1
News Tips Travel

10 Pasar Terbaik di Indonesia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pasar Indonesia lebih dari sekadar tempat di mana barang-barang paling otentik berpindah tangan. Negara Indonesia yang luas dan dinamis cenderung menawarkan dua sisi dari segalanya: tradisional dan modern, murah dan mahal, asli dan inovatif. Jika Anda ingin berbelanja tradisional dan terjangkau, berjalan-jalan di pasar lokal terbaik bisa menjadi pengalaman yang Anda sukai. Dari kios seni di Bali hingga belanja bahan makanan di pasar terapung Kalimantan.

 

Pasar Seni Sukawati
Sebagai surga wisata global, Bali tidak kekurangan toko modern dan pusat perbelanjaan. Tetapi bagi mereka yang mencari produk buatan lokal, Pasar Seni Sukawati adalah tempatnya. Pasar adalah tumpukan indah tas buatan tangan, patung tradisional, kain sutra, lukisan, dan banyak lagi. Anda mungkin menemukan kerajinan serupa di seluruh pulau, tetapi pasar ini memiliki harga yang relatif lebih murah dan kualitas kadang-kadang lebih baik daripada vendor di Kuta atau Seminyak. Sebaliknya, pasar ini secara strategis terletak di jalan utama dekat Ubud, lebih dekat ke ibukota seni dan budaya Bali sendiri.

 

Pasar Beringharjo
Terletak di jantung kota Yogyakarta, pasar tradisional ini hampir setua kota ini. Sebagai pusat perdagangan sejak 1758, pasar ini sekarang menjadi landmark bersejarah, ikon pariwisata, dan tujuan populer berbelanja batik. Kain tradisional ada di mana-mana di pasar dalam berbagai pola dan bentuk yang dijual oleh ratusan pedagang. Selain itu, penduduk setempat dan turis juga pergi ke pasar ini untuk berburu barang-barang antik, dari mata uang lama hingga mesin tik dan kaset. Sebagian besar harga bisa dinegosiasikan, dan mungkin membantu jika Anda mengambil risiko dan mencoba beberapa frase Jawa seperti “Niki pinten?” (Berapa harganya?) Atau Saged kirang? (bisakah saya membelinya dengan harga lebih murah?). Meskipun Anda tidak mencari potongan harga, cobalah mengatakannya – itu menyenangkan, dan menunjukkan rasa hormat.

 

Pasar Terapung Lok Baintan
Di Kalimantan (Borneo), sebuah tanah yang masih asli dengan fitur alami yang dilindungi, datang secara alami bagi penduduk setempat untuk menggunakan sungai sebagai pusat perdagangan. Ini membuat pemandangan yang sangat indah karena penjual memuat barang-barang mereka ke kapal tradisional, menabrak dan berdengung melawan puluhan kapal lain saat mereka berjalan ke tempat tertentu. Di sini, Anda dapat menemukan barang-barang tradisional, bahan makanan, aksesori, dan suvenir yang dijual di berbagai kapal. Suasana dan pemandangan, dengan harga terjangkau, membuat pasar terapung ini sangat populer di kalangan wisatawan.

 

webinar umroh.com

Pasar Triwindu
Meskipun didirikan kembali pada tahun 1939 dan menjual barang-barang antik yang jauh lebih tua, pasar tradisional di Solo ini ternyata dikelola dengan baik. Ini memiliki situs web yang merinci vendor dan produk dalam bahasa Inggris, membuatnya lebih mudah bagi wisatawan asing untuk menavigasi jalan mereka melalui pasar. Tapi itu bukan satu-satunya hal yang membuat pasar ini begitu disukai sejak awal. Pasar Triwindu memiliki banyak barang-barang antik, dari dekorasi rumah hingga suku cadang sepeda motor tua, serta barang-barang warisan seperti belati keris tradisional Jawa, perangko batik, dan mata uang lama.

 

Pasar Gede Solo
Karena nilai historis dan budayanya, pasar ini di Solo, Jawa Tengah, dilestarikan sebagai warisan budaya. Ini mencerminkan kombinasi unik dari arsitektur Eropa, perhiasan Jawa, dan lingkungan Cina, karena dibangun pada era kolonial di tanah Jawa dan terletak di daerah Chinatown Solo. Singkatnya, ini adalah produk perpaduan budaya yang indah dan tempat yang produktif untuk berbelanja. Pasar ini juga dikenal sebagai pusat kuliner, di mana penduduk setempat dan wisatawan datang untuk mencari makanan tradisional dan bahan makanan berkualitas tinggi.

 

Pasar Baru
Berbeda dengan namanya (yang berarti pasar baru), Pasar Baru adalah salah satu pasar tertua di ibukota Jakarta, didirikan pada 1800-an. Meski begitu, pasar ini masih hidup seperti seabad yang lalu. Setiap hari, orang datang untuk membeli tekstil, pakaian, aksesoris, barang antik, atau elektronik. Banyak pemilik toko adalah orang Indonesia keturunan India, memberikan tempat itu karakteristik budaya tertentu yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di negara ini. Kompleks pasar terdiri dari jalan-jalan pejalan kaki yang berjajar dengan toko-toko, menjadikan tempat ini lapang dan luas, nyaman untuk berbelanja kapan saja.

 

Pasar Cibaduyut
Pasar jalanan ini mengambil hampir seluruh lingkungan Cibaduyut, Bandung. Terkenal karena hasratnya akan sepatu dan barang-barang kulit, para vendor memberikan kualitas yang baik dan harga murah – sebuah kombo yang tidak ingin dilewatkan oleh siapapun. Tetapi hal terbaik tentang pasar jalanan ini adalah keahlian yang sempurna. Sebagian besar produk dibuat dengan detail yang cermat, dan Anda dapat meminta pembuat sepatu secara langsung untuk membuat sesuatu yang spesial untuk Anda dan akhirnya gagasan ‘sepatu impian Anda terwujud.

 

Pasar Klewer
Solo adalah salah satu pusat batik dan peradaban Jawa yang paling berharga di Indonesia pada umumnya. Pasar Klewer, kemudian, mewakili irama budaya terbaik kota, menjual segala sesuatu mulai dari batik asli hingga makanan tradisional. Sebagai salah satu pasar batik terbesar di negara ini, Pasar Klewer mengumpulkan berbagai pola dan gaya dari berbagai daerah di seluruh pulau. Selain batik, banyak kerajinan yang dijual di pasar ini adalah kelas ekspor, yang dicari oleh para kolektor di seluruh dunia. Akhiri belanja Anda dengan semangkuk makanan penutup tradisional seperti es dawet atau sepiring pecel yang sedap. Selama bertahun-tahun, pasar ini telah menjadi ikon kota dan tujuan wisata juga.

 

Pasar Tanah Abang
Pasar tradisional yang luas di Jakarta ini terkenal karena aktivitas perdagangannya yang ramai dan keramaian yang meluap. Wisatawan dan pengecer memenuhi pasar ini untuk berbagai produk pakaian yang dijual dengan harga terjangkau dan dapat dinegosiasikan, terutama ketika dibeli secara grosir. Banyak produk yang dijual di seluruh kota atau bahkan online bersumber dari pasar ini. Tanah Abang juga merupakan salah satu pasar tertua dan terbesar di kota, bertahan beberapa dekade modernisasi.

 

Pasar Santa
Pasar Santa, juga dikenal sebagai Pasar Modern Santa, dulunya merupakan pasar tua dan kumuh di Jakarta yang menjual bahan makanan dan barang-barang rumah tangga sehari-hari. Sementara barang-barang seperti itu masih dapat ditemukan di pasar ini, Pasar Santa telah menunjukkan wajah yang lebih muda dan lebih modern, dengan bangunan baru, interior yang disempurnakan, dan vendor baru. Bahkan ada kafe, toko buku indie, dan penjual makanan modern di ruang baru ini.