1
Motivasi Muslim Lifestyle

Disebut Bertaubat jika Kamu Melakukan 5 Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa. Tidak ada manusia sempurna yang bersih dari dosa, kecuali Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Sebagai manusia yang penuh resiko berbuat dosa, sebagai umat muslim kita memiliki jalan untuk membersihkannya. Cara untuk membersihkan diri adalah dengan bertaubat. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk bertaubat agar Taubat diterima Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Insyaa Allah.

  1. Menyesali Dosa yang Telah Dilakukan

Menyesali dosa yang telah dilakukan adalah tahap pertama untuk bertaubat. Allah mengetahui isi hati manusia, jadi pastikan hatimu tulus benar-benar menyesali dosa-dosamu. Tanda dari ketulusan adalah kamu ingin membersihkan diri dari perbuatan buruk di masa lalu. Di dalam hatimu, hanya ada rasa sesal karena telah mengabaikan larangan Allah.

  1. Memohon Ampun Kepada Allah

Hanya Allah yang dapat mengampuni dosa-dosamu untuk memohon ampun kepada Allah. Agar Allah mengampuni dosamu, caranya sangat sederhana, yaitu dengan mengucapkan istighfar.

Kamu juga bisa melakukan salat tobat. Ambil wudhu, kemudian lakukan salat dua rakaat untuk memohon ampunan dari Allah. Percayalah bahwa Allah mendengar semua doa dan akan mengampuni dosa-dosamu.

  1. Berniat Tidak Akan Melakukan Dosa Tersebut Lagi

Bukan disebut taubat apabila kamu masih memiliki keinginan untuk melakukan dosa itu. Perkuat taubatmu dengan niat tidak akan melakukan dosa yang telah kamu lakukan. Tanamkan dalam hati bahwa dengan bimbingan Allah, kamu pasti bisa menghindari dosa-dosa itu. Percayakan dirimu kepada bimbingan Allah, dan yakinkan diri untuk mengikuti segala perintah dan laranganNya.

  1. Berhenti Melakukan Perbuatan yang Berdosa

Setelah niat untuk tidak melakukan lagi sudah dikuatkan, berhentilah melakukan perbuatan dosa. Akan ada godaan-godaan setan yang mencoba mengajakmu kembali berbuat dosa. Akan tetapi, ingatlah janji dan niat yang telah kamu sampaikan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Walaupun berat, usahakan tubuhmu tidak mengikuti godaan syetan tersebut.

Misalnya ketika kamu bertobat dari dosa ghibah. Saat ada orang lain yang mengajakmu untuk membicarakan orang lain, segera pergi dari tempat itu, atau bantu mereka dengan mengalihkan pembicaraan ke hal yang lebih positif.

  1. Ganti dengan Amal Sholeh

Untuk menyempurnakan taubatmu, lakukan amal sholeh tambahan yang bisa mengisi waktumu. Jika kamu memanfaatkan waktu untuk melakukan amal sholeh, kamu tidak lagi memiliki tenaga, waktu, dan pikiran untuk melakukan perbuatan yang melanggar ketentuan Allah. Misalnya, kamu bisa mengganti kebiasaan ghibah dengan forum diskusi tentang bisnis, atau pelatihan keterampilan dengan teman-temanmu. Kegiatan ini termasuk dalam menuntut ilmu yang merupakan amal sholeh, dan tentunya jauh lebih baik dari dosa yang telah kamu lakukan sebelumnya.

webinar umroh.com
  1. Jika Melakukan Dosa Lagi, Mohon Ampunlah Lagi

Walaupun kamu sudah bertaubat, tidak ada jaminan kamu  kita tidak akan melakukan dosa itu lagi. Sebagai manusia biasa,  ada saat-saat dimana kita khilaf dan tidak sengaja melakukan dosa. Segera istighfar jika kamu melakukan dosa yang sama. Mintalah bimbingan padaNya agar diberi kemudahan mengendalikan diri agar tidak berbuat dosa.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.