1
News Tips

Jangan Panik! Ini Pertolongan Pertama saat Handphone Masuk ke Air

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bermain air memang menyenangkan. Tapi.. Ups, handphone di kantong kita terjatuh. Jangan panik. Jika handphone-mu jatuh ke air, lakukan 7 langkah ini sebagai pertolongan pertama untuk handphone-mu.

  1. Ambil dari Air Secepat Mungkin

Peristiwa yang menyebabkan handphone kita jatuh ke air tidak bisa diprediksi. Namun ketika hal ini terjadi, segera ambil handphone secepat mungkin. Seberapa cepat kamu mengambil handphone sangat berarti bagi keberlangsungannya. Jika gerakan kita cepat, kemungkinan besar handphone terselamatkan akan lebih besar.

  1. Matikan

Ketika handphone jatuh ke air, ada beberapa kondisi yang membuat akhirnya ia mati seketika. Akan tetapi, tidak memungkinkan handphone masih tetap hidup walaupun sudah terjatuh ke dalam air. Jika kamu mengambil handphone dan melihatnya dalam kondisi hidup, segera matikan. Mematikan handphone sesaat setelah diangkat dari air akan melindunginya dari konslet.

  1. Ambil Baterainya

Jika handphone masih menggunakan baterai yang bisa dilepas, segera ambil baterai dari handphone. Mengambil baterai dari handphone bisa memutus aliran energi, sehingga mencegah kerusakan yang lebih parah.

  1. Ambil Sim Card dan Memory Card

Singkirkan semua benda-benda yang melekat pada handphone. Keluarkan sim card atau memory card, lalu biarkan handphone dalam keadaan terbuka. Dengan begitu, kita jadi lebih jelas melihat letak air yang masuk ke dalam komponen handphone.

  1. Tepuk-Tepuk dengan Handuk

Gunakan kain dengan serat halus atau handuk untuk mengeringkan air dari handphone. Tepuk-tepuk untuk menyerap cairan yang ada di sela-sela mesin handphone. Pastikan semua air yang terlihat sudah kamu keringkan dengan handuk.

  1. Sedot Keluar Airnya

Akan ada air yang terperangkap di sela-sela slot atau komponen di dalam handphone. Area tersebut tentunya sangat sulit untuk dikeringkan dengan handuk. Karena itu, kita harus melakukan proses vakum. Letakkan handphone di dalam kantong plastik, lalu hirup udara di dalamnya. Ini akan membuat efek vakum, sehingga cairan yang ada dalam handphone juga ikut keluar.

  1. Rendam di Dalam Beras

Merendam handphone yang baru saja terjatuh di dalam beras bukan sekedar mitos. Beras bisa membantu menyerap cairan dari dalam sela-sela mesin handphone. Letakkan handphone dan rendam dengan beras sampai seluruh bagian tertutupi. Selain beras, kita juga bisa menggunakan pasir kucing atau silica gel.

webinar umroh.com

 

Setelah langkah-langkah itu kamu lakukan, berharaplah yang terbaik dan bawa handphone-mu ke tempat service yang terpercaya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.