1
Kecantikan

4 Penyebab Jerawat ini Ada di Sekitarmu. Berhati-Hatilah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Jerawat di wajah bisa jadi akan membuat kita sebal. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga terkadang menimbulkan rasa sakit yang mengganggu. Ada beragam penyebab jerawat. Mulai dari ketidakseimbangan hormon, hingga gaya hidup sehari-hari.

Di antara penyebab jerawat, adalah benda-benda di sekitar kita. Benda penyebab jerawat tersebut jarang kita waspadai, sehingga kita sulit menuntaskan permasalahan jerawat. Di bawah ini, adalah 4 penyebab jerawat yang jarang kita sadari.

  1. Smartphone

Ponsel pintarmu bisa menjadi salah satu penyebab jerawat, lho. Jika kamu terus menerus menempelkan smartphone di telinga, itu artinya ponselmu menempel pada wajah lebih sering. Sayangnya, di permukaan smartphone banyak bakteri dan kuman yang berasal dari tangan. Bakteri dan kuman ini menempel langsung pada kulit, sehingga mengakibatkan jerawat dan gangguan kesehatan kulit lainnya.

Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan smartphone secara rutin. Usapkan tisu basah yang dilengkapi dengan antiseptik pada permukaan smartphone. Dengan begitu, kuman dan bakteri di permukaan smartphone akan mati. Kamu tidak perlu takut lagi smartphone-mu menyebabkan jerawat.

  1. Foundation

Bagi kamu yang senang mengenakan make up dalam kegiatan sehari-hari, maka harus lebih berhati-hati saat menggunakan foundation. Foundation yang terlalu tebal bisa menutup pori-pori, sehingga menyebabkan keringat bertumpuk di bawah kulit. Inilah yang akhirnya akan bercampur dengan kotoran dan menjadi penyebab jerawat.

Solusi untuk masalah ini adalah berhati-hati dalam memilih foundation. Gunakan foundation yang bertekstur ringan untuk kegiatan sehari-hari. Selain itu, selalu ingat untuk membersihkan wajah dalam dua tahap. Tahap pertama menggunakan pembersih berbahan dasar minyak. Kandungan minyak di dalamnya berfungsi mengangkat semua kotoran. Tahap kedua menggunakan sabun pembersih atau cleanser untuk memastikan kulitmu bersih dan segar.

  1. Beragam Produk Kecantikan

Mencari produk kecantikan yang cocok terkadang tidak mudah. Bagi kamu yang masih mencari produk yang cocok untuk wajah, mungkin akan mencoba berbagai produk untuk diaplikasikan pada wajah. Sayangnya, terlalu sering mengganti produk untuk wajah, misalnya kosmetik dan produk perawatan kecantikan, bisa membuat level pH dalam kulit menurun. Solusinya adalah dengan menunggu selama dua minggu sebelum memutuskan untuk mencoba produk yang baru.

  1. Air di Rumahmu

Semua bagian dalam gaya hidup sudah kemu perbaiki. Makan makanan bergizi, menjaga kebersihan, berhati-hati memilih produk kecantikan suddah kamu lakukan. Akan tetapi, jerawat tetap saja muncul.

webinar umroh.com

Jika kamu telah memperbaiki semua gaya hidup dan masih mengalami jerawat, bisa jadi penyebabnya adalah air yang kamu gunakan untuk mandi. Air tersebut mungkin saja yang mengandung metal. Kandungan metal pada air akan mengoksidasi kulit dan menurunkan level PH di kulit secara drastis.

Jika level pH pada kulit terganggu, maka kandungan penting pada lapisan terluar kulit akan berkurang. Inilah yang membuat kulit jadi berjerawat. Beberapa jenis mineral dan metal bisa bercampur dengan keringat, kotoran, bakteri, dan minyak. Inilah yang akhirnya membuat wajah menjadi kotor dan mengakibatkan jerawat.

Untuk mengatasinya, kamu perlu menggunakan air suling untuk mencuci wajah. Walaupun terkesan merepotkan, namun perawatan ini sangat penting bagi kesehatan kulit wajahmu.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.