1
Kuliner

Yuk, Bikin Mutabak Joz. Dessert Manis Khas Palestina

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Jika mendengar nama “Mutabak”, mungkin yang terlintas di benak adalah hidangan pancake berkulit tipis yang berisi telur dan daging. Atau hidangan Timur Tengah yang mirip dengan martabak telur di Indonesia. Akan tetapi, Mutabak Joz berbeda. Mutabak Joz adalah hidangan bercita rasa manis yang berasal dari Timur Tengah.

Hidangan Penutup yang Manis

Mutabak Joz adalah hidangan penutup yang manis dari Pelestina. Kue ini sangat populer di Hebron, salah satu kota di Palestina. Mutabak Joz berbentuk gulungan adonan yang berisi kacang walnut dan kayu manis. Adonan tersebut digoreng dengan teknik deep fried hingga bagian luarnya berwarna kecoklatan.

Tekstur kue ini garing di luar dan lembut di dalamnya. Kita bisa merasakan lapisan-lapisan tipis adonan dengan isian kacang dan kayu manis di dalamnya. Biasanya, Mutabbak disajikan dengan siraman sirup gula. Hmmm.

Yuk, Buat di Rumah

Mutabak Joz biasa dihidangkan di cara-acara keluarga. Jika kamu ingin menghidangkannya untuk tamu di rumah, kamu juga bisa membuatnya, lho. Bahan-bahan untuk membuat Mutabak Joz relatif mudah ditemukan di Indonesia.

Untuk membuat hidangan penutup khas Timur Tengah ini, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :

– 1 kg tepung terigu

– 1 cangkir minyak zaitun

– Sejumput garam

webinar umroh.com

– 55 gr mentega yang dilelehkan

– 1/2 cangkir gula

– 2,5 cangkir air hangat-hangat kuku.

Untuk isiannya, bahan yang dibutuhkan yaitu :

– 1 kg walnut yang sudah dihancurkan dan dipanggang hingga berwarna kecoklatan)

– 2 sdt kayu manis bubuk

– 1/2 sdt pala bubuk

– Sejumput All Spice

Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat sirup gula adalah :

– 2 cangkir gula

– 1,25 cangkir air

– Air lemon

– Air jeruk

Diawali dengan Membuat Adonan

Langkah pertama untuk membuat Mutabak Joz dimulai dengan mencapur seluruh bahan untuk membuat adonan. Campurkan semuanya, sambil diberi tambahan air sedikit demi sedikit. Aduk dan uleni hingga tidak lengket di tangan. Setelah adonan tidak lengket, lumuri permukaan adonan dengan minyak zaitun, lalu sisihkan dan istirahatkan selama 1,5 jam.

Setelah didiamkan, potong-potong adonan menjadi bola-bola kecil, lalu sisihkan di mangkuk atau baskom yang sudah dilumuri dengan minyak zaitun.

Bentuk Adonan Hingga Tipis

Siapkan permukaan yang sudah dilumuri dengan minyak untuk melebarkan adonan. Gilas adonan hingga tipis dan berbentuk segi empat. Gunakan tepung maizena agar adonan tidak lengket. Setelah adonan tipis, oleskan permukaannya dengan minyak zaitun.

Gulung Adonan yang Telah Diberi Isian

Isi adonan yang telah pipih dengan bahan untuk isian yang sudah dicampur rata. Taburkan isian berbentuk garis lurus dari satu sisi ke sisi lainnya. Gulung adonan hingga seluruh isian tertutup adonan.

Gulung ke Dalam

Gulungan adonan yang panjang itu kemudian harus digulung ke dalam, hingga bentuknya mirip obat nyamuk. Ulangi mengisi dan menggulung adonan untuk seluruh potongan adonan yang lain.

Dipanggang atau Digoreng, Sama Enaknya

Untuk mematangkan Mutabak Joz, kita bisa memanggangnya atau menggorengnya dalam minyak panas. Setelah matang dan permukaannya berwarna cokelat keemasan, siram Mutabak Joz dengan sirup gula yang hangat. Semakin banyak gula, maka rasanya semakin enak. Tekstur Mutabak Joz juga biasanya crispy karena lapisan-lapisan tipis yang terbentuk di tiap gulungan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.