1
News

Pria Iran Mengenakan Jilbab Dan Inilah Alasannya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Di Iran, kehidupan perempuan diselimuti baik secara kiasan dan harfiah. Mengejar pendidikan dan ekspresi diri adalah kebebasan berbahaya yang diidam-idamkan di negara di mana 72 cambukan adalah hukuman karena gagal mematuhi hukum wajib jilbab.

Gagasan bahwa seorang wanita perlu disembunyikan adalah ide yang mengacak-acak bulu banyak orang; khususnya di Iran di mana laki-laki beralih ke media sosial untuk mengenakan jilbab mereka sendiri, membela hak-hak perempuan dan menentang pemerintah mereka sendiri.

Sejak Revolusi Islam 1979, pemakaian jilbab telah menjadi kebiasaan wajib bagi wanita di Iran. Untuk wanita Iran, serta mengunjungi orang asing, mengenakan jilbab diberlakukan di semua aspek kehidupan – dari bandara (di mana wisatawan wanita dapat ditolak masuk ke Iran karena gagal memakainya) ke jalan-jalan (di mana wanita menghadapi denda dan hukuman) . Masih Alinejad adalah seorang aktivis dan jurnalis Iran yang kampanye alth My Stealthy Freedom ‘telah melahirkan gerakan #MeninHijab yang sangat kontroversial, di mana para wanita menantang suami, saudara lelaki dan ayah mereka untuk mengenakan jilbab.

‘My Stealthy Freedom’ dimulai ketika Masih berbagi foto dirinya – tanpa jilbab – jogging di London. Dalam keterangannya, Masih menggambarkan angin di rambutnya dan bagaimana hal itu mengingatkannya pada penindasan yang dihadapinya – dan banyak perempuan lain – di Iran. Fotonya menarik perhatian banyak orang yang terinspirasi untuk berbagi momen mereka sendiri ‘kebebasan tersembunyi’ tanpa jilbab.

Foto #MeninHijab pertama muncul ketika Masih – yang pernah menjadi pemberontak – photoshopped Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif, dalam jilbab. Foto itu muncul sebagai tanggapan atas Zarif ditantang pada masalah hukum wajib jilbab, terutama karena mereka berkaitan dengan wisatawan yang berkunjung. Tanggapannya yang meremehkan tentang masalah itu mengilhami Masih untuk memposting gambar kontroversial dengan judul: “Mr. Zarif, izinkan saya mengatakan bahwa saya sangat menghormati keterampilan diplomatik Anda; tetapi lihatlah foto diri Anda mengenakan jilbab ini. Bagaimana perasaanmu? Gambarnya lucu? Aneh? Atau apakah Anda melihatnya sebagai penghinaan pribadi? Persis seperti itulah yang dirasakan wanita yang tidak percaya pada jilbab [wajib]. ”

Foto itu memicu gerakan ketika para wanita Iran menantang para pria dalam hidup mereka untuk mengenakan jilbab. Foto-foto itu mulai mengalir ke media sosial di bawah tagar pemersatu, #MeninHijab, sebagai protes atas undang-undang diskriminatif gender yang menindas di Iran. Menanggapi kedua gerakannya Freedom My Stealthy Freedom ’dan kampanye #Menin Hijab, Masih menerima reaksi keras dari pemerintah Iran. “Televisi Negara Iran – di saluran berita – mengatakan saya diperkosa oleh tiga pria di London,” kata Masih, “Itu adalah kebohongan besar tetapi mereka [pejabat Iran] ingin mendiskreditkan saya. Dalam pikiran mereka, mereka berpikir jika seorang wanita diperkosa itu adalah kesalahannya dan mereka [mengarang cerita] untuk menghentikan wanita dari mendukung saya. ”

Bagi orang-orang yang mengambil bagian dalam gerakan #MeninHijab, situs web Iran mencap mereka “tidak terhormat” – sebuah penghinaan yang tidak perlu disebutkan di dunia Islam.

Terlepas dari tanggapan berbisa dari para pejabat, Masih dan para pendukungnya terus bergerak karena masalah jilbab adalah masalah yang mempengaruhi pria dan wanita. “Ini bukan hanya selembar kain,” kata Masih, “ini tentang martabat Anda.” Masih menjelaskan bagaimana jilbab lebih dari merampas pilihan wanita; itu menghina pria dengan asumsi bahwa mereka tidak dapat mengendalikan diri di hadapan seorang wanita yang tidak tertutup. “Gerakan #MeninHijab adalah penting karena kami ingin menjelaskan bahwa laki-laki Iran tidak seperti apa yang dilakukan pemerintah Iran. Melalui platform [theMeninHijab], Anda dapat mendengar suara asli pria Iran.

webinar umroh.com

Pada akhirnya, Masih berharap untuk membuat dialog dan memicu percakapan tentang jilbab. “Saya ingin [menciptakan] kesadaran di dunia dan memberi tahu [pemerintah Iran] bahwa [jilbab wajib] tidak dapat menjadi bagian dari budaya suatu negara,” jelas Masih. Banyak yang mungkin tidak memahami implikasi emosional dari mengenakan jilbab, yang masih menggambarkan tradisi sebagai bentuk penghinaan: “Ini penghinaan. Sejak usia tujuh tahun, mereka mengambil identitas Anda dari Anda sehingga Anda harus menjadi orang lain, Anda harus memiliki kehidupan ganda. ”

Sementara sebagian besar aktivis #MeninHijab adalah generasi yang lebih muda, Masih menjelaskan bahwa generasi yang lebih tua juga ikut bergabung – sebuah fakta yang membuat gerakan itu jauh lebih memberdayakan. Dia menggambarkan seorang teman yang ayahnya yang sudah lanjut usia – setelah melihat Masih dalam sebuah wawancara televisi – bertanya-tanya apa “masalah besar” tentang mengenakan jilbab. Sebagai tanggapan, putrinya menantangnya untuk mengenakan jilbab selama satu jam. Awalnya sang ayah mencibir – menertawakan jilbab adalah bencana baginya – tetapi setelah satu jam, dia mendatangi putrinya dengan kagum bagaimana dia bisa tahan selama 30 tahun. Pemahaman inilah yang Masih berharap untuk ditumbuhkan sebagai laki-laki (akhirnya) melihat bagaimana rasanya berjalan satu mil dalam jilbab wanita.