1
Kesehatan

Cara Menghindari Penularan Penyakit HIV

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Cara menghindari penularan HIV AIDS yaitu dengan cara menghindari faktor-faktor yang dapat menularkan penyakit HIV. Untuk mengetahui cara menghindari penularan HIV AIDS, terlebih dahulu kita harus mengetahui beberapa hal yang dapat menularkan penyakit HIV. Beberapa hal yang dapat menularkan penyakit HIV yaitu sebagai berikut:

  1. Melalui cairan darah

cara penularan HIV yang pertama yaitu melalui transfusi darah atau produk darah yang sudah tercemar HIV. Dengan pemakaian jarum suntik yang sudah tercemar HIVyang dipakai bergantian tanpa disterilkan, misalnya pemakaian jarum suntik dikalangan pengguna narkotika suntikan.

  1. Cairan sperma dan cairan vagina

cara penularan HIV yang lainnya dapat terjadi melalui cairan sperma dan cairan vagina yaitu melalui hubungan seks penetratif  tanpa menggunakan kondom, sehingga memungkinkan tercampurnya cairan sperma dengan cairan vagina atau tercampurnya cairan sperma dengan darah.

  1. Melalui air susu ibu (ASI)

cara penularan HIV yang selanjutnya yaitu melalui ASI. Penularan ini dapat terjadi dariseorang ibu hamil yang positif HIV, dan melahirkan lewat vagina kemudian menyusui bayinya dengan ASI. Kemungkinan penularan dari ibu ke bayi (Mother-to-Child Transmission) ini berkisar hingga 30 persen, artinya dari setiap 10 kehamilan dari ibu yang positif HIVkemungkinan ada 3 bayi yang lahir dengan positif HIV.

Maka dari itu cara menghindari penularan HIV AIDS dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:

 

Menggunakan jarum atau alat suntik steril

Sebagai salah satu cara menghindari penularan HIV AIDS, menggunakan jarum steril sangatlah dianjurkan. Jika Anda menggunakan jarum suntik, pastikan bahwa jarum yang Anda gunakan telah steril atau bersih dari virus dan bakteri apa pun. Jangan gunakan jarum, suntikan atau perlengakapan menyuntik lagi seperti spon dan kain. Menggunakan jarum secara bersamaan dapat meningkatkan risiko terinfeksi HIV dan virus lain yang terdapat dalam darah seperti hepatitis C. Gunakanlah jarum yang steril dan bersih jika Anda ingin membuat tato atau tindik. Jangan lakukan aktifitas ini di sembarang tempat yang belum dapat dipastikan kebersihannya. Pastikan Anda selalu memeriksa jarum yang akan digunakan.

 

webinar umroh.com