1
Muslim Lifestyle News Tips

Hukum Beribadah di Kuburan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Yang patut dikhawatirkan oleh penerus kita, cucu kita, cicit kita adalah terlalu ghuluw (melampaui batas), bahkan akan menggangap suatu amalan yang seharusnya dilarang itu boleh hanya karena sekedar ikut-ikutan atau menuruti tradisi.

Dan bahkan dikhawatirkan seperti kaum Nabi Nuh ‘Alaihissalam yang menyembah kuburan orang-orang sholeh pada masanya. Naudzubillah..

Semoga Allah beri hidayah..
..
[JANGAN ASAL IKUT-IKUTAN]
.
Di antara beberapa perbuatan yang tidak bisa dibenarkan adalah sikap berlebihan orang-orang terhadap kuburan orang-orang yang sholeh.
.

Fitnah kubur telah menyesatkan banyak manusia sejak dari zaman dahulu sampai zaman sekarang. Godaan setan dapat membuat indah & baik dimata mereka, termasuk perbuatan meng’agungkan kuburan & beribadah disisinya
.
.
Padahal Nabi ﷺ telah bersabda,
.
“Ketahuilah! Janganlah kalian menjadikan kuburan sebagai tempat ibadah, karena sesungguhnya aku melarang kalian dari hal itu!” (HR. Muslim).
.
.

Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda,
.
“Sesungguhnya di antara golongan manusia yang paling jelek adalah orang-orang yang mendapati kiamat sedangkan mereka dalam keadaan hidup DAN ORANG-ORANG YANG MENJADIKAN KUBUR SEBAGAI TEMPAT BERIBADAH.” (HR. Ahmad).
.
.
Dari Jundab, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah ﷺ bersabda :
.
“Ketahuilah, sesungguhnya orang-orang sebelum kamu dahulu telah menjadikan kubur-kubur Nabi-Nabi mereka dan ORANG-ORANG SHOLEH mereka sebagai tempat ibadah. Ingatlah, maka janganlah kamu menjadikan kubur-kubur sebagai tempat ibadah, sesungguhnya aku melarang kamu dari perbuatan itu!” (HR. Muslim).
.

Perbuatan ini bisa mendatangkan laknat dan murka Allah, sebagaimana yang telah menimpa kaum-kaum yang melampaui batas dan juga banyak melakukan perbuatan-perbuatan batil yang sangat dilarang dan juga ditentang Allah.
.
Pada suatu kisah, tatkala Rasulullah ﷺ hendak diambil nyawanya, beliau ﷺ pun segera menutupkan kain di atas mukanya, lalu beliau ﷺ buka lagi kain itu tatkala terasa menyesakkan napas.

Ketika dalam keadaan demikian, beliau ﷺ berpesan yang isinya memberikan isyarat untuk melarang seseorang menjadikan sebuah kuburan sebagai tempat ibadah. Karena ajaran tersebut bukan berasal dari Islam, ajaran Islam sama sekali tidak pernah mengajarkan untuk menjadikan kuburan tempat untuk melakukan ibadah.

 

webinar umroh.com