1
Kuliner

Manis Gurih Atayef, Dessert Favorit dari Timur Tengah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Atayef adalah hidangan manis khas Timur Tengah. Makanan yang cocok dihidangkan sebagai dessert ini merupakan pancake yang diisi dengan krim keju ricotta. Biasanya, Atayef dihidangkan dengan taburan kacang pistachio yang dihaluskan, dan disiram sirup air mawar.

Dessert Favorit di Timur Tengah

Rasanya yang manis dan sederhana membuat Atayef menjadi favorit warga Timur Tengah. Hidangan ini banyak disajikan saat jamuan keluarga, atau pesta besar. Atayef juga sering dihidangkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Di saat Ramadhan, banyak toko kue di Timur Tengah yang membuat dan menjual Atayef. Atayef banyak dijual di kedai-kedai di Yordania, Palestina, Suriah, Maroko, dan Mesir.

Pancake yang Tipis dan Lembut

Adonan pancake Atayef dibuat dari terigu, semolina, ragi, susu, baking powder, garam, gula, serta ekstrak vanilli atau sirup air mawar. Adonan pancake Atayef biasanya lebih cair, sehingga bisa membentuk lembaran-lembaran pancake yang tipis. Adonan yang tipis akan memudahkan Atayef dibentuk dan diisi.

Adonan dasar pancake Atayef dimasak dalam pan anti lengket. Sama seperti pancake pada umumnya, adonan Atayef dimasak tanpa dibalik. Kuncinya adalah dengan menggunakan api yang kecil, agar permukaan yang di bawah tidak gosong sebelum matang seluruhnya. Setelah dimasak selama kurang lebih lima menit, akan tampak pancake yang garing kecoklatan di satu sisi, dan lembut di sisi yang lain.

Dimasak Tanpa Dibalik

Jika Atayef telah matang sempurna, ada sisi yang berwarna kecoklatan, sementara sisi yang lain ada lubang-lubang di permukaannya. Cara untuk mengetahui Atayef benar-benar matang adalah dengan memperhatikan permukaannya. Jika tidak ada area yang berkilau karena adonan yang belum mengering, maka Atayef bisa diangkat.

webinar umroh.com

Didiamkan Sejenak Setelah Dimasak

Atayef yang telah diistirahatkan akan lebih lentur sehingga memudahkan saat diisi krim keju. Jika diisi dalam keadaan panas, biasanya pancake akan lebih mudah robek. Biasanya, pembuat Atayef akan mendiamkan pancake yang sudah matang terlebih dahulu. Kita bisa melihat hamparan pancake yang tipis sedang diistirahatkan di gerai-gerai penjual Atayef.

Diisi Krim Keju Ricotta dan Kacang Pistachio

Untuk membuat isiannya, kita bisa mencampurkan krim dengan keju ricotta. Aduk hingga rata agar rasanya seimbang. Bagi yang suka citarasa isian yang manis, biasanya akan menambahkan sedikit sirup air mawar ke dalam adonan.

Krim isian tersebut akan dimasukkan ke dalam pancake yang telah dilipat. Pinggiran pancake yang bertemu harus sedikit ditekan agar tetap menempel saat disajikan. Bentuk hingga 3/4 bagian menempel, sehingga membentuk corong yang menampakkan isi krim keju. Di bagian krim keju yang menyembul, biasanya akan diberi taburan kacang pistachio yang dihaluskan. Ada juga yang menutup keseluruhan pancake sehingga Atayef berbentuk setengah lingkaran yang tertutup sempurna. Di atas piring saji, baru kemudian diberi taburan kacang pistachio dan sirup air mawar. Bisa membayangkan rasanya yang manis dan gurih, bukan?

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.