1
Muslim Lifestyle News

Inilah Makna & Esensi Tauhid

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Adapun hakikat tauhid yang dapat menyebabkan dosa-dosa diampuni adalah seseorang tidak menyembah kecuali Allah Ta’ala semata. Seorang hamba mengetahui makna syahadat tentang Allah dengan meng-esa-kanNya, dan tentang Nabi-Nya dengan risalah-nya.

Tauhid -yang memiliki keutamaan dapat mengampuni dosa- adalah Engkau mengetahui makna syahadat laa ilaaha illallah Muhammad rasulullah. Engkau bersaksi dengan syahadat yang agung ini secara terang-terangan dan tidak sembunyi-sembunyi. Oleh karena itu, dalam sebuah hadits dari Ubadah bin Shamit radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

”Barangsiapa yang bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang hak melainkan Allah, dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, (dan bersaksi) bahwa Isa adalah hamba Allah, utusan-Nya, dan kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, serta ruh dari-Nya, (dan bersaksi pula) bahwa surga adalah benar adanya, bahwa neraka adalah benar adanya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga betapa pun amal yang telah diperbuatnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Di dalam riwayat yang lain, ”Allah akan mengharamkan neraka baginya”. Barangsiapa yang bersaksi bahwasannya tidak ada sesembahan yang benar melainkan Allah dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, maka keutamaan pertama kali yang akan didapatkan –dengan derajat paling rendah sebagaimana penjelasan yang akan datang adalah Allah Ta’ala akan memasukkannya ke dalam surga sebagai sebuah janji dari-Nya. Allah Ta’ala juga akan mengharamkan neraka baginya sebagai sebuah janji dari-Nya. Sedangkan janji Allah Ta’ala pasti benar dan jujur.

Dalam hadits dari ‘Itban bin Malik radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda ketika menjelaskan keutamaan dua kalimat syahadat,

”Barangsiapa yang mengatakan tidak ada sesembahan yang hak melainkan Allah, atau bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang hak melainkan Allah dan sesungguhnya aku (Muhammad) adalah utusan Allah, maka Allah akan mengharamkan neraka baginya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Di dalam teks yang lain, ”maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga betapa pun amal yang telah diperbuatnya”, seperti yang terdapat di dalam hadits Ubadah. Ini semua adalah keutamaan dan pengaruh dari tauhid yang agung.

👩🏻‍🌾🍃 DOA hari untuk  semua yg baca ini khususnya semua keluargaku tanpa kecuali…….Tersenyumlah  😊😊😊😊😊😊 untuk semua keluargaku, kawan-kawanku & sahabat-sahabatku…….

webinar umroh.com

🥀🍃 Berbuat baiklah hanya karena Allah semata dan ucapkanlah syukur pagi ini karena kita masih diberi nikmat-Nya.

🥀🍃 Kendalikan diri hari ini dari kesulitan dan kesedihan yang dihadapi, yakinlah bahwa Allah itu maha adil.

🥀🍃 Bagi kita orang beriman, adalah suatu kewajiban untuk berdo’a di pagi hari, karena kita yakin Ma’unah (uluran) pertolongan dan kemudahan di hari ini yang bersumber dari-Nya.

🥀🍃 Harapan kita hari ini adalah pastinya kita semua ingin menjalani hari ini bagaimanapun kondisinya, semoga Allah tetap menjaga kita semua.

🥀🍃 Allah tidak akan mencabut sesuatu darimu kecuali Dia menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik. Bersabarlah dan tetap ridha dengan segala ketetapan-Nya.

🥀🍃 Tak ada sesuatu yang membahagiakan jiwa dan mengusir kegundahan darinya melainkan rasa syukur pada hari ini akan nikmat dari-Nya.  kita bisa dibangunkan kembali dari tidur kita.

🥀🍃 Jika kau takut untuk menghadapi hari ini dan jika kau cemas dengan apa-apa yang akan terjadi hari ini, maka ucapkanlah dengan tulus kalimat ini: “Hasbunallah wa ni’mal wakil”(Dan, cukuplah Rabb-mu pemberi petunjuk dan penolong).