1
Kesehatan

Hal-Hal yang dapat dilakuka untuk menghindari Diabetes

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Diabetes merupakan penyakit yang menyebabkan kematian, tidak hanya di Indonesia bahkan di dunia pun penyakit diabetes menempati posisi ke-4 sebagai penyebab kematian manusia. Tidak hanya orang dewasa saja yang dapat mengalami penyakit tersebut bahkan anak-anak pun bisa menderita penyakit tersebut. Diabetes mellitusatau yang sering kita kenal dengan penyakit kencing manis merupakan penyakit yang terjadi karena tingginya tekanan gula darah di dalam tubuh yang melebihi batas normal.

Seperti yang kita kenal terdapat dua tipe diabetes yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Dan yang paling sering kita temukan adalah diabates tipe 2 yaitu diabetes yang biasanya diderita oleh orang dewasa. Penyakit diabetes tipe 2 tersebut jika terjadi komplikasi tidak dapat disembuhkan, sampai saat ini dunia medis belum menemukan obat yang tepat untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk peduli akan resiko terkena penyakit diabetes dan kita harus melakukan upaya pencegahan agar tidak terkena penyakit tersebut. Untuk melakukan upaya pencegahannya dapat dilakukan beberapa tindakan seperti di bawah ini:

  1. Menghindari minuman yang manis. Minuman seperti yang mengandung pemanis buatan dan sirup fruktosa jika kita konsumsi secara terus menerus akan berbahaya bagi tubuh kita dampaknya dapat menyebabkan tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Para peneliti menyepakati bahwa jika kita mengonsumi minuman yang manis lebih dari seporsi setiap harinya akan mengembangkan penyakit diabetes terutama bagi orang-orang yang rentan terkena penyakit tersebut.
  2. Istirahat yang cukup. Jika kita tidak mendapatkan istirahat dengan cukup, hal tersebut dapat meningkatkan rasa lapar dan berujung pada penambahan berat badan sehingga berisiko mengalami diabetes.
  3. Periksa tekanan darah dan gula darah secara rutin. Dengan melakukan pemeriksaan tersebut dapat mengontrol kondisi tubuh kita agar dapat terhindar dari diabetes.
  4. Berhenti merokok. Perokok memiliki presentase 50% lebih rentan terkena diabetes daripada bukan perokok.
  5. Konsumsi cuka apel. Berdasarkan penelitian Carol Johnston, profesor dan direktur program gizi dari Arizona State University menemukan bahwa dengan menambahkan cuka apel pada makanan kita dapat mengurangi kadar gula darah di dalam tubuh.
  6. Kurangi makanan yang berkabohidrat tinggi. Nasi putih merupakan makanan yang mengandung kabohidrat yang tinggi maka dari itu disarankan lebih baik menggantinya dengan beras merah atau gandum yang memiliki karbohidrat yang lebih rendah. Selain itu makanlah makanan yang berserat tinggi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
  7. Mengonsumsi kopi. Kopi mengandung antioksidan, termasuk asam klorogenat dan magnesium yang dapat meningkatkan sensitivitas tehadap insulin. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health kepada 125.000 peserta (84.276 adalah perempuan), menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi 6 cangkir kopi atau lebih dalam sehari dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe 2 sebanyak 30% meskipun hal tersebut dapat memberikan dampak penyakit yang lainnya. Maka dari itu konsumsilah kopi sesuai dengan kebutuhan.
  8. Lakukanlah aktivitas fisik. Dengan menggerakan tubuh kita seperti berolahraga dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Publlic Health, melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki setiap hari dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 sebanyak 30%.

Berdasarkan penjelasan diatas telah dijelaskan beberapa tips pencegahan agar terhindar dari penyakit diabetes. Yang menjadi poin utama dalam penjelasan tersebut adalah terapkanlah pola hidup sehat agar terhindar dari segala penyakit yang tidak kita harapkan.