1
Motivasi Muslim Lifestyle News Tips

Seberapa Mudah Perempuan Mendapatkan SIM di Arab Saudi?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Arab Saudi menjadi berita utama internasional beberapa bulan yang lalu ketika diumumkan bahwa larangan mengemudi perempuan selama beberapa dekade telah dicabut di negara itu. Sebuah dekrit kerajaan yang bersejarah disahkan oleh raja Arab Saudi, Raja Salman, yang menyatakan bahwa semua wanita akan diizinkan secara hukum untuk mengemudi di negara itu mulai 24 Juni 2018.

Setelah berbulan-bulan membangun, beberapa wanita Saudi menerima SIM mereka tiga minggu sebelum larangan dicabut. Ribuan lainnya diperkirakan akan memperolehnya pada hari-hari menjelang 24 Juni, ketika perempuan akan diizinkan mengemudi di Arab Saudi untuk pertama kalinya.

Mengapa mengemudi bagi perempuan dilarang di Arab Saudi?
Arab Saudi adalah negara yang cukup konservatif, dan bagian dari kepekaan budaya dan agamanya melibatkan pemisahan gender yang ketat. Kelompok-kelompok agama di negara itu telah menyatakan itu tidak Islami bagi perempuan untuk diizinkan mengemudi.

Perempuan Saudi sebelumnya telah mengajukan petisi kepada pemerintah untuk mencabut larangan itu pada beberapa kesempatan, bahkan ada yang naik ke roda sebagai bentuk protes. Para pembuat petisi yang menentang larangan itu sering menyuarakan bahwa tidak ada negara mayoritas Muslim lainnya yang menerapkan larangan semacam itu, dan bahwa wanita di era Islam awal diketahui mengendarai kuda dan unta.

Putra Mahkota saat ini Mohammad Bin Salman dipandang sebagai kekuatan di balik pencabutan larangan itu. Perubahan sosial lainnya yang terjadi di negara ini termasuk pencabutan larangan bioskop dan perempuan menonton sepak bola.

Bagaimana Anda bisa mendapatkan SIM di Saudi sebagai seorang wanita?
Portal online diluncurkan pada awal Mei, di mana wanita yang telah memperoleh SIM di negara lain dapat mengajukan permohonan lisensi Saudi. Wanita Saudi pertama yang menerima lisensi mereka di bawah undang-undang baru melakukannya melalui portal ini.

Aplikasi memerlukan terjemahan bahasa Arab dari lisensi asing, hasil dari klinik yang disetujui pemerintah untuk tes mata dan salinan kewarganegaraan Saudi atau dokumentasi residensi. Setelah aplikasi disetujui, prosedur untuk mengeluarkan lisensi dimulai. Sementara, sampai sekarang, 10 wanita Saudi telah menerima lisensi mereka, diharapkan mendapatkan hak mereka ketika mendekati tanggal besar.

Sampai sekarang, siapa pun yang memiliki SIM dari daftar negara yang disetujui oleh Polisi Lalu Lintas Saudi (termasuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris, UEA, Bahrain, Oman dan Kuwait) tidak harus melalui tes mengemudi dan bisa mendapatkan lisensi mereka diganti. Semua pemegang lisensi dari negara-negara yang tidak ada dalam daftar harus mengambil bagian dalam kursus pelatihan 30 jam dan mengikuti ujian mengemudi.

webinar umroh.com

Wanita yang belum bisa mengemudi akan diminta untuk menjalani kursus pelatihan 90 atau 120 jam. Sekolah mengemudi khusus wanita telah didirikan di semua kota besar, termasuk Riyadh, Dammam, Taif dan Jeddah, dengan lebih banyak sekolah akan dibuka dalam beberapa bulan mendatang.

Seberapa mudah prosesnya?
Otoritas lalu lintas Saudi telah menunjukkan bahwa mereka menerima sejumlah besar aplikasi di portal online, itulah mengapa proses persetujuan mungkin memakan waktu yang relatif lama di hari-hari awalnya. Seiring waktu, proses ini diharapkan akan semakin cepat.

Portal online saat ini hanya menerima aplikasi dari warga negara Saudi dan ekspat wanita yang merupakan sponsor mereka sendiri. Ekspatriat yang disponsori tidak dapat mendaftar melalui portal online saat ini.

Berapa biaya untuk mendapatkan SIM di Arab Saudi?
Harga untuk pelajaran mengemudi untuk wanita di Arab Saudi jauh lebih mahal daripada untuk pria. Surat kabar lokal mengatakan bahwa pelajaran mengemudi wanita berharga antara SAR 2.000 (US $ 533) dan SAR 3.000 (US $ 800), sedangkan untuk pria, itu hanya SAR 450 (US $ 120).

Kementerian lalu lintas mengatakan bahwa ini karena pelatih dan pengawas perempuan berkualifikasi tinggi yang harus didatangkan dari negara lain untuk memberikan pelatihan berkualitas bagi pengemudi perempuan. Namun, banyak wanita berencana untuk belajar mengemudi secara mandiri untuk menghindari biaya tinggi. Tagar yang trending di Twitter memperlihatkan wanita yang sudah tahu cara mengemudi terhubung dengan wanita yang tidak bisa di kota mereka dan secara sukarela melatih mereka secara gratis.

Seperti apa aturan dan hukum lalu lintas itu?
Karena pemisahan gender yang ketat di sebagian besar negara, ada beberapa spekulasi mengenai bagaimana peraturan dan hukum lalu lintas akan diterapkan dan apakah akan ada perbedaan antara aturan untuk perempuan dan laki-laki. Tetapi pemerintah Saudi telah mengkonfirmasi bahwa perempuan dan laki-laki akan dikenakan peraturan lalu lintas dan denda yang sama di seluruh negara.
Departemen lalu lintas telah menyelesaikan persiapan untuk mengerahkan pejabat wanita untuk menghadiri kecelakaan di jalan yang melibatkan pengemudi wanita; ini juga menandai pertama kali perempuan Saudi dipekerjakan oleh departemen kepolisian.

Perempuan juga akan dipekerjakan di beberapa pos pemeriksaan lalu lintas, dan pusat-pusat penahanan khusus perempuan telah dibangun di semua kota besar untuk menahan perempuan yang ditahan karena melanggar undang-undang lalu lintas, terpisah dari laki-laki.

Apa berikutnya?
Sebelum larangan mengemudi perempuan dicabut, banyak keluarga harus mempekerjakan pengemudi pribadi untuk mengangkut anggota keluarga perempuan di sekitar kota. Ini terbukti agak mahal, dan seringkali menjadi alasan utama wanita memilih keluar dari pekerjaan. Keputusan ini diyakini akan membantu meningkatkan jumlah perempuan di dunia kerja dan memungkinkan lebih banyak kebebasan finansial dan inklusi; perusahaan seperti Uber dan Careem adalah yang pertama berjanji untuk menciptakan peluang bagi pengemudi wanita.