1
Kesehatan Kuliner

6 Manfaat Kentang Mentah Untuk Kesehatan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat kesukaan banyak orang. Kentang bisa dinikmati dengan cara ditumbuk, digoreng, atau dikukus. Hidangan seperti kentang goreng, mashed potato, atau kentang panggang menjadi hidangan olahan kentang favorit.

Selain setelah dimasak, kentang juga banyak memiliki manfaat saat masih mentah. Kentang mentah memiliki banyak manfaat untuk perawatan kesehatan. Bagaimana caranya? Yuk, simak tips memanfaatkan kentang mentah di bawah ini.

Menyehatkan Pencernaan

Apakah kamu memiliki masalah di lambung? Tukak lambung, penyakit asam lambung, dan permasalahan pencernaan lain bisa diatasi dengan jus kentang. Kandungan vitamin di kentang yang mentah bisa meningkatkan kesehatan perutmu.

Untuk membuat jus kentang, parut kentang yang mentah hingga halus. Gunakan kain linen untuk memeras sari-sari kentang. Jus kentang siap diminum.

Menurunkan Kolestrol

Kolestrol yang bertumpuk sering menjadi masalah bagi kesehatan jantung dan organ vital lainnya. Kita juga bisa menggunakan jus kentang untuk mengatasi kadar kolestrol yang meningkat.

Jus kentang mentah kaya antioksidan. Rajinlah minum jus kentang agar level kolesterol mu terjaga kalau kamu ingin membuat rasanya jadi lebih enak kamu bisa mencampurkannya dengan jus buah lainnya

Menyembuhkan Arthritis

Inflamasi pada otot ini memang biasanya disebabkan oleh keturunan. Karena itu, bukan hanya orang-orang tua saja yang bisa mengalaminya. Bahkan mereka yang masih muda bisa mengalami arthritis.

Jika kamu sering merasa sakit di otot, biasakan minum dua sendok jus kentang sebelum makan, untuk mengurangi rasa sakit dari gejala arthritis. Jus kentang juga mengandung kandungan anti inflammatory yang bisa membantu mengurangi rasa sakit.

webinar umroh.com

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah merebus kulit kentang yang telah dibersihkan selama 3 hingga 5 menit, lalu saring. Kemudian minum cairan air kulit kentang itu. Minumlah setiap hari agar rasa sakit di ototmu mereda.

Meredakan Masalah Kulit

Kentang yang mentah juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Caranya adalah dengan memarut kentang mentah hingga halus. Oleskan parutan kentang tersebut di kulitmu. Boleh di kulit badan, atau kulit wajah. Masker kulit kentang ini bisa membantu meningkatkan kelembaban pada kulitmu, sekaligus memberikan nutrisi penting agar menjaganya tetap sehat. Jika kamu rutin melakukannya, maka kamu akan memiliki kulit yang tampak lembut dan kenyal.

Mengatasi Mata Lelah

Mata adalah jendela jiwa. Karena itu, jika matamu tampak lelah, kamu juga akan kehilangan pancaran kecantikan. Atasi mata lelahmu dengan kentang mentah. Iris kentang tipis-tipis, lalu tempelkan di mata selama beberapa menit, atau sampai matamu terasa lebih segar. Cairan dalam kentang mentah bisa membantu mengurangi bengkak di mata. Kandungan vitaminnya juga bisa membantu memulihkan jaringan yang ada di sekitar matamu.

Mengatasi Masalah Liver

Liver memiliki peran penting dalam tubuh. Organ ini menjaga tubuh dari racun-racun. Ketika liver tidak bekerja dengan baik, maka sistem dalam tubuh juga akan terganggu. Jika kamu memiliki masalah pada kesehatan liver, rebus kulit kentang yang bersih dengan segelas air, lalu minum cairan rebusan itu saat sudah dingin. Kandungan magnesium dan potasium dalam kulit kentang bisa membantu menguatkan liver.

 

Selamat mencoba!

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.