1
Kecantikan

Serbaguna! Ini 6 Ramuan Kunyit untuk Perawatan Kecantikan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Siapa sangka di dapurmu ada bahan yang serbaguna untuk perawatan kecantikan. Buat kamu penggemar perawatan natural, kamu bisa menggunakan kunyit untuk merawat kecantikan kulit wajah.

Kunyit memiliki kandungan anti jamur, antiseptic, anti bakteri. Karena itu, bahan ini sangat baik digunakan sebagai anti inflamasi alami. Sebagai bahan yang alami, kunyit sangat ideal digunakan untuk merawat kulit. Kunyit bisa digunakan untuk melawan jerawat, serta mencerahkan wajah.

Yuk, coba 6 perawatan kecantikan dengan kunyit yang dilansir The Indian Post di bawah ini.

  1. Untuk Mengatasi Kulit Wajah Tidak Merata dan Bintik Hitam

Kunyit bisa digunakan untuk mencerahkan kulit warna kulit yang tidak merata. Campurkan bubuk kunyit dengan air lemon, dan madu dengan perbandingan 1:1:1. Campurka. Hingga merata, lalu gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Setelah itu, oleskan pelembab di wajahmu.

  1. Mengatasi Ketombe

Kunyit sudah digunakan sebagai perawatan kecantikan di India sejak jaman dahulu. Salah satu fungsinya adalah merawat infeksi jamur penyebab ketombe. Untuk mengatasi ketombe, campurkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit dan 2 sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan di kulit kepala, lalu bilas smpai bersih denhan shampo.

  1. Mengatasi Jerawat

Kandungan anti bakteri dan antiseptik pada kunyit sudah dikenal sejak berabad lalu. Karena itu, kunyit juga bisa digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Gunakan satu sendok makan madu yang sudah dicampur sejumput bubuk kunyit sebagai pembersih wajah. Pijatkan ke permukaan kulit yang berjerawat, lalu bilas. Jika rutin dilakukan, kamu akan memiliki kulit wajah yang sehat dan lembut.

  1. Mengobati Luka Bekas Jerawat

Jika jerawatmu meninggalkan luka, atasi dengan kunyit. Campurkan bubuk kunyit dengan tepung beras. Tambahkan madu mentah secukupnya lalu aduk hingga memiliki tekstur seperti pasta. Oleskan di permukaan kulit yang terluka karena jerawat. Biarkan hingga kering, lalu bilas hingga bersih dengan menggunakan air dingin.

  1. Mencerahkan Warna Bibir

Bibir yang kusam memang mengganggu penampilan. Wajah kita jadi kurang cerah dan tidak segar. Jika bibirmu tampak kusam, kamu bisa menggunakan kunyit untuk mencerahkannya. Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok teh madu mentah. Tambahkan ¼ gula pasir dalam campuran tersebut. Aduk hingga rata, lalu gunakan untuk melakukan scrub pada bibir. Setelah menggosokkannya dengan rata di bibir, diamkan selama 10-15 menit. BIlas hingga bersih, lalu oleskan lip balm untuk melembabkan bibir.

webinar umroh.com
  1. Menghilangkan Komedo

Komedo adalah bintik-bintik di wajah, yang kadang berwarna hitam atau putih. Walaupun kecil, jumlahnya yang banyak membuat komedo sangat mengganggu penampilan. Hilangkan komedo di wajah dengan menggunakan kunyit. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh kunyit bubuk dengan satu sendok teh yoghurt alami dan sejumput kayu manis. Aduk sampai rata, lalu gunakan campuran tersebut sebagai masker di daerah wajah yang banyak komedo. Diamkan sampai kering, lalu bilas dengan air bersih.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.