1
Kesehatan Motivasi

5 Kebiasaan yang Membuat Ototmu Awet Muda

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Otot manusia adalah bagian tubuh yang sangat penting. Tanpa otot yang sehat, kita tidak mampu beraktivitas dengan lancar. Bayangkan apa yang terjadi jika tiba-tiba otot tangan kita melemah. KIta jadi kesulitan mengerjakan tugas-tugas sehari-hari.

Dilansir dari Reader’s Digest, sebuah survey yang dipublikasikan oleh AARP-Abbott menunjukkan hasil yang mengejutkan mengenai otot. Ternyata sebagian orang yang berusia 50 tahun ke atas berharap agar mereka memiliki otot dan energi yang kuat. Seiring bertambahnya usia, kekuatan otot memang berkurang. Banyak orang-orang yang berusia 50 tahun ke atas mengeluhkan lemahnya otot yang mengakibatkan kesulitan dalam menjalani aktivitas.

Di antara orang-orang yang berusia 50 tahun, ada mereka yang masih tetap bugar dan bebas melakukan aktivitasnya sehari-hari. Mereka tidak tampak memiliki hambatan berarti untuk menjalankan tugas yang sama dengan yang dilakukan anak muda. Biasanya, mereka memiliki kebiasaan berbeda yang membantu otot mereka awet muda.

Di bawah ini adalah aktivitas rahasia yang bisa mempertahankan kekuatan ototmu.

  1. Rutin Berlatih

Latihan otot yang rutin sangat disarankan untuk menjaga kekuatan otot. Alih-alih latihan angkat beban berat yang dilakukan sebulan sekali, latihan angkat beban yang ringan namun dilakukan rutin memberikan dampak yang signifikan. Ditekankan oleh pakar diet Tiffany Dewitt, perbanyak latihan angkat beban ringan. Semakin sering, semakin baik.

Fokuskan latihan beban ringan di seluruh tubuh. Latihlah kekuatan lengan, dada, punggung, kaki, dan perut. Kamu bisa berlatih menggunakan botol aqua yang diisi penuh air. Gunakan sebagai dumbell yang membantumu angkat beban. Bebannya tidak terlalu berat. namunn jika rajin menggunakannya untuk berlatih, akan menjadi keuntungan bagi otot di masa tua kita.

  1. Perhatikan Asupan Protein

Setiap orang membutuhkan asupan protein untuk menjaga ototnya. Dalam sehari, orang yang berusia 50 tahun ke atas membutuhkan hingga 1,5 gram protein per jumlah berat badan dalam berat badan. Jadi jika beratnya 60 kg, maka ia membutuhkan protein sebanyak 90 gram.

Bagi mereka yang berusia di bawah 50 tahun, kebutuhan kalsium hanya berkisar 0,6 hingga 0,8 gram protein per kilogram. Jadi jika beratmu 60 kg, maka kamu membutuhkan protein sebanyak 36 gram.

webinar umroh.com
  1. Pastikan Protein Ada di Setiap Waktu Makan

Seimbangkan asupan protein sepanjang hari. KIta bisa membaginya dalam tiga kali waktu makan. Patokan yang bisa digunakan, 30 gram protein setara dengan tiga butir telur, atau daging seukuran smartphone-mu.

  1. Rutin Mengkonsumsi Delima

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa delima mampu membantu sel otot melindungi diri dari tidak berfungsinya mitokondria seiring dengan bertambahnya umur. Konsumsi delima sebagai kudapan sehat. Nantinya, otot tubuhmu akan berterima kasih padamu.

  1. Perbanyak Terkena Matahari Pagi

Matahari pagi membantu tubuh mengembangkan vitamin D. Bukan hanya berguna bagi tulang, vitamin D juga mampu membantu menguatkan otot. Perbanyak kegiatan luar ruangan di pagi hari. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan latihan angkat beban, atau berjalan-jalan di sekitar rumah. Berkebun di pagi hari juga bisa menjadi inspirasi kegiatan untuk memperkuat ototmu.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.