1
Motivasi

6 Langkah di Waktu Pagi Agar Fokus Sepanjang Hari

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Setiap hari, kita melakukan aktivitas dari pagi hingga malam. Ada tanggung jawab dan amanah yang harus diselesaikan, sehingga kita harus fokus dalam melaksanakan aktivitas tersebut. Agar kita bisa tetap fokus dalam menjalani aktivitas, lakukan hal di bawah ini sebagai rutinitas pagi.

  1. Sholat Subuh

Para ahli dan ilmuwan menyarankan agar kita melakukan meditasi di pagi hari supaya lebih fokus. Akan tetapi, umat muslim memiliki rutinitas sendiri untuk mengawali pagi, yaitu dengan melakukan sholat Subuh. Sholat subuh yang dilakukan dengan khusyuk akan membuat kita lebih tenang, sehingga bisa fokus menjadi aktivitas sepanjang hari.

  1. Olahraga

Berolahraga tidak hanya menyehatkan badan. Dengan olahraga, tubuh mengeluarkan hormon-hormon yang bisa membuat kita jadi lebih bersemangat. Ketika mood kita bagus setelah berolahraga, maka sepanjang hari kita akan lebih fokus untuk melakukan pekerjaan dan tanggung jawab.

Sediakan waktu berolahraga, minimal 30 menit setiap pagi. Jika kebiasaan ini rutin dilakukan, maka tubuhmu akan semakin bugar karena rajin berolahraga.

  1. Membuat To-Do-List yang Detail

To-Do-List adalah daftar pekerjaan yang harus kita selesaikan selama satu hari. Dengan adanya To-Do-List, kita jadi tahu pekerjaan apa yang harus diselesaikan hari itu. Buatlah To-Do-List dengan detail. Pecahlah target yang harus dicapai menjadi tugas-tugas kecil yang bisa diselesaikan. To-Do-List yang terlalu luas akan membuat kita bingung. Kita jadi merasa menghadapi suatu tujuan yang besar. Pikiran ini akan membuat perasaan jadi berat. Akibatnya, kita cenderung akan menunda pekerjaan.

To-Do-List yang lebih detail akan memperjelas pekerjaan apa yang kita selesaikan. Tuliskan To-Do-List dengan detail di buku catatanmu. Lengkapi juga dengan kotak kecil di setiap tugas. Berikan tanda centang pada kotak tersebut setiap selesai menyelesaikannya. Memberikan tanda centang juga bisa memberi rasa puas tersendiri yang membuat kita semakin fokus dan bersemangat.

  1. Sarapan Bergizi

Sarapan adalah rutinitas penting agar kita bisa fokus panjang hari. Utamakan sarapan dengan nutrisi yang tinggi. Lebih baik memperbanyak protein dan vitamin pada menu sarapan. Hindari menu sarapan dengan karbohidrat dan gula yang tinggi. Karbohidrat dan gula yang terlalu banyak bisa membuatmu mengantuk dan tidak fokus.

  1. Beri Sedikit Asupan Kafein

Kafein sebenarnya adalah senyawa yang bagus untuk membantu kita bersemangat dan fokus. Hanya saja ketika dikonsumsi berlebihan, kafein bisa menimbulkan efek negatif pada tubuh. Dapatkan asupan kafein dari secangkir kopi atau secangkir teh hijau. Dengan secangkir kopi atau teh hijau yang hangat, kita jadi lebih rileks, namun tetap semangat dan fokus.

webinar umroh.com
  1. Istirahat

Tubuh manusia memiliki batas toleransi terhadap aktivitas dan tugas-tugas. Ketika merasa lelah, gunakan waktu istirahat untuk memulihkan energi. Sebuah studi, yang dilakukan oleh ilmuwan, menunjukkan bahwa beristirahat saat bekerja bisa membuatmu tetap fokus hingga jam kerja berakhir. Tidak memanfaatkan waktu istirahat justru akan membuatmu kurang fokus dalam melakukan pekerjaan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.