1
Muslim Lifestyle

Sulit Istiqomah dalam Beribadah? Cobain 5 Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Hijrah jadi tren positif saat ini. Merubah kebiasaan jadi lebih baik dan lebih dekat dengan Allah SWT nyatnya memang membawa pengaruh positif. Baik bagi diri sendiri, atau bagi orang-orang di sekeliling kita. Akan tetapi, ada kalanya menjaga kebiasaan tersebut terasa susah? Selalu ada godaan yang membuat kita kembali ke cara hidup yang dulu. Apakah sesulit itu untuk istiqomah? Coba simak cara-cara ini.

  1. Selalu Dengarkan atau Hadir di Majelis Ilmu

Menghadiri majelis ilmu adalah salah satu cara agar kita tetap di jalan Allah. Hadir di majelis ilmu membuat kita jadi lebih terkontrol menjaga perilaku. Apalagi sekarang banyak kanal-kanal ceramah di Youtube yang memudahkan kita agar selalu mendengarkan ta’lim. Semakin mudah bagi kita untuk mengakses ilmu.

  1. Ingat Selalu Fadhilah atau Keutamaan dalam Amalan

Beribadah dengan ilmu akan berbeda dengan yang beribadah tanpa ilmu. Dengan ilmu, kita jadi lebih tertib dan menghayati maksud dari setiap amalan yang diperintahkan Allah SWT. Selain itu, gali juga keutamaan dan fadhilah setiap amalan. Misal, menjaga Sholat akan membuat kita selalu dijaga oleh Allah SWT, dan sebagainya. Keutamaan dan janji-janji Allah di setiap amalan akan membuat kita bersemangat menjalankan ibadah.

  1. Hadirkan dalam Benak Ancaman Allah jika Kita Menyimpang dari Amal Sholeh

Allah SWT adalah Dzat Maha Adil. Ia akan memberikan ganjaran kebaikan bagi mereka yang beramal sholeh, dan mereka yang melampaui batas juga tak akan lepas dari teguranNya. Tanamkan dalam benak kita bahwa ada ancaman Allah SWT bagi mereka yang berbuat dosa dan melampui batas.

  1. Amalkan Ilmunya

webinar umroh.com

Setelah mengetahui amalan apa yang membuat kita meraih cinta Allah SWT, amalkan tanpa putus. Mulailah dari yang ringan, dan jaga agar tetap istiqomah. Jangan biarkan syetan berhasil mempengaruhi kita untuk meninggalkan dan meremehkan amalan itu.

  1. Berkumpul dengan Orang Sholeh

Keimanan seseorang tergantung sahabatnya. Carilah dan dekati mereka yang sholeh, dan jaga persahabatan dengan mereka. Sahabat yang sholeh akan mengingatkan kita saat di dunia dan Insya Allah bisa menjadi penolong kita saat di akhirat kelak.

Istiqomah ternyata tak sesulit bayangan kita, bukan? Semoga Allah SWT memberi kita kemudahan agar selalu istiqomah menjalankan ibadah. Bukankah badan kita ini milik Allah SWT, dan ringannya kita melakukan ibadah adalah karena hidayah dan ijinNya. Selamat beribadah!

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.