1
Kesehatan

Apa Makanan yang Biasa Dikonsumsi Ahli Nutrisi? Cek 5 Daftarnya di Sini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Memilih bahan makanan untuk dikonsumsi setiap hari memang susah-susah-gampang. Di samping rasanya harus enak, bahan makanan yang kita konsumsi harus cukup bernutrisi. Tubuh membutuhkan nutrisi dari makanan agar tetap sehat, sehingga kita bisa beraktivitas dengan nyaman. Dilansir dari Reader’s Digest, di bawah ini adalah makanan yang sering dimakan oleh ahli nutrisi. Daftar di bawah ini bisa kamu tiru untuk memenuhi asupan nutrisi harianmu.

Kacang

Para ahli nutrisi biasanya sangat menyukai kacang. Alasannya adalah karena kacang mengandung protein nabati, lemak sehat, dan serat. Kandungan-kandungan tersebut membuat kita merasa lebih cepat kenyang. Rasa kenyang yang dirasakan juga bertahan lebih lama, sehingga kita tidak tergoda cemilan tidak sehat.

Disampaikan oleh ahli nutrisi Kristie Le Beau, penelitian menunjukkan bahwa kacang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat kacang termasuk mendukung berat badan yang sehat, serta mengurangi resiko penyakit jantung.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan nutrisi seperti folat, vitamin, beta karoten, dan lutein. Vitamin K dan vitamin B sangat dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah. Sedangkan beta karoten penting untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin K dalam sayuran membantu darah agar tidak menggumpal. Manfaat sayuran tersebut membuat para ahli nutrisi selalu memasukkan sayuran hijau dalam menu hariannya. Mereka memasaknya sebagai salad, atau menjadikannya bahan membuat smoothie atau jus.

Ahli nutrisi, Melisa Groves, menjelaskan bahwa menurut para ilmuwan, orang-orang yang selalu memakan sayuran hijau setiap hari mengalami penurunan kognitif yang lambat, dibandingkan mereka yang tidak makan sayuran hijau. Kondisi kognitif mereka yang rajin mengkonsumsi sayuran jadi awet muda 11 tahun.

Buah-Buahan Berry

Buah-buahan berry, seperti raspberry, blackberry, strawberry, dan blueberry sangat kaya kandungan vitamin C dan serat. Kandungan vitamin C-nya penting sebagai antioksidan. Antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa orang dewasa, yang mengkonsumsi secangkir blueberry segar setiap hari, memiliki kekuatan otak yang lebih baik dibandingkan yang tidak mengkonsumsi berry setiap hari.

Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh, sehingga baik bagi kesehatan jantung. Alpukat juga merupakan sumber serat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan. Selain itu, sebagai sumber vitamin K, alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Telur

Ahli nutrisi, Shannon A. Gracia, mengaku senantiasa mengkonsumsi telur. Telur adalah bahan makanan yang sangat fleksibel untuk diolah. Kita bisa memasaknya orak arik, direbus atau dimasak bersama makanan lainnya. Menurutnya, telur adalah sumber kolin dan protein berkualitas. Kolin adalah nutrisi yang sangat penting untuk memperpanjang masa hidup.  Khususnya bagi wanita hamil, kolin sangat penting, baik bagi ibu maupun bayi. Kolin membantu tubuh memanfaatkan nutrisi lain, seperti omega 3, asam lemak, dan vitamin D.

webinar umroh.com
Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.