1
Motivasi Muslim Lifestyle

Ini Dia, 7 Manfaat Memiliki Teman yang Baik

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Manusia adalah makhluk sosial. Kita tidak bisa hidup sendiri. Selain menjalin hubungan dengan keluarga, kita juga akan bersosialisasi dengan teman. Teman-teman bisa kita dapat dari berbagai situasi kehidupan, misalnya teman sekolah, teman main di kompleks, teman di tempat kerja, teman di komunitas, dan sebagainya. Kehadiran teman membuat kita tidak kesepian dan mendapatkan efek positif lainnya. Di bawah ini adalah manfaat positif jika kita berhasil menemukan teman yang baik.

Teman Bisa Membuat Kita Termotivasi

Seorang teman yang baik bisa memberikan dukungan yang kita butuhkan. Ada beberapa studi ilmiah yang memaparkan, bahwa teman bisa mempengaruhi kehidupan kita. Pengaruh teman bisa tampak pada nilai yang kita dapat di sekolah atau kuliah, penghasilan yang kita dapat, atau promosi jabatan. Kehadiran teman bisa memotivasi kita untuk melangkah lebih jauh, dan membuat usaha yang lebih dalam mencapai tujuan kita.

Teman Bisa Mendorong Kita untuk Menghadapi Tantangan

Salah satu manfaat saat kita berteman adalah mereka bisa dengan jujur menjelaskan kelemahan dan kelebihan kita, dibanding orang lain. Teman yang baik akan membimbing kita untuk menerima kekurangan dan kelebihan tersebut. Mereka juga akan mendorong kita untuk meningkatkan diri dengan mencari cara untuk memperbaikinya.

Memberi Kita Keberanian

Saat kita merasa takut dan rendah diri, teman yang sejati justru bisa menjadi satu-satunya orang yang percaya pada kemampuan kita. Mereka mendorong kita menjadi orang yang lebih baik di seluruh aspek kehidupan kita. Dengan kehadiran teman, mereka bisa membantu kita tetap ada di jalur yang telah kita impikan. Mereka akan mendukung tanpa menghakimi kita.

Teman Bisa Menjadi Pendengar yang Baik

Seringnya kita lebih terbuka kepada teman dibanding kepada keluarga dekat.  Teman yang baik akan mendengarkan seluruh keluh kesah yang kita ceritakan. Dengan begitu, kita jadi menemukan seseorang untuk berbagi. Dengan hati-hati, ia akan memberikan masukan jika diminta. Mencurahkan perasaan kepada teman yang kita percaya bisa membantu menjernihkan pikiran dan menjauhkan diri dari pikiran negatif.

Teman Membuat Kita Lebih Mudah Menjalani Titik Terendah

Setiap manusia pasti pernah mengalami titik terendah dalam kehidupan. Saat kita ada di titik terendah, kehadiran teman sejati bisa membuat kita merasa lebih kuat. Dengan begitu, kita bisa menjalani tahap tersebut dengan baik. Kehadiran mereka tidak selalu membantu kita dalam menghadapi masalah. Akan tetapi, ketulusan hati mereka dalam menjadi teman berbagi membuat kita lebih kuat.

Teman Bisa Menyenangkan Hati

Sebuah studi, yang dilakukan oleh Harvard Medical School, mengungkapkan bahwa semakin banyak teman yang kita miliki, maka semakin menyenangkan kehidupan kita. Teman yang baik selalu memberikan energi yang positif kepada kita. Karena itu, kehadiran mereka bisa membuat kita lebih bahagia.

webinar umroh.com

Teman Yang Baik Mengingatkan Kita Kepada Allah

Seorang teman yang baik adalah mereka yang selalu ingat kepada Allah dan mengingatkan kita kepada Allah. Biasanya, mereka akan mendoakan kita dalam shalatnya, karena mereka ingin agar kita memiliki kehidupan yang baik. Ketulusan mereka bisa dilihat dari kesediaan mereka mengingatkan kita agar tetap di jalan Allah. Mereka akan menjadi teman yang baik di dunia sekaligus di akhirat.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.