1
Kesehatan

Bila Tenggorokan Terasa Sakit, Lakukan 7 Langkah Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Musim hujan yang mulai tiba membawa banyak virus dan penyakit. Banyak orang di sekitar kita yang mulai sakit dan demam. Kita juga mulai merasakan tenggorokan yang mulai terasa tidak nyaman.

Saat kamu mulai merasakan tanda-tanda sakit tenggorokan, segera lakukan pencegahan agar tidak berkembang menjadi demam yang membuatmu tumbang. Lakukan 7 langkah ini agar kamu terhindar dari sakit yang menghambat aktivitasmu.

  1. Istirahat

Saat kamu mulai merasa tenggorokanmu serak dan tidak nyaman, segera sediakan waktu untuk beristirahat. Saat kamu lelah, antibodi dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Beristirahat memberi kesempatan bagi tubuh untuk melawan virus dan bakteri yang membuat tenggoRokanmu serak dan berlendir. Pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Dengan begitu, tubuhmu jadi lebih cepat memulihkan diri.

  1. Konsumsi Permen Pelega Tenggorokan

Permen pelega tenggorokan diciptakan khusus untuk membersihkan jalan nafasmu. Selain itu, permen ini juga bisa mencegah suara serak. Kamu yang butuh tampil prima di depan orang akan sangat terbantu karenanya.

  1. Minum Teh Hangat

Minuman yang hangat membantu melegakan tenggorokanmu yang mulai sakit. Tenggorokanmu jadi terasa lebih nyaman saat terkena air teh yang hangat. Kamu bisa mencampurkan teh dengan jahe untuk efek menyembuhkan. Jahe akan membantu melegakan jalan pernafasanmu.

  1. Minum Air Kunyit

Salah satu minuman hangat yang bisa kamu nikmati saat sakit tenggorokan adalah air kunyit. Campurkan satu sendok teh kunyit bubuk dengan secangkir air panas. Tambahkan air lemon dan madu. Kandungan anti inflamasi pada kunyit mampu mencegah radang yang membuatmu demam. Kandungan vitamin C dan madu juga menambah efek menyehatkan karena kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya.

  1. Kumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam bisa membantu mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Rasa panas yang tidak nyaman juga akan mereda dengan bantuan air garam ini. Pastikan air garam yang kamu gunakan untuk berkumur dalam suhu yang hangat, ya.

Air garam membantu mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir. Bakteri dan virus yang menyebabkan sakit di tenggorokan juga keluar saat kamu kumur dengan air garam.

webinar umroh.com

Air garam tidak hanya bisa kamu lakukan untuk berkumur saat tenggorokan terasa sakit. Ketika kamu mulai melihat orang-orang di sekeliling sakit tenggorokan, segera berkumur dengan air garam. Rajin berkumur dengan air garam membantumu terhindar dari sakit tenggorokan.

  1. Minum Air Cuka Apel

Cuka apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah menjaga kesehatan tubuh. Sifat asam dalam cuka apel akan menghambat pertumbuhan virus dan bakteri di tenggorokan. Jika kamu tidak menyukai rasanya, gunakan cuka apel untuk berkumur. Berkumurlah dengan cuka apel setiap empat jam saat tenggorokanmu mulai terasa sakit.

  1. Perbanyak Minum Air

Memenuhi asupan cairan dalam tubuh adalah kunci agar sakit di tenggorokan segera mereda. Dengan menjaga asupan cairan, tenggorokan akan terbantu dalam menghasilkan lendir di tenggorokan. Lendir yang dihasilkan sebenarnya berfungsi untuk melembabkan tenggorokan, sekaligus bekerja melawan bakteri. Pastikan kamu minum banyak air putih saat tenggorokanmu mulai sakit, ya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.