1
Muslim Lifestyle

Inilah Beberapa Kedahsyatan Efek Shalat Dhuha (Part 2)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

– Memmperoleh Ghanimah atau keuntungan yang lebih cepat

Orang yang dengan tekun melaksanakan shalat dhuha akan mendapatkan ghanimah atau keuntungan yang lebih cepat atas izin Allah SWT. Hal ini terjadi di zaman Rasullullah dimana Rasul membandingkan orang-orang mukmin yang melaksanakan shalat Dhuha dengan mujahid yang berangkat bertempur ke medan perang yang berjarak dekat dengan tampat tinggal mereka lalu kembali lagi dengan cepat ke tempat asalnya dengan membawa ghanimah (rampasan perang) yang banyak dan tentunya kemenangan. Hal ini adalah motivasi untuk melaksanakan amal ibadah serta ikhtiar untuk bertawakkal kepada Allah SWT karena manfaat tawakkal amatlah besar.

Rasulullah pun menimbang bahwa keuntungan yang akan didapatkan oleh mereka yang melaksanakan shalat Dhuha akan berjumlah lebih banyak, dibandingkan dengan keuntungan yang bisa diperoleh oleh para mujahid tersebut. Hal ini sebagaimana sabda rasullulah SAW yang bunyinya :

“Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali!. Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya). Lalu Rasulullah saw bersabda; “Maukah kalian aku tunjukan kepada tujuanpaling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah(keuntungan)nya dan cepat kembalinya? Mereka menjawab: “Ya! Rasul berkata lagi: “Barangsiapa yang berwudhu’, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dialah yang paling dekat tujuannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya”

– Dibalas dengan rumah di surga

Orang yang selalu bersedia menyisihkan waktunya untuk mengerjakan shalat Dhuha 12 rekaat di awal hari akan dijanjikan ganjaran oleh Allah berupa sebuah rumah indah yang terbuat dari emas kelak di akhirat. Hal ini berdasarkan Anas Bin Malik yang mendengar bahwa Rasulullah sawbersabda :

“Siapa saja yang shalat Dhuha 12 rekaat, Allah akan membuat untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga”” (HR. Ibnu Majah)

– Memperoleh pahala haji dan umrah

Orang yang melaksanakan shalat Dhuha dengan tekun akan memperoleh pahala haji dan umrah sempurna Dari Anas ra berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna”

Tetapi bukan berarti orang yang rutin mengerjakan shalat dhuha sudah tidak wajib lagi melaksanakan haji ketika dia sudah mampu kelak ya. Hanya kadar pahalanya saja yang sama, tetapi tetap saja shalat dhuha bukanlah penggugur kewajiban haji bagi muslim-muslim yang sudah mampu.

– Menghapuskan dosa

Shalat Dhuha akan menghapuskan dosa-dosa orang yang rutin mengerjakan ibadah shalat dhuha meskipun dosanya itu sebanyak buih di lautan. Berikut hadist yang memperkuat hal ini. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda,

webinar umroh.com

“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan” (HR. Tirmidzi)

– Dibikinkan pintu khusus di surga

Keutamaan lain yang telah dijanjikan Allah bagi orang yang tekun melaksanakan shalat dhuha adalah bahwa dia akan dibikinkan pintu khusus di surga kelak, yakni pintu yang bernama pintu Dhuha. Oleh karena itu, maka jelaslah bahwa orang yang tekun mengerjakan shalat dhuha mempunyai kedudukan yang tinggi di mata Allah SWT, hingga membuatnya dibikinkan pintu tersendiri untuk memasuki surge.  Dan orang-orang yang dibikinkan pintu tersebut tidak peduli apakah ia muslim sejak lahir maupun mualaf, selama dia hobi mengerjakan shalat dhua. Rasulullah bersabda: Dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad saw bersabda,

“sesungguhnya disurga ada salah satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat penjaga surga memangil; mana ia yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah” (HR.Thabrani)