1
Kuliner

Yuk, Bikin Machboos Laham. Hidangan Kuwait yang Gurih dan Sedap.

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Machboos Laham adanya hidangan nasional dari Kuwait. Hidangan ini terdiri dari daging, nasi, dan bahan pelengkap. Machboos Laham adalah nasi bercita rasa gurih yang disajikan dengan daging di atasnya. Rasa gurih pada nasi didapat dari kaldu daging.

Biasanya Menggunakan Daging Ayam atau Domba

Machboos Laham biasanya menggunakan daging domba atau ayam. Daging tersebut dimasak dengan cara direbus dengan bumbu hingga matang dan empuk. Kaldu dari daging kemudian digunakan untuk memasak nasi sehingga menghasilkan rasa gurih pada nasi.

Bahan Pelengkap bersama Nasi

Selain nasi, bahan utama Machboos Laham juga terdiri dari pelengkap yang dimasukkan dalam nasi. Pelengkao yang digunakan dalam bidang ini biasanya terdiri dari kacang, kismis, dan bawang bombay.

Bahan yang Diperlukan

Bahan yang diperlukan untuk membuat Machboos Laham adalah

– 1 kg daging domba,  kami bisa menggunakan daging ayam, sapi, atau kambing

webinar umroh.com

– 2,5 liter air

– 1 bawang bombay

– 1 batang kayu manis

– 1 sdt peppercorns

– 0,5 sdt cengkeh

– 5 pcs cardamom

– 0,25 sdt kayu manis bubuk

– 0,25 sdt kunyit bubuk

– Sedikit jahe yang dihaluskan

– 0,25 sdt jintan bubuk

– gula

– merica

– 0,25 sdt helai saffron

– 2 sdm air lemon

– 1 sdm minyak

 

Untuk bahan-bahan yang dimasak bersama nasi, siapkan

– 1 kg beras,  jika ingin cita rasa otentik, gunakan beras basmati

– 2 bawang bombay

– 75 g kacang arab

– 75 g kismis

– 1 sdm minyak

– Sejumput kayu manis bubuk

– 0,5 sdm garam

– 0,5 sdm gula

– cengkeh bubuk

– merica.

 

Proses Memasak yang Panjang Namun Mudah

Untuk menghasilkan Machboos Laham yang sedao dan lezat memang dibutugkan proses yang tidak singkat. Walauoun prosesnya panjang, bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Langkah pertama membuat Machboos Laham dimulai dengan merendam kismis agar lebih empuk.

Di tempat lain, potong-potong dagingnya berbentuk dadu, lalu masukkan ke dalam panci berisi air dan bumbu rempah. Masukkan juga garam dan bawang bombay yang telah dipotong-potong. Rebus daging hingga muncul buih-buih di atasnya. Buang buih dari rebusan daging, lalu tutup dan masak dengan api kecil selama 90 menit.

Di tempat terpisah, siapkan isian. Masukkan kacang Arab di penggorengan, lalu tambahkan air hingga terendam secukupnya. Masukkan satu sendok teh garam. Rebus kacang dengan api medium. Setelah mendidih, tutup wajan lalu masak selama 20 menit dengan api kecil. Masak hingga kacang menjadi empuk, lalu angkat dan tiriskan.

Potong-potong bawang bombay yang tersisa dari sebelumnya lalu tumis dengan minyak hingga empuk dan kecoklatan. Kurangi besar apinya, lalu masukkan kacang yang sudah matang dan kismis yang sudah empuk Tambahkan kayu manis, cengkeh, garam, gula, dan merica. Masak selama beberapa menit hingga tercampur rata, lalu angkat dari api.

Setelah daging matang, angkat daging dan sisihkan dalam pinggan. Dengan sendok yang berlubang, angkat rempah-rempah yang tersisa di air rebusan daging. Haluskan rempah-rempah itu, lalu balurkan pada daging hingga rata. Pastikan rasa asinnya pas.

Campuran 1 sendok makan air Saffron dengan 2 sendok makan air perasan lemon, 1 sendok makan minyak, dan 1 sendok makan kaldu ayam. Tuangkan cairan ini pada permukaan daging hingga rata lalu tutup pinggan dengan aluminium foil dan masukkan ke dalam oven masak daging selama 15 menit.

Siapkan beras yang telah dicuci bersih. Setelah ditiriskan, masukkan beras ke dalam air kaldu. Pastikan selisih antara air dan beras adalah sekitar 2 cm. Tutup panci yang berisi kaldu dan beras, lalu rebus dengan api besar. Setelah beberapa menit dan mendidih, kurangi besar api hingga medium. Masak hingga nasi menyerap semua cairan kaldu. Ketika nasi telah tampak mengembang, maka itu berarti nasinya telah matang. Proses memasak nasi ini bisa memakan waktu hingga 15 sampai 20 menit.

Hidangkan nasi dengan daging yang telah matang di atasnya. Machboos Laham siap dinikmati.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.