.

  1. Menjawab Adzan

Menjawab adzan adalah kebiasaan yang juga disunnahkan oleh Rasulullah. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim dan Bukhari, Rasulullah SAWberpesan agar kita menjawab adzan saat mendengarnya. Menyimak dan menjawab adzan adalah amalan yang pahalanya besar.

  1. Berdoa Antara Adzan dan Iqomah

Doa yang dipanjatkan di antara adzan dan iqomah tidak akan tertolak. Hal tersebut dijelaskan oleh Rasulullah dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud. Karena itu, sembari menunggu waktu salat setelah adzan, panjatkanlah doa dan hajad di antara sebelum terdengar iqomah. Memanjatkan doa di antara adzan dan iqomah akan membuat hajad lebih cepat diijabah, Insya Allah.

webinar umroh.com
  1. Usahakan Shalat di Shaf Pertama

Salat berjamaah di shaf pertama memiliki banyak keutamaan. Bahkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim dan Bukhari, Rasulullah bersabda bahwa jika seseorang mengetahui pahala yang diberikan kepada orang yang menjawab panggilan adzan dan sholat di shaf pertama, mereka akan berusaha mendapatkannya walaupun dengan undian.

  1. Tidak Mengganggu Jamaah Lain

Masjid adalah tempat ibadah. Karena itu, kita juga harus mendukung suasana tenang di dalamnya. Sebaiknya kita tidak menimbulkan kegaduhan dengan berbicara atau tertawa terlalu keras. Lebih baik perbanyak ibadah di dalam masjid agar kita juga mendapatkan keutamannya.

  1. Berdoa saat Keluar Masjid dan Melangkahkan Kaki Kiri

Sama seperti saat masuk. Saat keluar, kita juga dianjurkan untuk berdoa memohon rahmat dari Allah SWT. Saat berdoa, langkahkan kaki keluar masjid dengan mendahulukan kaki kiri.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.