1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Beberapa Sifat Sahabat yang Wajib Diteladani (Part 1)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Allah SWT sudah menetapkan kejayaan, kesuksesan, kebahagian, kegembiraan, dan kesempurnaan manusia di dunia dan di akhirat cukup hanya mengamalkan agama Islam secara sempurna.

Agama Islam yang sangat sempurna adalah, agama yang dibawa oleh baginda Rasulullah SAW. Menyangkup iman, ibadah, pekerjaan atau muamalah, muasyarah, dan yang terakhir adalah ahlaq.

Ketika zaman seperti sekarang ini, umat islam saat ini belum memiliki kekuatan, kemampuan untuk mengamalkan ajaran-ajaran agama islam secara sempurna, tetapi para sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW pada zaman dahulu telah mampu mengamalkan agama islam secara sempurna.


Para sahabat Rasulullah SAW dahulu telah mengamalkan agama secara sempurna, mereka semua ini memiliki beberapa sifat yang sangat mulia, dan enam sifat para sahabat tersebut terdiri dari:

 

– Yakin Terhadap Kalimah Tayibah dan Muhammadurrasulullah

Arti dari kata lailahaillah: Tidak ada yang berhak untuk disembah selain dari Allah SWT. Dan bahwasanya Nabi Muhammad SAW itu utusan Allah.
Maksud dan Tujuan: Mengeluarkan seluruh keyakinan-keyakinan terhadap makhluk dari dalam hati kita, dan hanya memasukan keyakinan-keyakinan hanya kepada Allah SWT kedalam hati.

 

webinar umroh.com

Keuntungan

Inilah keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan ketika meyakini kalimah tayibah dan Muhammadurrasulullah.

1. Barang siapa yang meninggal dunia sedangkan dia meyakini bahwa tidak ada tuhan yang berhak di sembah kecuali Allah, maka akan mendapatkan jaminan masuk surga.

2. Barang siapa yang telah bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah dan hatinya itu membenarkan apa perkataan yang dikatakan lisannya, maka dipersilahkan untuk masuk surga dari pintu mana saja yang ia kehendaki.

3. Walaupun hanya mempunyai iman sebesar biji dzarah, maka Allah SWT akan memberikannya surga dengan luasnya 10 kali lipat daripada luas dunia beserta isinya.

 

Cara Mendapatkannya:

1. Dakwahkan pentingnya kalimat thayibah.
2. Latihan dengan cara memperbanyak majelis-majelis atau halaqah-halaqah yang didalamnya membicarakan tentang perkara iman.
3. Berdoa kepada Allah SWT supaya diberi hakekat iman.

 

-Yakin Terhadap Segala Hal yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW

Karena mereka meyakini bahwa Nabi Muhammad ini utusan Allah, sehingga para sahabat pun meyakini bahwa satu-satunya jalan untuk menggapai kejayaan pada dunia dan akhirat hanya dengan mengikuti apa yang telah diajarkan oleh baginda Rasulullah SAW.

 

Keuntungan

1. Nabi Muhammad SAW bersabda didalam hadits: Tidak akan masuk neraka seseorang apabila bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan muhammad adalah utusan Allah.
2. Nabi Muhammad SAW bersabda didalam hadits: Barang siapa yang selalu berpegang teguh kepada sunnahku, dikala rusaknya umatku maka dia akan mendapatkan pahala-pahala 100 orang mati sahid.
3. Nabi Muhammad SAW bersabda didalam hadits: Barang siapa yang sudah menghidupkan sunnahku pada kehidupan sehari-harinya sungguh dia cinta kepadaku, dan barang siapa yang mencintaiku maka akan selalu bersama ku didalam surga nanti.

 

Cara Mendapatkannya

1. Dakwahkan pentingnya terhadap sunnah Rasulullah SAW.
2. Belajar untuk menghidupkan amal amalan yang telah diamalkan oleh baginda Rasulullah SAW dalam kehidupan kita 24 jam.
3. Berdoa kepada Allah supaya diberi kekuatan oleh Allah SWT untuk menghidupkan sunnah-sunnah yang sudah padam.