1
Kuliner

Mencicipi Mujadara, Kuliner Timur Tengah yang Bersahaja

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Jika kebanyakan menu nasi Timur Tengah memiliki rasa yang khas dan tajam, tidak demikian dengan Mujadarra. Mujadarra (baca : mujadra) adalah salah satu hidangan dari Timur Tengah yang menggunakan bumbu sederhana. Hidangan ini berupa nasi yang dimasak bersama kacang lentil, dan dihiasi dengan topping bawang bombay berbumbu yang dimasak hingga mengeluarkan karamel. Hmmm, sedap, ya.

Dimasak dengan Bumbu Sederhana

Jika kebanyakan hidangan Timur Tengah kaya akan rempah-rempah, lain halnya dengan Mujadarra. Mujadarra menggunakan bahan yang relatif sederhana. Bahan utama Mujadarra yaitu kacang lentil, nasi merah, dan bawang bombay. Sedikit garam dan minyak zaitun untuk memberi rasa gurih. Kamu yang tidak terlalu suka aroma rempah kuat akan suka dengan Mujadarra.

Sedap dari Kacang, Minyak Zaitun, dan Topping Bawang Bombay

Rasa sedap Mujadarra didapat dari perpaduan kacang dan nasi yang dimasak dengan garam dan minyak zaitun, serta topping bawang bombay di atasnya. Berbeda dengan hidangan nasi TImur Tengah lain, yang menggunakan potongan besar daging sebagai penyedap.

Sederhana dan Kaya Rasa

Walaupun tidak menggunakan rempah-rempah dan daging-dagingan seperti hidangan Timur Tengah lain, Mujadarra memiliki cita rasa yang kaya, lho. Comfort food ala Timur Tengah ini memang biasanya disajikan dengan lauk pelengkap lain. Banyak yang menilai bahwa Mujadarra sangat cocok dimakan dengan hidangan ayam dan salad. Akan tetapi, menyantap Mujadarra tanpa lauk juga sudah sangat enak.

Saat ini, banyak orang di Timur Tengah yang memasak Mujadarra dengan beragam variasi. Ada yang mengganti nasi dengan quinoa (sejenis biji-bijian yang biasa dijadikan pengganti nasi) atau gandum. Ada juga yang menambahkan sedikit rempah-rempah.

Mari Memasak Mujadarra

Cara membuat Mujadarra diawali dengan merebus kacang lentil dan nasi merah dengan sedikit garam dan minyak zaitun. Rebus dengan api sedang. Ketika sudah mendidih, kecilkan apinya dan masak sambil ditutup selama 40 – 45 menit. Masak hingga nasi dan kacang lentil menjadi empuk. Setelah itu, matikan apinya dan diamkan selama lima menit.

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa memasak nasi lentil ini dengan rice cooker. Jangan lupa beri garam dan minyak zaitun agar nasi yang matang tetap memiliki rasa yang gurih.

Untuk menyiapkan topping bawang bombay, langkah pertama adalah dengan memanaskan minyak zaitun di wajan. Masukkan bawang bombay yang telah diiris memanjang. Masak selama sekitar 20 menit, sambil sesekali diaduk agar matang merata.

webinar umroh.com

Perhatikan Saat Membuat Topping Bawang Bombay

Masak hingga bawang bombay berwarna kecoklatan dan mengeluarkan karamel. Untuk membuat bawang bombay berkaramel membutuhkan perhatian khusus. Jangan terlalu gosong, karena akan membuat Mujadarra menjadi pahit. Jangan juga mengangkatnya saat masih berwarna putih dan belum berkaramel.

Angkat bawang bombay yang sudah matang sempurna. Kematangan sempurna untuk Mujadarra ditandai dengan warna cokelat yang gelap, namun belum beraroma gosong. Kamu juga bisa menambahkan irisan paprika di topping bawang bombay.

Hidangkan nasi lentil yang sudah dimasak sebelumnya dengan topping bawang bombay. Sederhana sekali, bukan. Mujadarra siap dinikmati.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.