1
Kuliner

Nikmatnya Musakhan, Hidangan Khas Palestina di Bulan Oktober

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Musakhan sering disebut sebagai makanan khas dari Palestina. Hidangan ini berupa ayam panggang yang disajikan di atas roti bundar yang tipis (roti taboon), disertai dengan taburan kacang pinus yang gurih. Hidangan yang juga dikenal dengan nama Muhammar ini juga populer di Libanon dan Jordania, terutama pada warga Palestina yang tinggal di sana.

Banyak Disajikan pada Bulan Oktober

Banyak warga Palestina yang membuat Musakhan di bulan Oktober. Bulan Oktober adalah bulan di mana zaitun banyak dipanen dan langsung diproses untuk menghasilkan minyak. Membuat Musakhan di bulan Oktober berarti menggunakan minyak zaitun yang masih segar.

Musakhan selalu ada di menu makan siang warga Palestina di bulan Oktober. Makan siang adalah waktu makan dengan porsi hidangan yang paling besar. Sampai saat ini, tradisi membuat Musakhan di bulan Oktober juga masih banyak dilakukan di Palestina.

Sederhana nan Memuaskan

Walaupun hanya menggunakan bahan yang sederhana, Musakhan memiliki cita rasa yang memuaskan. Aroma dari bawang bombay yang sudah terkaramelisasi, rasa gurih yang lembut dari minyak zaitun, rempah-rempah yang khas, serta rasa sedap dari sumac membuat Musakhan memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

Menggunakan Sumac untuk Menambah Cita Rasa

Cita rasa khas dari Musakhan diperoleh dari Sumac. Sumac adalah nama bumbu yang sering digunakan sebagai penyedap makanan di Timur Tengah. Jika di Asia Timur banyak digunakan MSG untuk menambah cita rasa pada makanan, maka Timur Tengah memiliki Sumac. Sumac merupakan biji tumbuhan berry yang kemudian dikeringkan dan dihaluskan. Biasanya, Sumac berwarna merah tua hingga keunguan. Sumac merupakan rempah-rempah yang memiliki rasa khas yang asam.

Sumac banyak digunakan di berbagai macam hidangan, seperti saus, salad, nasi, kebab, sup, roti, dan sebagainya. Selain digunakan di Timur Tengah, Sumac juga banyak digunakan di Italia. Bahkan penggunaan Sumac sudah dilakukan sebelum orang Italia mengenal jeruk lemon. Sumac sering dipakai untuk menambah rasa asam pada makanan. Di daerah Iran atau Turki, Sumac sering ditaburkan pada kebab dan pilaf. Di Afrika Utara dan India, Sumac menjadi salah satu rempah yang digunakan dalam banyak masakan.

Comfort Food ala Palestina

Hidangan sederhana ini merupakan salah satu comfort food dari Timur Tengah. Warga Palestina biasa menikmati Musakhan dengan menggunakan tangan. Musakhan juga biasa disajikan bersama sup. Kata Musakhan sendiri memiliki arti makanan yang dipanaskan.

Langkah awal membuat Musakhan dimulai dengan menumis bawang bombay hingga berwarna kecoklatan. Pastikan api tidak terlalu besar agar bawang bombay tidak cepat gosong. Setelah bawang bombay tampak terkaramelisasi dan berwarna kecoklatan. Taburkan sumac, aduk bersama bawang bombay hingga rata, lalu angkat dan pisahkan.

webinar umroh.com

Balurkan minyak zaitun pada ayam, lalu bumbui ayam dengan garam dan merica hitam. Setelah itu, masak ayam di pan yang sudah diberi minyak. Pastikan kedua sisi berwarna kecoklatan. Proses ini memberikan warna yang menarik pada ayam, sekaligus memberikan kesempatan agar garam bisa meresap dan memberikan rasa pada daging ayam.

Pindahkan ayam yang sudah berwarna kecoklatan ke dalam panci atau pan yang dalam. Masukkan juga bawang putih yang sudah diparut, ketumbar, cengkeh, daun salam, dan satu cangkir air. Hidupkan api, dan masak dengan api kecil selama 20 menit. Tambahkan bawang bombay yang sudah terkaramelisasi sebanyak satu sendok makan saja. Aduk, lalu masak hingga ayam matang menyeluruh.

Setelah ayam matang, campurkan ayam dengan minyak zaitun, aduk rata, lalu sisihkan. Proses ini akan membuat ayam memiliki warna kecoklatan yang bagus saat dipanggang. Tambahkan garam dan merica bila perlu. Ambil sisa bawang bombay yang sudah terkaramelisasi, lalu aduk-aduk dalam kaldu ayam. Masak kaldu hingga sedikit mengental, karena akan digunakan sebagai saus di atas roti tipis.

Oleskan saus bawang bombay dan sumac pada roti tipis, lalu letakkan ayam di atasnya. Kita bisa menambahkan lagi saus lebih banyak jika suka. Panggang hingga ayam berwarna kecoklatan. Sajikan bersama potongan kacang dan sumac jika kamu suka.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.