1
Kuliner Muslim Lifestyle

Ingin Tahu Apakah Produk Itu Halal? Simak Beberapa Fakta Menarik Berikut

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Seberapa aware sih kita terhadap produk halal? Sebagai umat muslim, kehalalan suatu produk adalah hal yang sangat penting bahkan wajib. Tidak hanya pada makanan saja, namun kehalalan dalam suatu produk lain juga menjadi hal yang harus banyak diperhatikan umat muslim. Yuk simak beberapa fakta menarik seputar halal produk yang perlu kamu ketahui! Berikut ini 5 fakta menarik seputar halal produk yang perlu Kamu ketahui!

Bahan-bahan yang Halal

Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits, hal-hal yang diharamkan adalah bangkai, darah, babi, binatang yang disembelih atas nama selain Allah SWT, minuman beralkohol/khamr, binatang yang bertaring dan berkuku tajam kecuali binatang yang berasal dari laut. Jika melihat zaman sekarang, tentu hal-hal yang disebutkan di atas tadi jadi sedikit lebih banyak dan bahkan lebih rumit. Seperti bagaimana seekor babi, dari mulai kepala hingga ujung kaki bahkan kuku bisa diolah menjadi makanan, pangan dan kosmetik. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memperhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam suatu produk, atau sekedar mencari label halal dalam produk tersebut.

Jenis Alkohol dalam Kosmetik

Mungkin kita sering bertanya-tanya, “Pemakaian alkohol dalam kosmetik itu sebenarnya boleh atau engga sih?” Karena kita sudah tahu jelas bahwa minuman beralkohol/khamr sesungguhnya termasuk dalam hal-hal yang diharamkan. Ternyata boleh, selama jenis alkohol yang dipakai adalah alkohol sintetik kimia. Karena ada beragam jenis alkohol, dan alkohol jenis ini (alkohol sintentik kimia) biasa dipakai di kedokteran dan produk kosmetik.

Seputar Make Up Waterproof

Khusus untuk kaum perempuan, pasti sering menggunakan make up dengan jenis waterproof agar lebih tahan lama. Nah, lalu bagaimana bila dipakai berwudhu? Apakah hukumnya sah? Fakta menarik seputar halal produk berikut ini jadi kabar baik bagi para wanita pecinta make up waterproof. Dalam kategori halal produk make up yang diberikan oleh LPPOM MUI, salah satu syaratnya adalah mampu ditembus air, atau tidak menghalangi jalannya air. Maka, tentu saja jika kamu menggunakan lipstik/maskara waterproof dan sudah berlabel “halal”, maka sekarang tidak perlu khawatir wudhu/shalatmu tidak sah ya!

Sertifikat Halal

webinar umroh.com

Sudah tahu belum kalau ternyata sertifikat halal itu hanya berlaku selama 2 tahun? Nah bagi yang sering mendengar kabar seputar MUI yang mencabut cap halal dalam suatu produk, hal itu tidak selalu karena terdapat hal-hal yang diharamkan dalam produk tersebut kok, bisa juga karena brand dari produk tersebut tidak memperpanjang sertifikat halal yang pernah didapatkan, sehingga MUI tidak dapat menjamin lagi kehalalannya. Nah bagi Kamu yang memiliki produk yang ingin mendapatkan sertifikat halal, kamu bisa mengetahui proseder lengkapnya di sini:

Prosedur Sertifikat BPOM & LPPOM MUI

Pasti banyak diantara kalian yang sering menganggap jika suatu produk telah mendapatkan salah satu cap Halal atau BPOM, maka telah aman dan halal. Faktanya, BPOM menjamin bahwa produk tersebut telah aman dan bersih. Sedangkan LPPOM MUI menjamin bahwa produk tersebut telah aman digunakan oleh seorang muslim, karena terbebas dari hal-hal yang diharamkan. So, kedua label tersebut adalah hal penting yang perlu diperhatikan, tanpa mengabaikan salah satunya.

Nah itulah 5 fakta menarik seputar halal produk yang bisa jadi pengingat kita seorang muslim, agar lebih hati-hati lagi terhadap hal-hal yang belum halal atau subhat, dan juga agar selamat dari hal-hal yang dilarang oleh agama, dan ibadah menjadi lebih afdhol. Semoga kita semua dapat menghidarkan diri dan terjaga dari sesuatu haram sehingga hidup kita akan lebih mendapat ridho dari Allah SWT