1
News

8 Manfaat Cuka untuk Mencuci Baju

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Mencuci adalah kegiatan rumah tangga yang pasti dilakukan. Ada beberapa orang yang memilih untuk menggunakan jasa laundry untuk membersihkan pakaian, ada juga yang lebih suka mencuci sendiri. Alasan banyak orang lebih suka mencuci sendiri adalah karena lebih terjamin kebersihannya.

Jika kamu adalah tipe orang yang suka mencuci sendiri, pasti pernah mengalami saat-saat di mana cucian terasa sulit untuk dibersihkan. Jangan lagi khawatir, karena ada cuka yang membantumu mengatasi berbagai masalah saat mencuci.

Di bawah ini adalah 8 permasalahan cucian yang bisa diselesaikan dengan cuka.

  1. Melembutkan Pakaian

Jika kamu kehabisan pelembut pakaian kamu bisa menggantinya dengan cuka. Cuka juga berguna untuk melembutkan pakaian dan mencegah kain-kain teras atau serabut serabut putih menempel pada pakaian. Untuk mendapatkan manfaat ini, tambahkan secangkir cuka saat mencuci baju.

  1. Menghilangkan Aroma Baju yang Tidak Sedap

Keringat yang menempel pada baju seringkali menimbulkan aroma tidak sedap. Terkadang, aroma tersebut tidak juga hilang walaupun sudah dicuci.

Agar aroma tidak sedap di pakaian hilang, tambahkan secangkir cuka saat mencuci.

  1. Menghilangkan Noda Membandel

Aktivitas seharian membuat kita bertemu dengan berbagai macam hal. Tidak jarang, pakaian kita juga mendapat noda saat kita beraktivitas. Jangan panik, karena kita bisa menghilangkannya dengan cuka.

Cuka juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian. Caranya adalah dengan mencampurkan 3 sendok makan cuka dengan 2 sendok makan deterjen cair dan 4 cangkir air hangat. Gosokkan campuran tersebut pada noda, lalu cuci seperti biasa.

webinar umroh.com
  1. Mengawetkan Warna Baju

Jika kamu punya pakaian kesayangan, pasti tidak ingin warnanya memudar menjadi tidak bagus. Untuk mencegah pakaian memudar warnanya, campurkan secangkir cuka saat mencuci satu putaran, lalu cuci seperti biasa. Dengan begitu, warna di bajumu jadi lebih awet.

  1. Mencegah Pakaian Baru Luntur

Pakaian baru terkadang bisa luntur saat pertama kali dicuci. Untuk mencegah pakaian baru luntur, dan membuat pakaian lain jadi ternoda, tambahkan secangkir juga saat mencucinya.

  1. Mengembalikan Warna Putih

Pakaian putih memang rawan menguning jika berkali-kali dicuci. Untuk mengembalikan warnanya, campurkan 1 cangkir cuka dengan 5 cangkir air rebus. Kemudian masukkan baju putih yang telah berubah warna. Diamkan semalaman, lalu cuci secara normal besok harinya.

  1. Mencegah Bahan Wol Mengkerut

Bahan wol kadang bisa mengkerut jika kita salah mencucinya. Untuk mengembalikan bentuk pakaian dari bahan wol yang mengkerut, rendam pakaian tersebut dalam campuran cuka dan air dengan perbandingan 1 banding 2. Rendam selama 2-6 menit, lalu keringkan di udara terbuka.

  1. Membunuh Bakteri

Pakaian yang telah dipakai ke mana pun biasanya membawa bakteri dari berbagai tempat. Agar kesehatan keluargamu terjaga, bunuh bakteri pada pakaian dengan cuka. Tambahkn secangkir cuka pada cucianmu agar bakteri di dalamnya mati.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.