1
Kesehatan Kuliner

Jika Mengalami Tekanan Darah Tinggi, Konsumsi 6 Makanan Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Saat kamu mengalami tekanan darah tinggi, mengurangi asupan makanan tinggi kandungan garam memang mampu membantu meringankannya. Selain itu, cara untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan mengontrol asupan makanan. Makanan-makanan di bawah ini mampu meringankan tekanan darah tinggi. Kandungan dalam makanan ini mampu menjaga kesehatan jantung dan arteri.

Sayuran Hijau

Kebanyakan sayuran hijau mengandung potasium dan magnesium. Keduanya merupakan mineral untuk mengontrol tekanan darah. Menurut Harvard Medical School, nutrisi tersebut sangat penting dalam diet DASH (Dietary Approaches To Stop Hypertension or High Blood Pressure). Asupan makanan yang tinggi potasium membantu tubuh lebih efisien dalam menyingkirkan kelebihan sodium. Kelebihan sodium adalah salah satu faktor yang meningkatkan tekanan darah. Selain itu, magnesium membantu menyehatkan aliran darah.

Telur

Banyak orang berpikir bahwa telur adalah salah satu makanan yang tidak baik bagi penderita tekanan darah tinggi. Akan tetapi, studi lama menunjukkan bahwa kuning telur tidak meningkatkan resiko penyakit jantung. Studi terbaru, yang dilakukan oleh American Chemical Society, juga menemukan bahwa putih telur merupakan bahan makanan yang baik bagi jantung. Memang dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal ini. Akan tetapi, telur sendiri memang merupakan sumber protein yang tinggi vitamin D dan nutrisi sehat lainnya.

Jus Buah Bit

Penderita tekanan darah tinggi yang meminum 8 ons jus buah bit mengalami penurunan tekanan darah sekitar 10 mm Hg. Studi ini dilakukan pada tahun 2013 oleh American Heart Association Journal Hypertension. Kandungan nitrat yang kemudian berubah menjadi nitric oxide bisa memperlebar pembuluh darah dan melancarkan aliran darah. Minumlah jus buah bit sekalj dalam sehari untuk membantu menurunkan tekanan darah sehingga kembali normal.

Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang tinggi potasium. Dalam satu buah pisang, biasanya mengandung 420 mg atau 11% dari 4700 mg rekomendasi konsumsi potasium. Jika kamu mengalami tekanan darah tinggi, rutinlah mengkonsumsi pisang untuk membantu menurunkannya.

Coklat Hitam

Jika ingin menurunkan tekanan darah dengan makanan yang rasanya enak, konsumsi saja coklat hitam. Coklat hitam yang manis dan pahit ini kaya akan antioksidan yang disebut flavanols. Flavanols membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis sehingga memperlancar aliran darah. Konsumsi coklat hitam 1 ons per hari dan pastikan cokelat tersebut mengandung 70% biji kakao.

Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan semi proses yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Porsi yang cukup, dari asupan makanan berserat dan gandum utuh ini, sangat penting untuk mengatur tekanan darah agar tetap normal. Sebuah studi lama telah membuktikan bahwa memakan oatmeal bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Serat di dalamnya juga membantu berat badan agar tetap terkontrol, sehingga mencegah obesitas. Obesitas adalah kondisi fisik yang menjadi faktor tekanan darah tinggi.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.