1
Kesehatan

Mengatasi Asam Urat Dengan Herbal?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Penyakit asam urat merupakan sebuah penyakit yang tidak boleh di pandang sebelah mata, penyakit asam urat jika tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat dapat menyebabkan kelumpuhan.

Untuk mengatasi penyakit asam urat dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan kimia atau dengan alternatif lain yaitu dengan menggunakan obat asam urat herbal. Obat asam urat herbal merupakan obat yang terbuat dari tanaman-tanaman tradisional. Obat asam urat herbal tersebut dipercaya dapat menyembuhkan penyakit asam urat tanpa adanya efek samping yang merugikan. Untuk pembuatan obat asam urat herbal dapat dilakukan sendiri. Berikut beberapa resep untuk membuat obat asam urat herbal:

Obat Asam Urat Herbal Menggunakan Sidaguri (Sida Rhombifolia)

Sidaguri merupakan sebuah tanaman yang memiliki kandungan kimia seperti alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino, minyak atsiri, zat phlegmatic untuk ekspektoran, dan lubrikan. Akarnya mengandung alkaloid, steroid dan aphredine. Sidaguri dapat digunakan sebagai antiradang, peluruh kencing dan penghilang rasa sakit. Bagian tanaman yang digunakan adalah akarnya.

Cara Pembuatan Obat Asam Urat Herbal Menggunakan Sidaguri

Untuk membuat obat asam urat herbal menggunakan sidaguri pertam yaitu rebus 15-30 gram herba kering atau 30–60 gram herba basah sidaguri dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Dan untuk pemkaiannya minum 3 kali sehari masing-masing ½ gelas. Jika menggunakan akar, dosisnya 10– 15 gram.

Obat Asam Urat Herbal Menggunakan Sambiloto (Adrographis Panniculata).

Sambiloto mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium. Sambiloto dapat digunakan sebagai obat antiradang, penghilang nyeri atau analgetik, dan juga penawar racun. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh tanaman.

webinar umroh.com

Cara Pembuatan Obat Asam Urat Herbal Menggunakan Sambiloto

Untuk membuat obat asam urat herbal menggunakan sambiloto yaitu pertama cuci bersih dan rebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10 gram, komfrey 5 – 10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Untuk pemakaiannya diminum 3 kali satu gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

Obat Asam Urat Herbal Menggunakan Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus).

Kumis kucing telah dikenal sebagai diuretik yang berkhasiat sebagai penghancur batu saluran kencing. Tanaman ini mengandung garam kalium yang berkhasiat melarutkan batu ginjal, karenanya banyak digunakan sebagai obat penghancur batu. Kandungan sinsetin-nya bersifat sebagai antibakteri, dan tanaman ini juga mengandung senyawa orthosiphonin glikosida. Sifat diuretik tanaman ini berguna untuk membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat urin.

Cara Pembuatan Obat Asam Urat Herbal Menggunakan Kumis Kucing

Untuk membuat obat asam urat herbal dengan kumis kucing yaitu pertama cuci bersih 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga kering. Kemudian memarkan jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya. Untuk pemakaiannya minum pagi, siang dan sore hari, masing-masing ¾ gelas (150 ml) atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.

Obat asam urat herbal diatas dapat Anda coba untuk mengatasi penyakit asam urat yang di derita. Namun sangatlah penting bagi Anda yang sedang melakukan pengobatan untuk memperhatikan juga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh