1
Motivasi News Tips Travel

Atraksi Budaya Terbaik di Dhaka, Megacity Bangladesh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ukuran dan kepadatan Dhaka membuat mengunjungi kota ini sebagai pengalaman perkotaan yang sangat nyata, di mana angin puyuh kehidupan metropolitan diperbesar hingga tingkat yang ekstrem. Kota ini juga merupakan kota yang ditandai oleh sejarah budaya, agama, dan sosial Bangladesh yang kompleks, dan menjelajahi jalanan megacity yang berkembang ini menawarkan wawasan menarik ke dalam panorama yang kaya akan budaya dan sejarah Bangladesh.

Jatiyo Sangsad Bhaban

Didesain oleh arsitek Amerika Louis Kahn, Jatiyo Sangsad Bhaban atau Gedung Parlemen Nasional adalah salah satu pusat kekuatan politik paling mengesankan di dunia, dan merupakan monumen yang layak bagi kota berkembang di mana ia berada. Ini adalah salah satu kompleks legislatif terbesar di dunia dan menampung semua kegiatan parlemen Bangladesh. Bangunan ini direncanakan pada awal 1960-an, sebagai kursi legislatif federal Pakistan Barat dan Pakistan Timur tetapi tidak dibangun selama dua dekade lagi ketika Perang Kemerdekaan mengambil korban yang mematikan. Desain monumental Kahn memukau secara visual, baik dalam skala maupun di lokasi, saat naik dari kabut danau di sekitarnya, yang digabungkan untuk membangkitkan tempat sungai di Bangladesh dan sejarah masyarakat.

Benteng Lalbagh

Sebuah kompleks benteng Mughal abad ke-17 yang tidak lengkap yang awalnya dibangun pada tahun 1678 M oleh Subahdar Muhammad Shah, Benteng Lalbagh tetap menjadi pengingat yang kuat tentang sejauh mana kekuasaan Mughal di Bangladesh. Itu terletak di Sungai Buriganga di bagian barat daya kota tua Dhaka, dan taman dan kebunnya yang luas tetap menjadi oasis kedamaian di tengah hiruk pikuk jalanan kota. Konstruksi yang megah mengingatkan pada kuil dan benteng Mughal di India Barat, dan termasuk menara dan kubah khas arsitektur Mughal.

Dimungkinkan untuk mengunjungi bekas Hammam di dalam benteng, serta makam Para Bibi, putri mantan penguasa Mughal di Bengal. Pada abad ke-20, Benteng adalah situs dari beberapa upaya pemberontakan terhadap Inggris selama hari-hari terakhir Raj.

Museum Perang Pembebasan

Terletak di Segunbagicha, Liberation War Museum memperingati Perang Pembebasan Bangladesh, yang mengarah pada pembentukan Bangladesh. Ini mencakup sejumlah artefak, informasi pendidikan dan gambar-gambar konflik, serta krisis pengungsi yang terjadi kemudian, yang menyaksikan eksodus 10 juta pengungsi. Meskipun sama sekali tidak komprehensif, pameran Museum menawarkan wawasan yang menarik tentang apa yang merupakan periode yang sangat bermasalah di anak benua, dan ada beberapa tampilan grafis yang tidak menjadi lemah hati, termasuk koleksi besar kenang-kenangan dari mereka yang kehilangan hidup dalam konflik. Sebuah pengalaman yang sangat menyentuh, Liberation War Museum adalah peringatan penting bagi hilangnya nyawa secara tragis yang menyertai kelahiran negara Bangladesh.

Hindu Street / Shankaria Bazaar

Pusat komunitas Hindi Dhaka yang berusia 300 tahun, area yang penuh warna dan semarak ini adalah bagian dari kehidupan komersial Dhaka Lama, dan mengungkapkan tradisi artisanal komunitas Hindu di Bangladesh. Area ini saling bersilangan dengan lorong-lorong yang dipenuhi dengan bengkel-bengkel kecil tempat para pengrajin mempraktikkan kerajinan tradisional mereka yang sudah tua; membuat segalanya dari layang-layang ke perhiasan. Banyak dari mereka adalah keturunan dari penduduk asli Hindu di daerah tersebut, dan tradisi kerajinan tangan mereka telah diturunkan dari generasi ke generasi. Senyum bisnis dan pengerjaan konstan area ini menular, dan pengunjung tidak akan gagal terpesona oleh suasana bazaar yang abadi.

Museum Nasional Bangladesh

Terletak di Shahbag, Museum Nasional Bangladesh adalah sebuah monumen untuk sejarah dan budaya Bangladesh dan wilayah Bengal yang lebih luas. Ini fitur array besar artefak, kenang-kenangan, pameran, foto dan karya seni. Ini disusun dalam bagian-bagian tematik yang mengungkapkan seni dan budaya terbaik di Bangladesh, dari karya seni klasik, hingga pameran yang mengeksplorasi keindahan alam Bangladesh, dan beragam makhluk hidup liar dan laut yang tumbuh subur di negara ini. Periode Buddha dan Muslim Bangladesh dieksplorasi dan ada berbagai kerajinan tangan dari setiap periode sejarah Bangladesh. Untuk pengantar budaya dan sejarah tanah kuno ini, Museum Nasional tidak dapat dibatalkan.

Masjid Khan Mohammad Mridha

Dhaka sering disebut sebagai ‘Kota Masjid’ dan Masjid Khan Mohammad Mridha mengungkapkan alasannya. Situs arkeologi bersejarah ini telah dipulihkan dengan cukup baik, tidak seperti banyak situs lain di kota ini, dan mengungkapkan praktik keagamaan dan gaya arsitektur Dhaka akhir abad 17 dan awal 18. Itu dibangun oleh Khan Muhammad Mridha pada tahun 1704–05 Masehi dan unik karena kamar-kamar tahkhana diangkat di atas platform, dan harus dijangkau dengan serangkaian langkah. Di kota yang penuh dengan Masjid, Masjid Khan Mohammad Mridha menjadi sorotan khusus, dan salah satu sisa sejarah yang lebih unik dari masa lalu Bangladesh.

webinar umroh.com

Gereja Armenia

Mengejutkan dalam sejarah dan arsitekturnya yang unik, Gereja Armenia di Dhaka merupakan bukti keberadaan komunitas Armenia yang pernah berkembang pesat di kota ini. Dibangun pada tahun 1781 gereja kini menjadi sisa-sisa komunitas ini, yang mencari perlindungan di Bengal untuk menghindari penganiayaan Persia di tanah air mereka. Mereka tiba di abad ke-17 dan mulai berdagang dengan pedagang Bengali sambil menetap di daerah yang kemudian dikenal sebagai Armanitola. Sementara komunitas Armenia telah lama dibubarkan, gereja tetap sebagai kenang-kenangan dari kehidupan sosial yang berkembang yang pernah ada di lingkungan itu, dan kuburan adalah sisa-sisa yang sangat pedih dari bagian yang sepenuhnya terlupakan dari masyarakat multikultural Dhaka.

Istana Merah Muda Ahsan Manzil

Untuk sekilas kehidupan aristokrat di Bangladesh, dan kesempatan untuk melarikan diri dari keramaian di jalan-jalan kota, kunjungan ke Ahsan Manzil adalah suatu keharusan. Istana merah muda yang megah ini dulunya adalah rumah Keluarga Dhaka Nawab, penguasa Dhaka selama sebagian besar abad ke-19 dan awal abad ke-20, yang diberi kedaulatan atas kota di bawah Raj Britania. Itu dibangun pada tahun 1869 dan merupakan contoh arsitektur Kebangkitan Indo-Saracenic yang terbukti di seluruh anak benua sebagai salah satu sisa-sisa Raj yang bertahan lama. Istana sekarang telah berubah menjadi museum sebagai sarana melestarikannya dan mengenang pentingnya sebagai pusat budaya dan politik kota.

Naik Sadarghat Boat

Sadarghat adalah pelabuhan sungai untuk Dhaka, dan naik perahu dari sini adalah pengantar penting untuk pentingnya Buriganga bagi kehidupan sosial, ekonomi dan budaya kota. Kerumunan pekerja, nelayan, dan turis mengunjungi pelabuhan sebagai pengalaman yang kacau dan terkadang menantang, tetapi yang bermanfaat untuk wawasan unik yang ditawarkannya ke dalam kehidupan kota. Persaingan untuk para turis di antara para penambang sangat sengit, tetapi sekali di salah satu kapal kecil tradisional, ketenangan sungai menawarkan kelegaan instan. Sementara sungai sangat tercemar, dan daerah kumuh di kedua sisinya merupakan pemandangan yang menyedihkan, ini masih menawarkan pandangan hidup yang menakjubkan di salah satu saluran air tersibuk di dunia.

Curzon Hall / Universitas Dhaka

Dibangun oleh Lord Curzon pada tahun 1904, Curzon Hall adalah puncak dari setiap kunjungan ke Universitas Dhaka. Bangunan grand Raj era telah menjadi pusat intrik politik dan protes selama sejarah abad yang panjang, dan masih digunakan sampai sekarang. Bangunan ini menggabungkan sentuhan arsitektur Eropa dan Mughal dalam gaya khas Indo-Saracenic dan cocok dengan keanggunan dan keagungannya dengan bangunan-bangunan di sekitarnya, seperti Pengadilan Tinggi Lama, Mausoleum Tiga Pemimpin, Aula Shaheedullah dan Gerbang Dhaka. Aula dan kampus adalah kenang-kenangan unik dari pengaruh Raj di Bengal, tetapi juga merupakan monumen bagi institusi pendidikan negara ini dan kapasitasnya untuk reinvention berkelanjutan.