1
Fashion Motivasi Muslim Lifestyle News Tips Travel

8 Tips Membeli Karpet Persia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Setiap kota di Iran memiliki kerajinan tangan unik yang menjadi suvenir yang berkesan, tetapi mencetak karpet Persia yang sempurna adalah hadiah utama. Sangat mudah untuk menjadi kewalahan, dengan begitu banyak jenis dan pola (belum termasuk harga). Berikut terdapat delapan tips untuk menemukan karpet Persia yang sempurna.

Saat Anda berjalan-jalan di pasar-pasar menuju suara-suara penjual karpet yang mengundang Anda ke toko mereka untuk melihat lebih dekat, Anda mungkin menaikkan pertahanan Anda, jadi memiliki amunisi yang tepat dalam pertempuran Anda untuk tawar-menawar akan terbukti sangat penting. Mereka mengatakan “pengetahuan adalah kekuatan,” dan mengetahui trinitas pembelian karpet akan mempersenjatai Anda untuk mendapatkan informasi dan percaya diri dalam apa yang harus dicari.

Simpul Dihitung
Karpet tradisional Persia dianyam dengan tangan di atas alat tenun, jadi salah satu fitur terpenting yang harus diperhatikan adalah simpulnya. Karpet berkualitas akan memiliki setidaknya 120 knot per inci persegi. Untuk setidaknya berpura-pura sebagai penikmat karpet di depan penjual, balikkan dan lihat simpul dari bawah. Anda tidak diharapkan untuk menghitungnya, tetapi bagian belakang karpet memiliki banyak hal untuk dikatakan. Yang buatan tangan akan memiliki dukungan lembut dengan beberapa simpul yang lebih besar, kesaksian yang jelas untuk ditenun dengan tangan, sedangkan yang buatan mesin akan menaikkan alis karena keseragaman simpulnya.

Bahan
Karpet Persia buatan tangan biasanya terbuat dari wol, sutra, atau campuran wol-sutra. Karpet sutra murni 100% cukup bagus dan memiliki permukaan mengkilap. Wol, di sisi lain, adalah bahan yang paling umum digunakan. Kualitas tergantung pada jenis domba, iklim, padang rumput, dan waktu pencukuran. Jangan salahkan kedua bahan tahan api kualitas ini untuk serat sintetis karpet buatan mesin, yang sangat mudah terbakar dan cenderung mengeluarkan serat.

Warna
Karpet tradisional Persia terbuat dari pewarna alami, jadi Anda ingin mencari warna yang tampaknya berasal dari alam: serangga cochineal untuk merah, tanaman indigo untuk blues, dan kulit delima untuk warna kuning. Pewarna sintetis cenderung menembus serat secara merata, sedangkan pewarna alami akan melapisi permukaan. Tekuk karpet untuk mengisolasi beberapa utas, dan jika Anda melihat ketidakrataan halus, maka Anda tahu Anda berurusan dengan warna-warna alami.

Sekarang setelah Anda tahu tiga faktor paling penting untuk dicari sejauh permadani itu sendiri, ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan untuk membantu Anda mempersempit pilihan Anda lebih jauh.

Tetapkan anggaran
Harga untuk karpet Persia bervariasi memusingkan seperti pola bunga dan geometris, jadi yang harus dilakukan pertama dan terutama, tetapkan anggaran untuk diri sendiri. Karpet sutera akan berada di ujung spektrum yang mahal — dengan bahan yang lebih sulit diperoleh dan jumlah simpul yang lebih tinggi menghasilkan harga yang lebih tinggi. Karena wol lebih mudah tersedia, karpet wol akan lebih terjangkau. Anggaran terbatas bahkan dapat mempertimbangkan tren baru yang telah menjadi sangat populer: karpet seperti selimut yang dibuat dengan kuadrat karpet lama yang disatukan.

Tentukan Penggunaannya
Pikirkan di mana Anda ingin meletakkan karpet Anda dan untuk apa Anda akan menggunakannya. Meskipun mereka mungkin merupakan barang mewah utama, karpet sutra kurang tahan terhadap stres dan karena itu melayani keperluan lebih dekoratif, seperti digantung di dinding. Karpet wol lebih praktis, sangat tahan lama, dan dapat menangani volume lalu lintas kaki yang tinggi selama beberapa dekade (bahkan berabad-abad) tanpa menunjukkan tanda-tanda kesusahan. Dan bagi mereka yang memiliki anak kecil, mereka sangat baik dalam menyamarkan tumpahan atau kecelakaan!

webinar umroh.com

Ketahui Perbedaan Antar Jenis
Tidak semua karpet Persia diciptakan sama, dan bukan hal yang aneh bagi para pemula untuk mengira gelim (karpet tenunan datar) atau gabbeh (karpet tumpukan yang biasanya ditenun oleh pengembara) untuk karpet Persia “tradisional” hanya karena berasal dari Iran. Varietas ini indah dengan caranya sendiri, tetapi pastikan Anda tahu bedanya sehingga Anda tidak berinvestasi di varietas yang salah.

Jatuh Cinta dengan Sebuah Pola
Floral? Geometris? Paisley? Tradisional? Kesukuan? Bergantung pada daerah asal Iran, pola karpet sangat berbeda. Rasakan apa pilihan Anda saat Anda berjalan melintasi pasar atau toko jendela. Yakinlah, ada pola di luar sana untuk semua orang.

Tawar-Menawar
Akhirnya, tidak ada yang mau dibawa naik, jadi tawar-menawar bisa dilakukan. Tapi ketika datang ke karpet Persia, Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. Dan sementara Anda tidak ingin membayar lebih, sesuatu yang terlalu murah pada akhirnya akan menunjukkan kualitasnya. Sebagai aturan praktis yang baik, ingatlah bahwa Anda berinvestasi dalam karya seni. Karpet Persia susah payah padat karya, dengan penenun duduk membungkuk di atas alat tenun menciptakan ribuan knot selama beberapa bulan hingga beberapa tahun tergantung pada ukuran. Sangat aneh bahwa karya-karya seni seperti itu kemudian diletakkan di lantai sehingga orang-orang dapat berjalan di atasnya. Pada akhirnya, selama Anda pikir Anda membayar harga yang wajar, anggap itu bagus.