1
Kuliner Tips Travel

Sejarah Singkat Hidangan Nasional Malaysia, Nasi Lemak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Nasi kelapa, cabai di samping, irisan ikan teri, kacang-kacangan, dan telur rebus: temui hidangan nasional Malaysia, nasi lemak. Hidangan sederhana sehari-hari yang menghiasi meja makan orang Malaysia di seluruh penjuru negeri, hidangan yang dicintai ini memiliki sejarah yang sederhana seperti bahan-bahannya.

Nasi lemak dimulai sebagai makanan petani. Hari-hari yang panjang di lapangan berarti hidangan pengisi yang siap untuk makan saat bepergian sangat penting. Beras, minyak, dan ikan menyediakan makanan seimbang dalam satu paket, dan itu juga mudah dibuat. Sebuah resep yang berasal dari Melayu, ia memanfaatkan panen di pinggir laut, kelapa, dan ikan.

Melihat lebih dekat pada masing-masing bahan menunjukkan dengan tepat mengapa hidangan sederhana ini begitu dihormati di kalangan penduduk setempat.

Beras Santan

Nasi putih biasa dikukus dalam santan; tidak dimasak, karena risiko membakar nasi lebih tinggi. Santan, adalah “lemak” hidangan: kekayaan. Seringkali, koki akan menambahkan sedikit sesuatu tambahan untuk mempersonalisasi rasa nasi, seperti jahe, serai, atau bawang merah, tetapi selalu pandan untuk menciptakan merek dagang rasa halus.

Sambal

Pasta cabai semi-manis pedas ditaburi di sisi piring; masing-masing dapat dibedakan dari yang berikutnya. Orang Malaysia, yang merupakan peninggalan Asia multikultural, memiliki kesukaan akan rempah-rempah yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia. Lebih berharga dari pada tanda tangan daripada nasi, elemen penting ini untuk nasi lemak dapat berkisar dari rasa manis yang saling melengkapi hingga kepedasan yang berani. Minyak cabai memberikan campuran yang bagus untuk nasi, menjadikannya pewarnaan vermilion yang indah.

Ikan teri goreng, kacang, mentimun, dan telur rebus

Segenggam lauk ini membantu mengubah paket menjadi makanan bergizi seimbang. Ikan teri biasanya jenis yang lebih gemuk, rata, dan bukannya tipis, sementara telurnya mungkin diiris menjadi dua – tetapi tanpa satu pun, nasi lemak tidak dapat diterima.

Nasi lemak, menjadi makanan pra-paket yang murah dan dicintai, dijual hampir di mana-mana, dari warung pinggir jalan kecil hingga restoran bintang lima yang menyediakan prasmanan dan makanan fusion. Lauk dapat bervariasi, tetapi tambahan terbaik termasuk rendang, kari gurih pedas yang biasanya dibuat dengan daging sapi; ayam goreng dibumbui dan dibumbui khusus; dan bermacam-macam sayuran bayam atau kangkung.

Rasa nasi lemak juga telah berubah karena rasa dominan Melayu diadopsi dan disesuaikan dengan diperkenalkannya banyak ras lain di Malaysia. Misalnya, nasi lemak Cina cenderung disajikan bersama lauk non-halal, terutama irisan daging babi. Versi India dari makanan cenderung menyerupai beras daun pisang khas mereka, dan sambal dicampur bersama dengan kari lainnya. Apa pun selera yang Anda sukai, hidangan ini pasti akan mengesankan dengan rasa yang bersahaja dan pesona yang rendah hati.

webinar umroh.com